Audi A3 Saloon Meluncur, Semakin Canggih dan Sporty

INGOLSTADT, Carvaganza.com – Menyusul hadirnya Audi A3 Sportback beberapa bulan lalu, kini resmi hadir versi A3 Saloon yang diberikan sejumlah sentuhan berbeda. Tentunya, versi saloon tampil dengan wujud yang tidak kalah sporty daripada Sportback. Meski secara garis besar A3 Saloon hanya memiliki beda bentuk body di buritan, versi sedan empat pintu ini memiliki karakter tampilan yang menggoda. Garis body yang dipahat oleh Audi menunjukkan kesan ala coupe, dengan atap yang agak landai. Tidak hanya penampilan body, karakter pengendalian dari mobil ini juga dibuat lebih memicu adrenalin dibandingkan versi Sportback. Di kelasnya, A3 Saloon berhadapan dengan rival seperti BMW Seri 2 Gran Coupe dan Mercedes-Benz A-Class Sedan. Dibangun dengan platform MQB, maka A3 Saloon menjadi ‘saudara’ dari Volkswagen Golf terbaru. Dibandingkan generasi sebelumnya, A3 Saloon punya dimensi lebih lebar dan tinggi, memberikan headroom 2 mm lebih lega untuk penumpang. Bentuk dari eksterior dirancang sedemikian rupa agar menciptakan aerodinamika yang lebih menghasilkan downforce, berkat diffuser lebih besar dan lebih tinggi. Pengukuran wind tunnel menunjukkan A3 Saloon memiliki nilai coefficient of drag (Cd) 0,25, lebih baik 0,04 dari sebelumnya.

Mesin

Efisiensi aerodinamika didukung dengan inlet di dalam grille yang bisa mengalirkan udara sesuai kebutuhan dan situasi saat dikemudikan. Bisa dibilang fitur ini mirip seperti pada grille adaptif BMW model terkini. Mesin varian entry menggunakan jenis 1.5 liter TFSI bertenaga 148 hp, yang dilengkapi sistem mild-hybrid 48V. Varian mesin ini dikawinkan transmisi S tronic dual-clutch 7-speed. Kemudian ada varian 35 TFSI bermesin sama, namun memiliki transmisi manual 6-speed. Untuk varian diesel, akan hadir mesin 2.0 liter TDI bertenaga 114 hp, dengan transmisi dual-clutch. Sementara varian yang ramah lingkungan, Audi menyediakan mesin tiga silinder 1.0 liter 30 TFSI yang juga bertransmisi dual-clutch dan sistem mild-hybrid.

Suspensi Sport

Kesenangan berkendara dengan A3 Saloon oleh Audi disajikan melalui opsi suspensi sport, serta suspensi dengan adjustable damper. Pengemudi bisa memilih sendiri apakah ingin melaju dengan sensasi nyaman atau handling lincah. Bagian interior memiliki desain yang jauh lebih modern dari sebelumya, khususnya jika melihat layout dari dashboard. Layar infotainment 10,1 inci mendominasi dashboard, sementara jumlah tombol fisik semakin minim. Panel instrument juga sudah menggunakan layar 10,25 inci yang lebih informatif. Di Jerman, Audi merilis mobil ini dengan harga mulai € 27.700 atau setara Rp 465 jutaan. Pengiriman ke konsumen diperkirakan mulai bulan Juli mendatang. Sumber: Autocar WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda