Beranda New Cars Suzuki Siapkan Jimny 5-Pintu, Lebih Besar dan Panjang

Suzuki Siapkan Jimny 5-Pintu, Lebih Besar dan Panjang

NEW DELHI, Carvaganza.com – Apa mobil yang paling ditunggu dan dicari di Indonesia saat ini? Bukan merek premium. Jika mau jujur, model tersebut adalah Suzuki Jimny. Bagaimana tidak, suplai yang terbatas membuat calon konsumen SUV ini harus antri hingga tahunan. Nah, sekarang ada 2 kabar baiknya.

Pertama, Suzuki akan menambah produksi. Basis produksi yang terpusat di Kosai, Jepang, akan ditambah gara-gara tak mampu memenuhi permintaan membludak di banyak negara. Alhasil, banyak penggemar yang gigit jari.

Agar tak terfokus ke Jepang saja, Maruti Suzuki di India menyanggupi untuk membantu. Kabarnya, mereka berencana membuat Jimny di pabrik Hansalpur, Gujarat, India. Untuk awalan khusus ekspor dulu agar banyak permintaan pasar lain terpenuhi. Selanjutnya memenuhi pasar India sendiri. Ini bisa jadi kabar baik bagi konsumen Tanah Air. Jika benar Jimny di Indonesia berasal dari Negeri Bollywood, harusnya bisa dijual lebih murah.

Kabar baik kedua, Maruti Suzuki tidak hanya membuat Jimny versi 3-pintu, tapi juga 5-pintu alias berbodi panjang. Menurut Autocar India, produksi Jimny 5-pintu dimulai enam bulan setelah versi 3-pintu mulai produksi sekitar Juni tahun ini. Berarti, mulai akhir 2020. Kemungkinan besar ini adalah inisiatif Maruti dan akan dijual untuk pasar India. Tidak ada keterangan lebih jauh soal ekspor ke negara lain.

Baca juga: Suzuki Stop Sementara Produksi Terimbas COVID-19, Layanan Tetap Normal

Long Wheelbase

Jimny Panjang sebenarnya bukan hal baru. Dalam sejarahnya, memang pernah ada Jimny dengan wheelbase panjang. Tepatnya generasi kedua yang punya banyak sekali varian. Di Indonesia cukup akrab dengan sebutan Jimny long ex BRI. Versi lain bersasis melar, banyak dikreasi menjadi kabin plus tambahan pintu. Ada Jimny Kata dibuat 5-pintu, ada juga berdandan ala Land Rover Discovery bernama Katana Corsica.

Melihat desain Jimny terbaru, seharusnya gampang saja diubah jadi 5-pintu. Banyak hasil modifikasi digital yang mudah dicari di search engine. Wujudnya sangat mungkin diaplikasi, berkat desain kaku Jimny yang konservatif. Tinggal memanjangkan wheelbase dan membuat pintu serta jendela serupa. Rendering karya Kolesa sangat mendekati kenyataan. Kalau dilihat dari jauh, justru mirip Jeep Wrangler Unlimited. Pola transformasi menambah kabin dan pintu semestinya sama seperti yang dilakukan Jeep.

Kabin semakin besar dan dapat mengangkut orang lebih banyak, membuat Jimny 5-pintu cocok dibeli konsumen berkeluarga. Akomodasi tidak bakal sepelit Jimny 3-pintu dengan kursi belakang tergolong sempit. Namun kalkulasi perlu dilakukan dari efek penambahan wheelbase dan dimensi. Umumnya bakal mempengaruhi kemampuan off-road.

Baca juga: Pabrik Tutup Sementara, Honda: Stok Aman, Karyawan Dibayar Penuh

Mesin Sama

Selain ukuran, spesifikasi dasar Jimny kemungkinan tidak berubah. Sasis ladder-frame menopang seluruh bodi dan konstruksi rigid axle. Peranti 4×4 tentu wajib ada sebagai offroader sejati, lengkap dengan low gear lewat pengaturan transfer case. Mesin paling gampang. Karena unit K15B 1,5 liter 105 PS sudah familiar di Suzuki Ertiga, Ciaz dan Vitara Brezza.

Patut ditunggu rencana besar Maruti Suzuki untuk merakit Jimny. Terutama versi 5-pintu beserta probabilitas dijual juga di Indonesia. Di India, Maruti akan menjualnya via outlet premium Nexa dengan harga mulai dari dibawah 1 juta rupee atau Rp 221 juta.

Sebagai informasi di Indonesia, PT Suzuki Indomobil Sales menawarkan 4 varian Jimny yaitu single tone MT seharga Rp 362,5 juta, Single Tone AT (Rp 375 juta), Two Tone MT (Rp 364,5 juta), dan Two Tone AT (Rp 377 juta).

Sumber: Autocar IndiaKolesa

Baca Juga: Suzuki Jimny 5-Pintu Dikabarkan Mulai Produksi Akhir 2020

ANINDIYO PRADHONO | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto