Pabrikan Perancis Legendaris Mau Masuk F1 Tahun Depan?

ENSTONE, Carvaganza.com – Tahun depan kemungkinan akan hadir nama baru di deretan tim Formula 1. Salah satu pabrikan legendaris asal Perancis, Alpine, diindikasi akan masuk ke F1, menyusul beredarnya sejumlah informasi. Namun, Alpine bukan akan hadir sebagai tim yang benar-benar baru.

Alpine kabarnya akan hadir dengan mengganti nama dari tim Renault F1. Kabar ini muncul setelah beredarnya informasi internal Renault Group, yang melibatkan nama Cyril Abiteboul. Seperti diketahui, Abiteboul adalah bos tim Renault F1 saat ini.

Renault Group mengumumkan akan melakukan restrukturisasi demi meningkatkan fokus pada bisnis intinya. Renault Group sendiri di dalamnya menaungi merek otomotif seperti Dacia, Alpine dan New Mobility. Nama Alpine selama ini eksis di balapan ketahanan (endurance) melalui Signatech Alpine, dan sempat populer di masa silam pula.

Baca juga: Dari Kuning ke Biru, Tim Renault F1 akan Jadi Alpine Tahun Depan



Dalam pengumuman tersebut, dinyatakan bahwa Abiteboul akan bertanggungjawab pada ‘pembuatan, organisasi dan menerapkan’ merek Alpine. Artinya, nama Alpine akan semakin diperluas eksistensinya di bawah kepemimpinan Abiteboul, yang fokus di ranah motorsport. Pria yang juga berkebangsaan Perancis ini juga telah berjasa membantu kembalinya Renault ke F1, 2016 lalu.

Rebranding tim dari Renault menadi Alpine menjadi skenario yang paling memungkinkan terjadi, berdasarkan prediksi di kalangan paddock. Belum diketahui juga apakah nantinya Renault masih ambil bagian dalam proyek baru ini, atau justru Alpine mengambil alih sepenuhnya. Yang pasti entitas baru pada tim bermarkas di Enstone, Inggris ini akan dibarengi datangnya Fernando Alonso.

Baca juga: Kembali ke F1, Alonso Resmi Bergabung ke Renault Mulai 2021

Alonso, mantan juara dunia F1 dua kali, telah dipastikan akan kembali ke F1 tahun depan Bersama Renault. Pembalap Spanyol tersebu merasa tertantang untuk berlaga lagi di F1, setelah sempat dibuat frustrasi oleh McLaren-Honda. Selama 2019 dan 2020, Alonso mencoba berbagai tantangan di Indy Car, IMSA, dan Reli Dakar.

Cyril Abiteboul


Baca juga: Alonso Masuk Renault, Vettel Berharap Balik ke Red Bull

Pihak Renault sejauh ini masih tertutup dan membantah soal informasi akan penggantian nama menajdi Alpine. Sempat dikatakan pengumuman soal Alpine akan dilakukan akhir pekan ini saat Grand Prix Italia di Monza. Namun sampai hari Sabtu (5/9/2020) ini belum ada tanda-tanda positif akan terjadi.

Nama Alpine pernah jaya dan terkenal di dunia motorsport, namun dengan eksis di ajang reli. Pabrikan kecil ini pernah menjadi juara WRC pada tahun 1973, bersama mobil andalannya yaitu A110. Sportscar kecil tersebut telah menjadi salah satu ikon motorsport di eranya. Bahkan Alpine sampai membuat versi modernnya beberapa tahun lalu, dengan nama dan formula sama pula.

Sumber: Motorsport

WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda