Sama-Sama Coupe 4 Pintu, Ini Beda Mercedes-AMG GT 4 Door dan CLS

KUALA LUMPUR, 9 Mei 2019 – Lahirnya GT 4 Door Coupe telah memperluas portofolio line up produk Mercedes-Benz, khususnya untuk divisi AMG yang berfokus pada performa. Namun jika melihat wujudnya, GT 4 Door Coupe terbilang mirip dengan CLS yang sama-sama adalah coupe empat pintu.

Lalu apa bedanya antara AMG GT 4 Door Coupe dengan CLS yang ditawarkan oleh Mercedes? Buat apa Mercedes menghadirkan dua model mobil yang kurang lebih sama?

Vice President, Sales & Marketing, Mercedes-Benz Malaysia, Mark Raine menjelaskan perbedaan antara keduanya kepada Carvaganza di sela debut peluncuran AMG GT 4 Door Coupe untuk kawasan Asia Tenggara, di Malaysia. Menurutnya, GT 4 Door Coupe dan CLS diciptakan dengan filosofi yang benar-benar berbeda.



Baca juga: Mercedes-AMG GT 4 Door Coupe Sapa Asia Tenggara, Segera ke Indonesia
Baca juga: GALERI FOTO: Melihat Langsung Sportscar 4 Pintu Terganas Mercedes-AMG


“CLS 63 adalah mobil yang berorientasi pada desain, punya desain coupe empat pintu klasik yang kami pelopori di awal tahun 2000-an, sangat sleek dan elegan, elegan mungkin kata yang paling cocok,” katanya saat ditemui di Kuala Lumpur, hari Senin (6/5/2019) lalu.

“Kalau Anda lihat GT 4 Door mobil itu brutal, powerful, sangat berotot, mungkin bukan mobil paling elegan di portofolio kami dan juga menyasar ke target pembeli yang baru. CLS lebih untuk para connoisseur dan untuk konsumen yang refined, yang ingin punya tenaga ekstra dari AMG.”

Raine menegaskan bahwa GT 4 Door Coupe dikembangkan dengan penekanan pada performa di sirkuit, tapi masih bisa memuat dua penumpang lebih banyak. Singkat kata, GT 4 Door Coupe adalah versi empat pintu dari sportscar AMG GT, yang juga memiliki bagasi lebih besar.



Selain mesin yang ganas, GT 4 Door Coupe juga dilengkapi sejumlah fitur dari Mercedes yang tidak ada pada mayoritas model lainnya, termasuk AMG.

“Kalau lihat GT 4 Door dengan sayap AMG Aerodynamics Package, itu sebuah mobil balap sirkuit, ada rear axle steering, punya AMG Dynamic Plus Package, jadi itu semua sebelumnya eksklusif hanya ada di AMG GT R dan mobil lain yang memilikinya juga sekarang adalah GT 4 Door,” lanjut Raine.

Kemudian disimpulkan oleh Raine, bahwa GT4 Door Coupe adalah mobil yang sepenuhnya dikembangkan oleh AMG sejak awal, sementara CLS sebagai produk Mercedes yang juga memiliki versi AMG.

Tahun ini, GT 4 Door Coupe dipastikan akan meluncur di Indonesia sebelum akhir tahun, bahkan saat ini sudah bisa dibuka pemesanannya.

WAHYU HARIANTONO (SEPANG, MALAYSIA)

Artikel yang direkomendasikan untuk anda