Beranda Updates Kembali ke F1, Alonso Resmi Bergabung ke Renault Mulai 2021

Kembali ke F1, Alonso Resmi Bergabung ke Renault Mulai 2021

ENSTONE, Carvaganza.com – Hanya berselang delapan belas bulan sejak memilih tinggalkan Formula 1, Fernando Alonso akhirnya resmi mengumumkan akan kembali. Alonso akan memblap lagi di ajang jet darat Bersama Renault, mulai tahun 2021. Kabar ini menjawab rumor yang beredar beberapa hari belakangan.

Diumumkan pada hari Rabu (8/7/2020), Renault mengajak Alonso bergabung dengan kontak berdurasi lebih dari satu tahun. Sejauh ini belum diungkap detail berapa tahun Alonso akan Bersama Renault. Yang jelas, ini adalah kali ketiga Alonso bergabung dengan tim yang mengantarkannya menjadi juara dunia dua kali.

Dengan begitu, Alonso akan menjadi pembalap pertama di F1 yang membela satu tim/pabrikan dalam tiga periode berbeda. Pertama adalah di awal karirnya, 2003-2006, lalu kembali pada 2008-2009, sebelum kemudian diulang mulai 2021 mendatang. Diyakini, Alonso mendapat peran besar dalam bergabungnya ke Renault musim depan.

Renault membutuhkan sosok pembalap lengkap yang bisa membawa tim berkembang, menyambut regulasi teknis baru untuk tahun 2022. Pengalaman panjang Alonso di F1 dipercaya Renault bisa menuntun tim ke arah yang benar. Apalagi sejak turun kembali sebagai tim pabrikan pada 2016, Renault belum mampu meraih prestasi menggembirakan.

Di Renault nanti, Alonso akan mengisi kursi kosong yang ditinggalkan Daniel Ricciardo ke McLaren. Alonso akan bergabung dengan Esteban Ocon sebagai andalan pabrikan Perancis ini.

Renault adalah keluarga saya, memori terindah saya dengan dua gelar Kejuaraan Dunia Formula 1, tapi saya melihat ke depan. Ini adalah sumber kebanggaan yang luar biasa dan dengan emosi luar biasa saya kembali ke tim yang memberi saya kesempatan pada awal karir saya dan yang sekarang memberi saya kesempatan untuk kembali ke level tertinggi,” kata Alonso.

“Saya punya prinsip dan ambisi yang sejalan dengan proyek tim. Progress mereka di musim dingin lalu memberikan kredibilitas pada tujuan untuk musim 2022 dan saya akan membagi semua pengalaman balap saya dengan semua orang mulai dari engineer sampai mekanik dan rekan setim saya. Tim menginginkan dan memiliki sarana untuk kembali naik podium, seperti halnya saya.”

Selain dua gelar juara dunia (2005, 2006), Alonso sepanjang karirnya di F1 telah meraih 32 kali kemenangan. Dari 311 kali balapan yang diikutinya, Alonso 22 kali start dari pole position dan 202 kali finish dengan poin. Selain kemenangan, total sudah 97 kali Alonso berdiri di podium F1.

Karirnya di F1 dimulai dengan bergabung ke tim Minardi, pada tahun 2001. Setahun kemudian Alonso bergabung ke Renault untuk menjadi test driver, sebelum dipromosikan pada 2003. Alonso menjadi pembalap yang hentikan dominasi Michael Schumacher pada 2005 dan 2006. McLaren menjadi tim berikutnya, yang dibelanya hanya satu tahun pada 2007.

Kecewa dengan McLaren, Alonso kembali ke Renault selama dua musim pada 2008 dan 2009. Pada 2010 Alonso berseragam merah menjadi pembalap Ferrari, nyaris menambah gelar juaranya pada 2010 dan 2012. Ferrari ditinggalkannya pada musim 2015 untuk bergabung ke proyek McLaren-Honda, yang akhirnya berujung kekecewaan dan berpisah pada akhir 2018.

Sumber: Formula 1, Motorsport

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Bingung Pilih Toyota Calya Atau Daihatsu Sigra? Simak Ulasan Ini!

Menjelang liburan akhir tahun biasanya tren penjualan mobil naik, mengikuti kebutuhan mudik. Andai keperluan dan ketersediaan finansial berada di segmen LCGC. Ada dua opsi...

Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition vs Suzuki XL7 Alpha, Pilih Mana?

Edisi terbatas sering menjadi senjata pabrikan otomotif untuk memikat pelanggan. Lantaran tak banyak dijual, memberikan kesan eksklusif. Salah satunya Xpander Cross Rockford Fosgate Black...

Hypercar Elektrik, Pininfarina Battista Tawarkan Isi Baterai Gratis Selama Lima Tahun

Geneva Motor Show 2019 menjadi saksi lahirnya hypercar elektrik berwujud cantik, Pininfarina Battista. Diklaim sebagai mobil paling bertenaga yang pernah didesain dan diciptakan di...

Rutin Ganti Pelumas Mobil Lubricants, Menangkan Ratusan Hadiah Langsung

TANGERANG, Carvaganza -- Perawatan mesin secara rutin dan berkala menjadi salah satu cara untuk menjaga mesin kendaraan Anda tetap awet dan prima. Perhatikan beberapa...

Bugatti Bolide, Hypercar Ekstrem 1.824 Hp yang Siap Pecahkan Rekor

MOLSHEIM, Carvaganza.com - Sosok hypercar misterius yang baru-baru ini Bugatti tes di Paul Ricard, Perancis akhirnya resmi diungkap ke publik. Adalah Bugatti Bolide, nama...