Beranda New Cars Penerus Mazda6 akan Punya Mesin 6 Silinder dan Versi Coupe?

Penerus Mazda6 akan Punya Mesin 6 Silinder dan Versi Coupe?

HIROSHIMA, Carvaganza.com – Mazda6 sudah cukup lama tidak mendapat sentuhan pembaruan, sejak versi facelift hadir tahun 2017 lalu. Berdasarkan siklus produknya, seharusnya Mazda6 sudah akan berganti generasi. Calon penerusnya diprediksi memiliki spesifikasi baru yang menarik.

Beberapa tanda-tanda pernah ditunjukkan oleh Mazda sendiri, yang kemungkinan akan diterapkan pada Mazda6 terbaru nantinya. Di antaranya adalah bahwa Mazda6 akan mendapat mesin enam silinder dan sistem penggerak roda belakang.

Konfigurasi tersebut tentunya sangat berbeda dengan yang dimiliki Mazda6 sejak tiga generasi terakhir, yang juga beredar dengan nama Atenza. Prediksi ini muncul dari Car and Driver, yang salah satunya mengacu pada sedan konsep Mazda Vision Coupe.

Mesin enam silinder telah resmi diumumkan oleh Mazda sedang dalam pengembangan, yang akan dipakai pada model flagship nantinya, baik sedan maupun SUV. Mesin besar ini bahkan sudah menggunakan teknologi andalan terbaru Mazda, yaitu SkyActiv-X.

Mesin 6 Silinder Diesel

Tidak hanya untuk varian bensin, Mazda bahkan mengembangkan mesin enam silinder juga dengan bahan bakar diesel. Informasi ini muncul pada laporan hasil finansial perusahaan, yang menyebut mesin enam silinder diperuntukkan platform mobil besar dengan layout mesin longitudinal. Platform ini nantinya juga akan mendukung sistem mild-hybrid dan plug-in hybrid.

Diprediksi, mesin enam silinder untuk calon Mazda6 terbaru ini akan mampu menyediakan tenaga sebesar 350 hp. Bersamaan dengan mesin enam silinder yang didaftarkan patennya, untuk pertama kalinya juga Mazda akan memiliki transmisi otomatis 8 percepatan, yang kemungkinan juga akan debut melalui Mazda6.

Meski belum resmi, tapi kemungkinan besar Mazda akan mengembangkan platform baru ini bersama Toyota. Selain demi efisiensi biaya, langkah ini juga bisa mempercepat proses pengembangan itu sendiri.

Menyusul diperkenalkannya Vision Coupe pada 2017 lalu, Mazda sekaligus membuka kemungkinan Mazda6 akan hadir pula dalam versi Coupe. Bisa saja wujudnya nanti tidak jauh berbeda dengan versi konsep Vision Coupe, seperti Mazda3 terbaru saat diluncurkan.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto