Pengguna Aplikasi Digital Mitsubishi Naik 65 Persen Selama COVID-19

JAKARTA, Carvaganza.com – Menyebarnya wabah corona (COVID-19) rupanya ikut merubah kebiasaan. Termasuk soal layanan konsumen. Penggunaan aplikasi digital untuk servis mobil kini menjadi pilihan konsumen di masa pandemic. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menyebutkan sekitar 65 persen pelanggannya kini manfaatkan platform digital untuk layanan purna jual.

Menurut Head of After Sales Planning & Marketing Department MMKSI, Ronald Reagan komposisi konsumen yang mengajukan layanan perbaikan melalui aplikasi digital di perusahaannya kini mencapai 55 persen. Angka itu belum termasuk konsumen yang bertanya melalui sosial media sebesar 10 persen. Sehingga, total komposisi pengguna layanan digital MMKSI mencapai 65 persen.

“Kami amati, terlihat kenaikan signifikan dari konsumen yang akses mobile apps. Jadi pertanyaan atau permintaan servis dapat dari melalui mobile apps sebesar 55 persen dan sosial media 10 persen," kata Ronald Reagan dalam sebuah diskusi virtual dengan media, kemarin.

Ronald mengatakan, sebagian besar konsumen yang menggunakan platform digital bertanya terkait layanan servis dan perpanjangan garansi. "Dari data yang masuk, kebanyakan permintaan untuk free service dan perawatan service 10 ribu kilometer," kata dia.

Menurut Ronald, layanan service berbasis digital ini menjadi sarana penghubung bagi pelanggan untuk tetap memenuhi kebutuhan layanan service-nya. Peningkatan permintaan layanan Home Serive dan Pick Up Service di masa PSBB ini menunjukkan bahwa konsumen tetap membutuhkan layanan perawatan dan perbaikan kendaraannya.

Mitsubishi memiliki layanan mobile apps "My Mitsubishi" yang menawarkan booking service, menemukan diler terdekat, test drive, riwayat servis mobil hingga layanan darurat bengkel siaga 24 jam.

Baca juga: Ini Layanan Mitsubishi Bagi Konsumen Selama Pandemi COVID-19


Home Service


Mengenai layanan selama masa COVID-19, Ronald Reagen mengatakan Mitsubshi memiliki layanan Home Service ke rumah pemilik kendaraan. Ada juga Vehicle Pick-up, layanan penunjang perawatan kendaraan dengan melakukan penjemputan kendaraan ke rumah pelanggan sehingga pemilik mobil tidak perlu keluar rumah.

Selama periode April-Mei 2020, permintaan layanan home service melonjak 18% hingga 20% saat PSBB dibandingkan dengan kondisi normal. “Hal itu menunjukkan konsumen masih membutuhkan pelayanan di masa PSBB,” kata Ronald Reagen.

Di saat yang sama, Mitsubishi juga memperpanjang tenggat garansi mobil konsumen yang habis masa berlakunya pada periode 13 Maret – 31 Mei 2020. Perpanjangan ini berlaku untuk seluruh model kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi Motors di Indonesia. Ini juga berlaku bagi pelanggan yang tidak dapat melakukan perbaikan mobil dan masa berlaku "Free Service & Smart Package"

Nantinya pelanggan yang mendapatkan perpanjangan masa garansi dapat melakukan perbaikan saat pandemik virus corona (COVID-19) berakhir, atau jika kondisi membaik di waktu yang kondusif.

Untuk melakukannya, pelanggan dapat menghubungi diler terdekat untuk mengajukan garansi serta memperbaiki kendaraan setelah situasi lebih kondusif. Caranya, pelanggan membawa service booklet kendaraannya ketika akan mengajukan perpanjangan garansi.

Baca juga: Mitsubishi Motors Perpanjang Masa Garansi dan Free Service Kendaraan

RAJU FEBRIAN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda