MINI Hopkirk Edition Bawa Nuansa Kemenangan Reli Monte Carlo

OXFORD, Carvaganza.com – MINI tampaknya rajin merilis model-model edisi khusus sepanjang tahun 2020 ini, untuk negara-negara tertentu juga. Yang terbaru, kini hadir MINI Hopkirk Edition yang tampil dengan sentuhan ala mobil reli era klasik. MINI ingin memberi tribute kepada kejayaan salah satu perelinya di masa lalu lewat edisi ini.

Edisi terbatas berbasis MINI Cooper S Hatchback ini, hanya dipasarkan untuk konsumen seperti di Amerika Serikat dan Inggris. Unit akan mulai tersedia pada bulan November 2020 mendatang. Kemenangan MINI pada Monte Carlo Rally 1964 yang menjadi highlight dibuatnya edisi ini. Saat itu, kemenangan diraih bersama pereli bernama Patrick ‘Paddy’ Hopkirk, asal Irlandia.

Saat itu, Hopkirk meraih kemenangan dalam usia 30 tahun, memacu Mini Cooper. Livery khusus mirip mobil reli tersebut diadopsi oleh MINI Hopkirk Edition. Eksterior eksklusif memakai cat warna merah, dihiasi striping khas MINI berwarna putih. Body dihiasi nomor 37 yang khas di pintu. Lalu striping di kap mesin diimbuhi tanda tangan sang pereli, serta embos ‘33 EJB’ yang merupakan plat nomor mobil reli tersebut.

Sentuhan tanda tangan Hopkirk juga dipasang pada door sills, panel dashboard penumpang, serta pintu bagasi. Velg John Cooper Works (JCW) 17 inci bawaan Cooper S dibalut dengan warna hitam. Warna senada dipakai juga pada grille yang serba hitam, handle pintu, tutup tangki BBM, bezel lampu depan dan belakang, serta logo MINI di belakang.

Beberapa fitur yang menajadi opsional pada model reguler menjadi standar di edisi ini. Sebut saja lampu utama LED, aksen Union Jack pada lampu belakang, Excitement Package, dan Comfort Access.

Sektor jantung pacu tidak ada perubahan. Masih mengandalkan spesifikasi bawaan mesin 2,0 liter turbo, yang menghasilkan tenaga 189 hp dan torsi 281 Nm. Memang meski eksklusif, performanya tidak sebuas MINI JCW yang memiliki tenaga sampai 228 hp. Kemampuan akselerasi MINI Hopkirk Edition bahkan standar, yaitu 0-100 km/jam dalam waktu 6,5 detik, dibandingkan JCW yang 5,9 detik.

Untuk memilikinya, MINI mematok harga mulai dengan £ 27.405 atau setara dengan Rp 518,3 jutaan. Dan jika penasaran seberapa eksklusifnya MINI Hopkirk Edition ini, hanya ada 100 unit yang diproduksi dari Oxford, Inggris. Tidak bedanya di Indonesia, MINI sudah merilis beberapa model terbatas juga. Sepanjang 2020 ini sudah meluncur MINI GT Edition, Rosewood Edition, dan Countryman Blackheath Edition.

Sumber: Carscoops



WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda