Penjualan Toyota Rajai Pasar Global di 2020, Geser VW Group

JAKARTA, Carvaganza – Toyota global membukukan penjualan yang lebih unggul dari pabrikan raksasa Volkswagen Group di tahun 2020 lalu. Seperti dikutip dari motorauthority.com bahwa pabrikan berhasil membukukan penjualan 9,5 juta kendaraan di 2020. Meski demikian, angka tersebut sebenarnya turun 11,3% dari pencapaiannya pada tahun sebelumnya. 

Penjualan Toyota secara global ini banyak disumbang oleh Toyota RAV yang mencapai 994.000 unit. Angka tersebut diklaim memiliki kenaikan 11.3% dari penjualannya di tahun 2019. Penjualan Toyota global ini juga termasuk brand-brand yang berada di bawah paying perusahaan di antaranya Lexus, Hino dan Daihatsu.  

Volkswagen group sendiri mengalami penurunan penjualan yang cukup banyak hingga 15.2% dibandingkan pencapaiannya di tahun lalu. Ini adalah penurunan sepanjang lima tahun memimpin pasar otomotif global. VW Group juga pernah mengalami penurunan penjualan pada 2015 karena isu dieselgate. Di waktu yang sama, Toyota mengambil kue tersebut dan mengungguli VW Group yang sedang tersangkut masalah emisi.

Volkswagen

Pada 2020 lalu, keduanya mengalami penurunan yang cukup besar di atas 10 persen. Hal tersebut dikarenakan pandemic COVID-19 yang menyerang seluruh sektor industri global termasuk otomotif. Selain itu, dampak terbesarnya juga datang dari penurunan pembelian kendaraan di Cina. Negara tersebut merupakan salah satu target market terbesar bagi kedua pabrikan raksasa, VW dan Toyota Group.

Di Indonesia, Toyota juga masih memimpin pasar otomotif setiap tahunnya. Pada 2019 sebelum pandemi COVID-19 penjualan Toyota mencapai 331.797 unit (wholesales). Sedangkan pada 2020 penjualan Toyota menurun hingga 159.450 unit akibat dihajar oleh pandemi COVID-19 sepanjang tahun. Penjualan mobil di pasar lokal sendiri merosot hingga 50% dibanding tahun lalu, namun Toyota tetap memimpin pangsa pasar 31,9%. 

Seperti dikutip dari majalah Forbes, setelah Toyota dan VW, posisi ketiga di pasar otomotif global diduduki oleh perusahaan gabungan Renault Nissan dan Mitsubishi. Posisi tersebut berkat angka penjualannya yang mencapai 7,8 juta unit di seluruh dunia. Selanjutnya pada posisi empat dunia, pasar otomotif global diduduki oleh General Motor namun sayangnya angka penjualannya tidak disebutkan. 

Toyota RAV4

Diproyeksikan pada tahun ini, VW Group akan memulai strateginya untuk memimpin penjualan. Hal tersebut didukung oleh model-model mobil listrik yang diluncurkan pada 2020 dan 2021. Tahun lalu saja, VW Group berhasil mencetak angka penjualan 231.600 unit untuk kendaraan listriknya. Angka tersebut hampir menyamai angka penjualan Tesla secara global. VW Group sendiri didukung oleh model-model listrik yang keluar dari Porsche, Audi dan VW sendiri. 

Proyeksi lain juga tampak pada bergabungnya Fiat Chrysler Automobile dengan PSA Group yang menjadi Stellantis. Melihat angka penjualan kedua pabrikan tersebut di tahun lalu, memungkinkan Stellantis meraih posisi empat pada penjualan global tahun ini. (ALVANDO NOYA / WH)

Sumber: Motor Authority

Artikel yang direkomendasikan untuk anda