Pimpin IMI Pusat, Bamsoet Fokus ke Kendaraan Listrik dan Event Internasional

JAKARTA, Carvaganza – Ikatan Motor Indonesia (IMI) baru saja memiliki susunan kepengurusan baru, yang kini diketuai oleh Bambang Soesatyo sebagai Ketua Umum. Dengan perannya saat ini, Bambang yang juga adalah Ketua MPR (Majelis Perwakilan Rakyat) RI itu ingin memajukan industri dan pariwisata otomotif Indonesia. Di antara agenda yang akan dilakukan adalah dengan mendatangkan ajang berkelas internasional dan mempererat silaturahmi komunitas otomotif.

Disampaikan saat digelar Silaturahmi IMI Pusat dan IMI DKI Jakarta dengan klub otomotif roda dua dan roda empat, Bambang ingin IMI agar memberikan manfaat bagi pengembangan industri dan olahraga otomotif Indonesia. Acara silaturahmi digelar di Hotel Sultan, Jakarta, hari Rabu (10/2/2021) kemarin.

“Untuk itu, per tahunnya, setidaknya IMI akan menyelenggarakan 680 kegiatan klub, 510 kegiatan IMI provinsi, 189 kegiatan kejuaraan nasional, dan 32 kegiatan seri nasional. Hal ini bisa terwujud jika seluruh keluarga besar IMI saling bekerjasama,” kata pria yang akrab dengan sapaan Bamsoet itu.

Bamsoet IMI

Dari sektor industri otomotif, IMI memiliki misi mempercepat imigrasi kendaraan konvensional berbahan bakar minyak ke kendaraan bertenaga listrik. Kini dalam kepengurusan IMI Pusat 2021-2024, ada penambahan posisi baru yakni Direktur Pengembanhan Electric Vehicle (kendaraan listrik) yang dipegang oleh Muhammad Setiawan. Langkah tersebut sekaligus mendukung Perpres No.55/2009 yang dikeluarkan Presiden Joko Widodo untuk Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan.

Salah satu wujud dari komitmen ini adalah dengan menunjuk Hyundai Ioniq Electric sebagai official car baru untuk IMI. Penunjukkan ini sekaligus menjadi apresiasi kepada pabrikan karena telah hadirkan kendaraan listrik dengan harga terjangkau dan investasi senilai USD 1,5 miliar membangun fasilitas produksi di Indonesia.

Dari sisi pariwisata dan olahraga, IMI di era kepemimpinan baru ini berkomitmen agar setiap event olahraga otomotif bisa lebih memberikan manfaat kepada masyarakat. Sebagai wujud mendukung program pemerintah di sektor pariwisata, ekonomi, lingkungan hidup, dan sosial, khususnya dalam mengembangkan berbagai potensi daerah menjadi sport automotive tourism.

IMI Bamsoet 2021

"Mengingat di skala internasional IMI berafiliasi kepada Fédération Internationale de l'Automobile (FIA) dan Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM), setiap tahun IMI harus mampu menyelenggarakan berbagai kegiatan motorsport berskala dunia,” lanjut Bamsoet.

“Tahun 2021 ini Indonesia akan dua kali menjadi tuan rumah penyelenggaraan MXGP 2021. Tanggal 4 Juli 2021 dilaksanakan di kawasan Candi Borobudur, Yogyakarta, sementara 11 Juli 2021 di Bali. Sedangkan pada tahun 2022, IMI Pusat bersama Pemerintah DKI Jakarta berencana menggelar Turnamen Formula E, kejuaraan balap mobil bertenaga listrik yang dilangsungkan di jalan raya."

Untuk kegiatan atau event yang melibatkan kalangan komunitas otomotif, tahun ini Land Rover Club Indonesia (LRCI) akan emnggelar Sumatera Tribute di Jambi. Acara ini rencananya akan diikuti oleh 40 mobil Land Rover berbagai model, dengan jumlah peserta hampir 200 orang dari anggota klub dalam negeri hingga luar negeri. WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda