11 Hal Yang Perlu Diketahui Dari VinFast VF 7

SUV/Crossover listrik lima penumpang ini memiliki ragam kelebihan seperti para kompetitornya. Diperkenalkan berbarengan dengan VF 5 dan VF 6.

VinFast VF 7

HANOI, Carvaganza - Sebagai kakak dari VinFast VF 6, VF 7 memiliki kapasitas baterai yang lebih besar dan dimensi yang lebih bongsor. SUV/Crossover ini harganya juga diprediksi lebih mahal. Sampai artikel  diturunkan memang belum ada versi setir kanannya, tapi sudah diperkenalkan untuk pasar Indonesia.

KEY TAKEAWAYS

  • Apa saja tipe VinFast VF 7 yang dipasarkan di Vietnam?

    Terdapat dua tipe yaitu Eco dan Plus.
  • Berapa kapasitas baterai yang terpasang di VinFast VF 7?

    Sebesar 75,3 kWh yang disalurkan ke single motor listrik di depan (FWD) dan dual motor listrik di depan dan belakang (AWD).
  • Berapa ukuran display sentuh pada VF 7?

    Terdapat dua ukuran. Yakni 12,9 inci untuk tipe Eco dan 15 inci untuk tipe Plus.
  • 1. Kapan VinFast VF 7 mulai diperkenalkan kepada publik?

    Pada Januari 2022 bersamaan dengan VinFast VF 5 dan VF 6 di Consumer Electronics Show di Las Vegas Convention Centre, Amerika Serikat. Setelah itu, mobil hasil karya desainer Lee Jae Hoon tersebut diluncurkan untuk pasar lokal Vietnam pada Desember 2022 dan konsumen sudah bisa pre-booking. Penyerahan unit pertamanya di negara itu pada 30 Maret 2024.

    Jadi pada saat rombongan media dari Indonesia mencobanya pada minggu lalu di test track pabrik di Zona Ekonomi Khusus Cat Hai, kota Haiphong, Vietnam, mobil terbilang masih segar.

    2. Kenapa diperkenalkan di pasar Amerika Serikat terlebih dulu?

    Hampir semua brand baru otomotif di dunia, selalu memperkenalkan produknya terlebih dulu di pasar Amerika Serikat. Sepertinya sudah menjadi tradisi brand-brand global, seperti yang dilakukan oleh Lexus maupun Infiniti. Dengan tujuan mendapatkan kepercayaan dari konsumen roda empat di negara maju yang menjadi kiblat otomotif dunia.

    VinFast VF 7

    3. Eksterior VinfFast VF 7

    Secara dimensi hampir seukuran SUV Mazda CX-5. Garis desain bodinya mulus dan berkelas. Memiliki tampilan modern dan sporty, salah satunya berkat light bar LED pada bagian depan dan belakang. Dibandingkan dengan sang adik VF 6 dan 5, VF 7 memiliki tampilan depan yang rada ‘galak’. Berkat desain lampu utama yang tajam dengan lampu sein LED di bagian atasnya.

    Bodinya yang lebih bongsor juga membuat fascia depan terlihat menjadi lebih agresift. Garis desain yang menonjol pada bagian kap mesin, membuatnya terlihat menjadi lebih gagah. Sang desainer juga memanfaatkan bodi mobil yang lebih panjang dengan membuat pilar yang panjang melandai ke belakang. Dipadukan dengan wheel arch yang agak besar sehingga membuat mobil terlihat macho.

    Untuk velg, Eco memakai ukuran 19 inci, sedangkan Plus 20 inci. Tersedia pula opsional 21 inci.

    4. Dimensi VF 7

    Memiliki dimensi panjang 4.545mm, lebar 1.890 mm dan tinggi 1.635,75. Untuk wheelbase berukuran 2.840mm sehingga otomatis lebih lebar dibandingkan VF 6. Dimensi itu berlaku untuk dua tipe yang dipasarkan di Vietnam yaitu Eco dan Plus.

    Baca juga: Laporan Eksklusif: Mencoba VinFast VF6 dan VF7 di Trek Uji

    VinFast VF 7

    5. Material Berkualitas dan Desain Berkelas

    Pemakaian material berkualitas dapat ditemukan di setiap sudut kabin. Mulai dari jok depan dan belakang, dashboard, setir konsol tengah sampai trim pintu. Layout desainnya juga berkelas sehingga membuat tampilan kabin menjadi mewah.

    6. Kabin Lapang

    Ketika OTO Group mencobanya di Vietnam, desainnya futuristik dan mewah. legroom dan headroom di bagian depan maupun baris belakang terasa lega. Kondisi ini tentu saja menambah kenyamanan bagi penumpang, terutama untuk perjalanan jarak jauh.

    Panoramic roof lebar membentang dari bagian depan sampai kursi belakang. Panoramic roof ini hanya terdapat pada tipe Plus, tidak pada tipe Eco.

    7. Display Sentuh Besar

    Layar sentuh berukuran 15 inci untuk tipe Plus dan Eco memakai display 12,9 inci. Berbentuk horizontal yang berisikan beragam informasi tentang kendaraan. Sangat intuitif dengan huruf-huruf dan perintah yang mudah sekali dibaca. Sudah terkoneksi Apple Carplay, Android Auto serta sistem navigasi. Fitur sistem infotainment juga sudah dilengkapi built-in voice assistant.

    Baca juga: Berkunjung Ke Pabrik VinFast; Megah, Serba Otomatis dan Robotik

    Interior VinFast VF 7

    8. Sistem Powertrain

    Untuk jantung energinya memakai baterai berkapasitas 75,3 kWh yang disalurkan ke single motor listrik di depan (FWD) dan dual motor listrik di depan dan belakang (AWD). Menghasilkan tenaga 201 hp (150 kW) untuk tipe Eco dan 348 hp (260 kW) untuk tipe Plus.Torsi maksimal 310 Nm untuk Eco, sedangkan Plus menghasilkan 500 Nm.

    9. Daya jangkau

    Untuk jarak yang mampu ditempuh dalam kondisi baterai penuh, terbagi dua. Untuk Eco mampu mencapai 450 km, sedangkan Plus 431 km berdasarkan standar Worldwide harmonized Light vehicles Test Procedure (WLTP).

    10. Advanced Driver Assistance Systems (ADAS)

    Baik tipe Eco maupun Plus sudah dilengkapi dengan ADAS Level 2. Yaitu traffic jam assist dan highway assist, lane keeping assist, automatic lane change assist, fully automated parking with summon mode, and remote parking capability dan adaptive cruise control.

    11. Harga VF 7

    Sampai saat ini belum ada pengumuman resmi tentang harga VF 7. Namun diperkirakan berada di kisaran Rp 500 – 600 jutaan. Selain itu, sampai artikel ini diturunkan belum ada versi setir kanan dan belum ada pengumuman resmi apakah kedua tipe yang dipasarkan di Vietnam, bakal juga dimasukkan ke sini. (EKA ZULKARNAIN)

    Baca juga: Test Drive Luar Kota Haval H6 HEV, Dimanjakan ADAS dan Segini Iritnya

    Pelajari lebih lanjut tentang VinFast VF 7

    • Tampak Depan Bawah VinFast VF 7
    • handle pintu VF 7
    • Pelek VF 7
    • Roof rail VF 7
    • Tampak depan medium VinFast VF 7
    • Tampak belakang serong VF 7
    • VinFast VF 7 Front Cross Side View
    VinFast VF 7
    Rp 544,98 Juta Cicilan mulai dari : Rp 12,43 Juta

    Mobil VinFast Lainnya

    • VinFast VF 5
      VinFast VF 5
    • VinFast VF 6
      VinFast VF 6
    • VinFast VF 7
      VinFast VF 7
    • VinFast VF e34
      VinFast VF e34

    Featured Articles

    Read All

    Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

    Mobil VinFast Pilihan

    • Upcoming

    Updates

    Artikel lainnya

    New cars

    Artikel lainnya

    Drives

    Artikel lainnya

    Review

    Artikel lainnya

    Video

    Artikel lainnya

    Hot Topics

    Artikel lainnya

    Interview

    Artikel lainnya

    Modification

    Artikel lainnya

    Features

    Artikel lainnya

    Community

    Artikel lainnya

    Gear Up

    Artikel lainnya

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza