Perhatikan Komponen Mobil Jika Mobil Sering Diam di Garasi

JAKARTA, Carvaganza – Pada masa pandemi banyak orang yang membatasi kegiatannya di luar rumah demi menjaga penyebaran covid-19. Dampaknya adalah mobilitas kendaraan berkurang dan lebih sering diparkir di garasi rumah. Meski dalam kondisi tersebut konsumen wajib untuk selalu menjaga kondisi mobil dalam kondisi baik dengan mengecek komponen di dalamnya.

Mobil dalam satu kesatuan didukung oleh beberapa komponen yang harus diperhatikan kondisinya baik dalam kondisi aktif maupun diam di rumah. Honda Prospect Motor memberikan beberapa tips untuk pengguna kendaraan agar dapat melakukan perawatan komponen mobil dari rumah tanpa harus ke bengkel. Berikut adalah komponen mobil yang dapat dicek secara mandiri oleh pengguna kendaraan :

1. Radiator

Radiator menjadi hal utama yang harus diperhatikan saat melakukan pemeriksaan kendaraan. Air radiator pada mobil harus dipastikan selalu dalam kondisi penuh sampai batas level yang dianjurkan. Air radiator berfungsi untuk menjaga suhu mesin agar tetap optimal dan mencegah terjadinya overheat. Selain itu, periksa bagian selang radiator dan selang penghubung ke reservoir. Setelah itu selalu pastikan kondisi selang tidak ada retak dan menggelembung.

2. Oli Mesin

Salah satu komponen yang harus diperiksa secara rutin adalah oli mesin, berikan pelumas yang cukup untuk mengurangi gaya gesek antar komponen dan meringankan kinerja mesin mobil. Untuk mengecek kondisi oli, keluarkan stik oli (dipstick) dari wadahnya dan periksa level ketinggian oli di ujung stik. Pastikan oli mesin berada diantara batas low dan high, dan juga perhatikan warnanya. Oli mesin yang masih bagus memiliki warna kecoklatan, sedangkan oli yang sudah lama digunakan cenderung berwarna agak hitam pekat. Penggantian oli mesin harus dipastikan untuk secara rutin dilakukan sesuai dengan jadwal perawatan berkala yang terdapat pada buku petunjuk kendaraan.

3. Ban Mobil

Selanjutnya pastikan seluruh ban mobil dalam kondisi yang baik, perhatikan permukaan keempat ban tidak gundul dan tidak ada tekstur yang retak atau pun benjol. Tread Wear Indicator (TWI) berupa garis pembatas yang ada di sela-sela ulir ban pun juga harus diperhatikan. Apabila permukaan ban sudah sejajar ketebalannya dengan garis TWI, berarti ban sudah menipis dan harus dilakukan penggantian. Selain itu, tekanan angin juga harus sering untuk diperiksa agar sesuai dengan standar tekanan angin ban, yang dapat dicek pada sisi bagian dalam pintu pengemudi.

4. Wiper

Pada musim penghujan seperti ini, hal yang selanjutnya perlu diperhatikan adalah wiper. Pemilik mobil dapat memastikan permukaan karet wiper dalam kondisi tidak retak, sobek dan masih mampu membersihkan kaca mobil secara optimal. Selain itu selalu pastikan tabung air wiper di dalam kap mesin juga dapat diisi dengan cairan khusus pembersih wiper. Kondisi wiper yang baik dapat membuat pengendara semakin merasa nyaman dan aman untuk berkendara dalam cuaca apapun.
ALVANDO NOYA/RS

Artikel yang direkomendasikan untuk anda