Shooting Brake, Mobil Jenis Apaan Tuh?

JAKARTA, Carvaganza – Seminggu lalu, Carvaganza menuliskan tentang mobil shooting brake. Artikel tersebut tentang Rolls-Royce Shooting Brake klasik bin langka yang hendak dilelang di Amerika Serikat. Dimiliki oleh seorang pengusaha kaya di Amerika Serikat, sekaligus pemilik rumah lelang yang melelang kendaraan premium tersebut.

Mungkin kita juga akrab dengan Ferrari FF yang diproduksi tahun 2011, yang masuk dalam kategori shooting brake. Jenis mobil apakah itu, karena kalau melihat bentuknya mirip dengan station wagon. Bagian depannya memiliki hood mesin yang panjang, sedang bagian buntutnya ‘terpenggal’ alias pendek.

Istilah shooting brake sendiri tak banyak dipakai oleh pabrikan. Namun ciri khas yang ditampilkan oleh mobil jenis ini adalah bentuk bodynya seperti estate, tapi dua pintu. Umumnya, bentuk atapnya lebih landai dibandingkan model estate. Contohnya adalah Ferrari FF dan BMW Z3M.

BMW Z3M Coupe (shooting brake)
BMW Z3M Coupe

Istilah ‘Shooting Brake’ mulai dipakai pada awal abad 20 di Inggris untuk menyebut mobil yang dipakai untuk berburu dan mengangkut peralatan berburu. Istilah ‘brake’ sendiri adalah sebutan untuk andong yang dipakai untuk melatih kuda-kuda muda.

Pada pertengahan abad ke-20, pabrikan mobil kemudian menggunakan istilah shooting brake untuk membedakan mobil baru yang diproduksi seperti Volvo 1800ES dan Reliant Scimitar GTE dengan mobil station wagon lima pintu yang bodinya lebih bongsor dan dengan hatchback yang bentuknya lebih mengotak. Karena shooting brake jaman old school hanya punya dua pintu, akhirnya mobil shooting brake selalu identik dengan mobil berbentuk wagon dua pintu, bodinya ramping tidak gemuk dengan ground clearance rendah sehingga lebih ceper dari wagon.

Peter Horbury, head of designer Volvo tahun 1990-an, mengatakan, “Shooting brake bukan hatchback dua pintu standar dengan bentuk bodi kekar. Shooting brake itu bentuknya ramping dan memiliki ‘profil’ yang sangat menarik. Dengan bodi yang lebih ramping, Ia lebih gesit di jalan raya dibandingkan coupe biasa dan headroom penumpang belakang lega. Khususnya di Amerika, setiap anggota keluarga punya mobil sendiri. Jadi kursi belakang bisa dipakai sebagaimana mestinya.”

 

Volvo 1800ES 1973
Volvo 1800ES 1973

Model shooting brake juga memiliki bentuk bodi lebih seksi dibandingkan station wagon sehingga lebih enak dilihat. Makanya mobil ini cukup populer di kalangan kelas atas di Amerika dan Eropa, karena tak seperti wagon atau estate yang lebih mirip mobil keluarga. Berkat bodi yang lebih ceper, kendaraan menjadi lebih stabil dibandingkan estate.

Berikut adalah contoh mobil shooting brake modern paling populer:

1. Aston Martin DB5 Shooting Brake 1965

Aston Martin DB5 Shooting Brake 1965

2. Aston Martin Vanquish Zagato Shooting Brake

Aston Martin Vanquish Zagato Shooting Brake

3. BMW Z3M Coupe 1999

BMW Z3M Coupe

4. Mercedes-Benz CLS63 Shooting Brake 2013

Mercedes-Benz CLS63 Shooting Brake

EKA ZULKARNAIN

Sumber: ragam sumber

Artikel yang direkomendasikan untuk anda