Beranda Updates Suzuki Indonesia Berharap Bisa Produksi Sendiri Jimny

Suzuki Indonesia Berharap Bisa Produksi Sendiri Jimny

JAKARTA, Carvaganza.com – Suzuki Jimny seperti sebuah anomali di dunia otomotif. Bergaya lawas, teknologi bukan yang paling istimewa, tapi permintaan meledak. Saking tingginya, pemesanan di Indonesia sampai harus ditahan karena keterbatasan suplai dari Jepang. Melihat hal ini, boleh jadi terbaca sebagai peluang bagi Suzuki Indomobil Motor untuk memproduksi sendiri Jimny di Indonesia.

Head of Brand Development & Marketing Research 4W PT Suzuki Indomobil Sales, Harold Donnel, menjelaskan niatan Suzuki tersebut. “Memang kalau dari Suzuki Indonesia memiliki impian untuk bisa melokalkan perakitan dari Jimny,” kata Harold menjawan pertanyaan Live Interview OTO beberapa waktu lalu.

Harold mengatakan keinginan tersebut sudah disampaikan sejak lama. Namun tentu tak semudah itu. Banyak pertimbangan yang harus dilakukan pihak prinsipal Suzuki di Jepang sana. Meski diakui Suzuki Indomobil Motor siap merakit Jimny secara lokal. Bahkan jika memungkinan mengekspor ke baberapa negara.

“Tapi Memang membutuhkan waktu yang cukup panjang dikarenakan pada saat kami melakukan perakitan lokal ini tidak hanya serta merta ‘oh sudah Jimny dirakit di Indonesia’. Ada banyak investasi yang harus dilakukan apabila Jimny dirakit di Indonesia,” kata Harold.

Di samping investasi, ada juga pertimbangan lain terkait standar kualitas. “Karena kami juga harus bisa memastikan produk yang dijual di Indonesia harus sama dengan produk yang dijual di Jepang. Harus sama dengan produk yang dijual di India. Harus sama. Jadi ini adalah global standardization, dan kami harus memastikan itu semua.”

Baca juga: Suzuki Siapkan Jimny 5-Pintu, Lebih Besar dan Panjang

Jepang dan India

Sebagai informasi, saat ini Jimny dirakit di fasilitas manufaktur di Kosai, Jepang, bersamaan dengan berbagai model. Dengan kapasitas produksi total 490 ribu unit per tahun, mungkin sulit untuk meningkatkan porsi produksi satu model jika harus mengompromikan model lain. Untuk itu, melempar produksi ke regional lain bisa menjadi jawaban.

Belakangan, fasilitas Maruti Suzuki di Hansalpur, India diwartakan bakal kebagian tugas itu. Konon Suzuki tengah menyiapkan lini produksi Jimny pada fasilitas yang belum terpakai. Melansir Autocar India, sumber yang tak disebutkan namanya memaparkan bahwa Maruti Suzuki menargetkan produksi 4.000 – 5.000 unit Jimny per bulan, dimulai Mei 2020 ini. Selama enam bulan pertama, perakitan ditujukan spesifik untuk memenuhi permintaan ekspor. Barulah kemudian mereka resmi mengenalkan Jimny untuk pasar lokal.

Menariknya, beredar rumor Maruti Suzuki akan menawarkan versi berbeda dari wujud orisinal 3-pintu. Varian long-wheelbase berpintu lima sempat menjadi perbincangan hangat. Model ini sendiri dikembangkan Maruti sebagai Jimny versi Bollywood, tanpa informasi lanjutan apakah akan berlanjut diekspor atau tidak.

Baca Juga: Suzuki Masih Berupaya Melokalisasi Produksi Jimny di Indonesia

AHMAD KARIM | RAJU FEBRIAN

 

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

video

VIDEO: Mobil Toyota Paling Buas Muncul Di Trek Le Mans

SARTHE, Prancis, Carvaganza.com – Akhirnya hypercar hybrid Toyota GR Super Sport diperkenalkan untuk pertama kalinya ke publik. Padahal ini mobil sudah dijadikan bahan pemberitaan...

Velozity Chapter V – Kapur Gelar Kopdar Kemanusiaan Donor Darah

KARAWANG, Carvaganza.com -  Di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, sesama manusia harus meningkatkan saling kepedulian. Wabah Corona telah menimbulkan dampak terhadap ragam sektor...

Lengkapi Versi Hybrid, Honda CR-V PHEV Mendebut Di Pameran Beijing

BEIJING, Carvaganza.com – Ketika Indonesia masih sibuk dengan pandemi COVID-19, Cina sudah berencana menggelar pameran off-line otomotif. Bukan lagi secara virtual, melainkan sebuah kegiatan...

Karena PSBB, Daihatsu Perkecil Jumlah Karyawan Masuk Kantor

JAKARTA, Carvaganza.com – Pabrikan Daihatsu menerapkan kebijakan baru untuk menanggapi Pergub DKI mengenai penerapan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Pergub DKI Jakarta itu...

TEST DRIVE: Renault Kwid Climber, Kesan yang Membekas

JAKARTA, Carvaganza.com -  Saya memarkir Renault Kwid Climber di salah satu kedai kopi di bilangan Fatmawati, Jakarta dan memilih meja di area terbuka tidak...