Red Bull Racing Team Dominasi GP F1 Austria, Verstappen: Ini Kemenangan Gila!

Max Verstappen

SPIELBERG, Carvaganza -- Max Vertappen menyebut kemenangan di Grand Prix Formula 1 di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria, akhir pekan kemarin sebagai kemenangan yang cukup gila. Ia memuji pengembangan yang dilakukan Red Bull Racing Honda Team dalam sepekan terakhir.

Pembalap asal Belanda itu memang bersinar sejak kualiikasi. Ia menempati pole position, selalu terdepan di balapan, mencatat lap tercepat, dan menyelesaikan 71 putaran dengan catatan waktu 1 jam 23 menit 54.543 detik. Ini 17,9 detik di depan Valtteri Bottas (Mercedes) yang masuk finish di posisi kedua dan 20 detik lebih dari Lando Norris (McLaren Mercedes).

Bagi Verstappen, ini menjadi kemenangan kelima dengan tiga kali beruntun di musim ini. Podium utama di GP Austria ini juga menjadi kemenangan ke-15 bagi pembalap 23 tahun itu sepanjang berkarier di Formula 1 sejak GP Australia 2015 dan semakin memperkokoh posisinya di puncak klasemen sementara dengan 182 poin.

Max dijuluki Raja Red Bull Ring karena Minggu pekan lalu ia memenangi GP Styria yang juga digelar di trek sepanjang 4,318 km. Dengan begitu Max menjadi pembalap terbanyak yang mampu menang di Red Bull Ring sebanyak empat kali. (2018, 2019, 2021 Styria, 2021).

“Untuk menang lagi di kandang di Red Bull Ring sungguh luar biasa. Saya berharap hasilnya bagus, tapi tidak sebagus ini, dan mobilnya berada di atas rel. Sangat menyenangkan untuk dikendarai dan kecepatannya luar biasa di kedua kompon ban. Saya bisa mendorong dan juga menjaga ban persis seperti yang saya inginkan dan saya bisa memperpanjang jarak lap demi lap,” ungkap Verstappen.

Baca juga: F1: Verstappen Tegaskan Supremasi Red Bull, Dominasi Grand Prix Austria 2021 Start Sampai Finish

Red Bull Racing

Mobil Yang Pas

Bagi Honda, mereka meraih kemenangan kelima kalinya secara berturut-turut pada musim balap F1 2021. Ini merupakan pertama kalinya bagi pabrikan Jepang itu meraih jumlah kemenangan yang sama sejak terakhir kali Aysron Senna dan Alain Prost memenangkan 11 balapan pada 1988 bersama McLaren.

Tak hanya mesin, musim ini tim Red Bull Racing telah menggunakan terobosan baru pelumas mesin yang dikembangkan oleh Mobil 1 bekerja sama dengan Honda Research & Development dan Red Bull Racing Honda. Pelumas Mesin Mobil 1 RB16B yang baru dirancang khusus untuk unit daya Honda yang baru, membantu menghasilkan tenaga maksimum tanpa mengorbankan perlindungan atau efisiensi bahan bakar.

Rommy Averdy Saat selaku Mobil Consumer Brand General Manager PT ExxonMobil Lubricants Indonesia menyampaikan rasa bangga atas kemenangan lima kali berturut-turut. "Selamat kepada Max yang telah mempersembahkan kemenangan yang luar biasa, jelas bahwa kualitas dan kapabilitas tim termasuk kendaraan RB16B tidak perlu diragukan lagi," ungkap Rommy.

Ia mengatakan pelumas yang digunakan oleh tim Red Bull Racing juga tersedia di pasar Indonesia seperti rangkaian produk pelumas Mobil1 dan Mobil Super. Tahun ini ExxonMobil Lubricants Indonesia meluncurkan varian terbaru rangkaian produk Mobil Super yaitu Mobil Super All in One Protection, Mobil Super Friction Fighter dan Mobil Super Everyday Protection. Rangkaian produk Mobil Super ini telah dilengkapi dengan spesifikasi standar industri terkini API SP.

Keunggulan Mobil Super All in One Protection memberikan perlindungan mesin kendaraan dari suhu yang semakin panas yang dapat diatasi oleh Full synthetic dengan Heat Activated Anti-wear Molecules. Mobil Super Friction Fighter yang dilengkapi dengan lapisan perlindungan tambahan dari Friction Fighter Molecules memberikan kesempatan untuk lebih banyak perjalanan saat mesin terlindungi dari keausan. "Sedangkan Mobil Super Everyday Protection dengan Extengine Molecules, membuat usia kendaraan lebih panjang untuk lebih banyak tujuan bersama keluarga," kata Rommy.

Red Bull Racing

Bidik Inggris

Kemenangan Verstappen tersebut menambah koleksi kemenangan Honda di musim balap F1 2021 ini menjadi enam kemenangan, yaitu di Grand Prix Emilia Romagna, Grand Prix Monaco, Grand Prix Azerbaijan, Grand Prix Perancis, Grand Prix Styria dan Grand Prix Austria.

Tambahan angka menempatkan Verstappen di puncak klasemen sementara dengan nilai 156 poin. Ia unggul 18 poin dari juara bertahan Lewis Hamiton. Sementara rekan Verstappen, Sergio Perez, di peringkat ketiga dengan 96 poin. "Saya menikmati saat ini, tapi fokus saya adalah keseluruhan musim. Masih panjang dan banyak poin yang harus Anda raih. Anda harus memastikan setiap pekannya kondisi mobil yang siap balapan," kata Verstappen.

Balapan selanjutnya, seri ke-10 adalah British Grand Prix. Berlangsung di United Kingdom Silverstone Circuit, Silverstone, Inggris, 18 Juli mendatang. Team Principal Christian Horner menyebut balapan di Silverstone justru akan lebih menantang. Karena Hamilton dengan Mercedes tentunya tak ingin dipermalukan di kandang sendiri. RAJU FEBRIAN

Sumber dan Foto: Honda, F1

Baca juga: Hamilton Perpanjang Kontrak dengan Mercedes, Siap Tambah Koleksi Gelar Juara

Mobil Honda Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature