Ini Dia Rahasia Toyota Jualan Mobil Di Dunia Digital Di Tengah Pandemi

JAKARTA, Carvaganza.com – Tahun 2020 penjualan otomotif nasional mengalami penurunan signifikan di tengah situasi pandemi Coronavirus. Penjualan mobil sepanjang Januari-September 2020 terctat turun 46,6 persen. Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil semua brand hanya 407.396 unit. Pencapaian ini jauh lebih sedikit dibanding periode yang sama tahun lalu sebanyak 762.390 unit.

Penurunan penjualan ini disikapi berbeda oleh setiap pabrikan. Masing-masing melakukan aktivitas kreatif demi kembali meningkatkan angka penjualan. Contohnya yang dilakukan Toyota Indonesia. Dalam acara Media Gathering bersama jurnalis hari ini (16/12), Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota Astra Motor, mengatakan, “sepanjang tahun 2020 kami telah melakukan enam kali pameran virtual.”

Menurut Anton, aktivitas ini sukses menarik minat calon konsumen. “Dari enam kali pameran virtual kami sukses mendatangkan sekitar 300 ribu pengunjung dengan total SPK mencapai 3.759 unit.” Bahkan kata Anton pada perhelatan Toyota Virtual Expo di Desember ini saja, mereka berhasil mengumpulkan 20 ribu pengunjung dengan raihan tak kurang dari 900 SPK (Surat Penjualan Kendaraan).

Situasi pandemi memang membuat Toyota terlihat lebih aktif di dunia digital. Selain meningkatkan interaksi Toyota di sosial media, Toyota juga menciptakan aplikasi layanan pelanggan bernama Chatbot. Banyak yang bisa dilakukan dengan aplikasi ini. Mulai dari mencari informasi spesifikasi, promo, booking test drive hingga pemesanan mobil. Ada juga fitur simulasi keuangan.



Aplikasi ini juga tak hanya berguna untuk calon konsumen, tapi juga bagi pemilik kendaraan Toyota. Mulai dari tips perawatan, informasi pusat layanan hingga panduan lengkap tentang kendaraan Toyota ada di Chatbot. Menurut Anton, belum lama diluncurkan aplikasi Chatbot sudah diunduh lebih dari 80 ribu orang. “Situasi New Normal juga ternyata berdampak positif di dunia digital. Prospoek digital sebelumnya hanya sekitar 15 persen. Namun saat ini di atas 30 persen sampai 35 persen,” lanjutnya.

Gaikindo belum lama ini memang merevisi target penjualan mobil 2020 menjadi hanya 525 ribu saja. Angka ini jauh dari prediksi awal tahun yang lebih dari 1 juta unit. Meski begitu Anton tetap optimis tahun ini angka penjualan mobil secara nasional bisa mencapai 550 ribu sampai 600 ribu. “Karena bulan November pasar nasional meningkat 20 persen. Sedangkan penjualan Toyota sendiri bisa naik sampai 30 persen.” Tutup Anton.
RIZKI SATRIA

Baca juga: Astrido Toyota Persembahkan “Final Offer” Year End Promo

Artikel yang direkomendasikan untuk anda