Beranda Hot Topics Video: Teman Wiken, Nonton Pembuatan Mobil Bentley Continental GT

Video: Teman Wiken, Nonton Pembuatan Mobil Bentley Continental GT

CREWE, UK, Carvaganza.com – Buat yang tak pergi kemana-mana di wikend ini karena alasan masih khawatir pandemic Covid-19, atau alasan lain, ini ada video baru otomotif yang menarik. Video tentang pabrik mobil yang umumnya disukai car enthusiast.

Menonton proses pembuatan mobil itu sangat menarik. Apalagi kalau mobilnya di segmen premium, dengan segala kecanggihan teknologi. Tak semua orang bisa masuk ke dalam pabrik mobil. Ya jadi, pemuasannya menonton dari channel TV atau Youtube.

Kalau pun kita punya duit, kita tak bisa juga berkunjung ke pabrik karena bukan Disneyland. Jika kita mendapatkan ijin masuk, kita tak bisa memvideokan semua ruangan. Seperti ketika penulis mengunjungi pabrik Ferrari di Maranello, Italia, beberapa tahun lalu. Mau masuk saja dilarang membawa kamera, video atau pun handphone.

Video ini tentang pembuatan Bentley Continental GT, yang memang kendaraan ultra-premium buatan Inggris. Seperti kendaraan mewah yang sekelas dengannya, pabrikan Bentley mengklaim bahwa setiap modelnya merupakan hasil karya yang mengombinasikan craftsmanship dengan teknologi modern.

Video dokumenter tampaknya ingin memperlihatkan fakta secara in-depth bagaimana kedua elemen klaim pabrikan itu bekerja. Dan mampu menghasilkan mobil coupe super mewah yang bikin iri banyak orang yang tidak memilikinya.

Seperti dikutip dari www.motorauthority.com, pabrik Bentley di Crewe sudah beroperasi sejak 1939. Dulunya adalah bangunan pabrik pembuatan mesin pesawat terbang Rolls-Royce untuk Perang Dunia II. Setelah itu dialih fungsi menjadi pabrik pembuatan mobil Rolls-Royce dan Bentley pasca PD II. Pabrik itu tetap menjadi milik Bentley dan memproduksi mobil mewah itu ketika brand berpisah dengan Rolls-Royce di akhir abad ke-19. Kini, Bentley memiliki kisaran 4000 pegawai dengan angka produksi 11.000 unit mobil per tahun.

Perakitan wiring harness
Video dokumenter ini dibuat sangat menarik. Lengkap dengan wawancara dengan para petinggi Bentley dan menggambarkan cukup detail pembuatan mobil. Namun kalau dilihat sepintas, jalur perakitan Bentley Continental GT sama dengan assembly line mobil lainnya. Tapi katanya ada yang berbeda dari proses ini.

Foto: www.motorauthority.com

Pada tahap awal perakitan, para pekerja terlihat mengangkat wiring harness (kabel bodi) ke dalam cangkang bodi. Berat harness mencapai 45 kg yang diangkat engan menggunakan crane kecil. Panjang kabel itu hampir 8 km, terdiri dari 2.300 sirkuit dan 92 electronic control unit. Para pekerja mesti mengurut dan memasang kabel itu dengan benar dalam waktu 9 menit. Pasalnya, dari situ mobil dirakit di pos berikutnya.

Upholstery
Unit Bentley dibawa ke setiap pos dengan conveyor yang tergantung di atap pabrik. Di setiap pos itu, mobil dipasang dengan sejumlah komponen sesuai ketentuannya. Seperti mesin, transmisi, as roda, suspensi, ban dan sebagainya.

Di luar jalur perakitan, Bentley mempekerjakan 500 orang lagi yang khusus mengurus upholstery berbahan kulit untuk dipasang di mobil. Material kulit itu dipotong-potong oleh mesin sesuai pola dan kemudian dijahit. Baru setelah itu dipasangkan.

Setelah semua perakitan dari mulai eksterior, interior, kaki-kaki dan lain-lain beres, kendaraan bermesin bensin twin-turbo 6.0 liter itu keluar dari jalur assembly dalam bentuk jadi. Menghasilkan tenaga 626 hp dan torsi 901 hp. Berkemampuan akselerasi 0 – 100 km/jam dalam waktu 3,6 detik dan top speed 301 km/jam.

EKA ZULKARNAIN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Hennessey VelociRaptor V8 Bronco, Predator Purba Bertenaga 758 HP

Kalau di Indonesia sekarang lagi ramai membicarakan Suzuki Jimny generasi terbaru. Kuota terbatas membuat mobil ini diburu para kolektor dan penggemar mobil bergaya offroad....

Gara-Gara Kaca Belakang, Ribuan Ferrari 812 Superfast Kena Recall

MARANELLO, Carvaganza.com – Ferrari 812 Superfast merupakan model Ferrari dengan mesin V12 terganas di line up saat ini. Unutk bisa menikmati performa maksimalnya, mobil...

5 Mobil Jerman Jadul Yang Layak Dikoleksi Kalau Punya Duit

Mobil Jerman. Istilah itu identik dengan kemewahan, nyaman, bertenaga, mahal dan kalau sudah tua dibilang ringkih. Tidak semua benar. Terutama poin terakhir. Mobil tua,...

Sambil Long Wekeend, Ini Tips Perawatan Mobil di Rumah dari Auto2000

JAKARTA, Carvaganza.com – Penghujung bulan Oktober 2020 ini, masyarakat Indonesia mendapatkan libur long weekend atau akhir pekan panjang. Momentum ini bisa menjadi peluang untuk...

Bingung Pilih Toyota Calya Atau Daihatsu Sigra? Simak Ulasan Ini!

Menjelang liburan akhir tahun biasanya tren penjualan mobil naik, mengikuti kebutuhan mudik. Andai keperluan dan ketersediaan finansial berada di segmen LCGC. Ada dua opsi...