Beranda New Cars Mercedes-AMG GT Black Series Kembalikan Takhta Varian Terbuas

Mercedes-AMG GT Black Series Kembalikan Takhta Varian Terbuas

AFFALTERBACH, Carvaganza.com – Mercedes-AMG telah melahirkan senjata pelahap sirkuit terbarunya, yang mengembalikan moniker Black Series ke line up mereka. Menjadi varian terbuas, Mercedes-AMG GT Black Series akhrinya diluncurkan. Mercedes menempatkannya sebagai mobil super sport, yang sanggup melawan barisan para supercar.

Menjadi varian tertingi dari AMG GT atas GT R, mobil ini mengembalikan nama Black Series sejak SLS AMG Black Series. Nama tersebut terakhir diluncurkan ke pasar pada tahun 2012, disertai sejumlah model AMG lainnya. Pada model terbaru, GT Black Series diklaim menjadi wujud sempurna dari tradisi AMG yang kaya di motorsport.

Berbagai peningkatan performa dilakukan tidak hanya dari mesin, namun juga pada sektor aerodinamika dan chassis. Mulai dari mesin, unit V8 4,0 liter twin-turbo bawaan AMG GT ditingkatkan hingga bertenaga 720 hp dan torsi 800 Nm. Tenaga yang lebih ganas ini sudah setara dengan supercar seperti McLaren 720S dan Ferrari 488 Pista.

Mesin menerapkan konfigurasi flat-plane crank, berikut crankshaft baru, saluran knalpot baru, dan system pelumasan dry slump. Begitu juga dengan mekanisme pembakarannya, Mercedes membuatnya beroperasi dalam urutan yang berbeda pada setiap silinder. Bahkan dipakai juga roda kompresor turbocharger lebih besar untuk menghasilkan suara yang lebih menggoda.

Jantung pacu V8 dipadukan dengan transmisi otomatis cual-clutch 7-speed yang diperkuat untuk megnakomodasi torsi yang meningkat. Untuk melesat 0-100 km/jam, dapat dilakukan GT Black Series dalam waktu 3,2 detik, sementara 0-200 km/jam tidak sampai 9 detik. Fitur bawaan dari GT R dipertahakan, yaitu traction control yang bisa diatur dalam 9 tingkat demi optimalisasi output delivery.

Upgrade aerodinamika menjadi yang paling mencolok dari keseluruhan GT Black Series. Peningkatan downforce sangat ditekankan di seluruh sisi, menyerupai AMG GT4 dan GT3. Mulai dari spoiler depan, kini dilengkapi splitter serat karbon lebih besar, disertai canard dan intake lebih besar. Ventilasi ekstra disematkan pada sisi atas fender depan, juga kap mesin panjangnya. Side skirt semakin agresif dan membesar, demi memaksimalkan aerodinamika ground effect.

Velg forged alloy 19 inci menghuni sepatbor depan, sementara di belakang 20 inci, yang seluruhnya bersepatu Michelin Pilot Sport Cup 2 R. Paling ekstrem adalah fascia belakang. Selain diffuser yang jauh membesar dan agresif, sayap belakang kini kayaknya mobil balap. Dengan dua buah bilah bertingkat, bilah atas kini bisa aktif secara elektris, menyesuaikan kebutuhan grip di setiap kecepatan. Sudut sayap elektris ini bisa disesuaikan baik secara otomatis, atau manual sesuai keinginan pengemudi.

Penguatan pada chassis diberikan pada aplikasi suspensi coil-over dan sistem damper adaptif, berikut anti-roll bars dan adjustable camber. Material serat karbon mendominasi eksterior, termasuk pada panel atap. Roll cage ala mobil balap tidak ketinggalan menghiasi kabin, yang terpasang di belakang kokpit.

Pengemudi dan penumpang di depan dimanjakan oleh bucket seat serat karbon, yang dilapisi material kulit Nappa. Bagian lain dari interior diberi sentuhan microfiber, serta aksen jahitan oranye yang kontras, serta tim serat karbon hitam. Material microfiber ikut membalut lingkar kemudi, sementara pintu menggunakan panel ringan dengan tali simpul kulit sebagai handle.

Untuk saat ini tidak disebutkan berapa banderol yang harus disediakan untuk meminang GT Black Series ke garasi Anda. Namun Mercedes-AMG masih menyediakan opsi tambahan AMG Track Package yang meliputi sabuk empat titik, pemadam api dan roll cage titanium. Namun sayangnya paket tersebut hanya ditawarkan untuk konsumen di negara tertentu.

Sumber: Carscoops

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

F1: Adu Strategi, Verstappen Taklukkan Mercedes di Silverstone

SILVERSTONE, Carvaganza,com – Butuh lima seri setidaknya musim ini untuk Formula 1 mendapatkan pemenang balap selain Mercedes. Berjaya lewat strategi jitu, Max Verstappen finish...

Mercedes-Benz Indonesia Kembali Beri Bantuan untuk Warga di Wanaherang

JAKARTA, Carvaganza – Guna membantu meringankan beban warga akibat dari pandemi COVID-19, karyawan Mercedes-Benz Indonesia kembali mengulurkan tangan mengadakan aksi sosial program donasi. Melalui...

Tambah Jaringan, Resmi Dibuka Wuling Arista Cimahi

CIMAHI, Carvaganza -- Pandemi COVID-19 memberikan pukulan yang cukup berat bagi semua sektor dan ekonomi nasional. Salah satunya adalah sektor otomotif yang sangat terdampak...

Top 20 Desain Terbaik Honda Brio Virtual Modification #3

JAKARTA, Carvaganza – Ajang modifikasi Honda Brio Virtual Modification #3 mampu menarik perhatian para desainer dan modifikator Tanah Air. Sejak dibuka 11 Mei lalu...

BMW E30 1989 Custom, Modifikasi Suka-Suka a la Marenno

JAKARTA, Carvaganza – Modifikasi mobil ibarat refleksi diri. Seperti apa ubahan yang dilakukan pada mobil seperti itulah gaya si pemilik. Hal itulah yang dilakukan...