Beranda New Cars Mazda3 Turbo Segera Meluncur Awal Juli, Penerus Mazdaspeed3?

Mazda3 Turbo Segera Meluncur Awal Juli, Penerus Mazdaspeed3?

Mazda3

HIROSHIMA, Carvaganza.com – Mazda pernah memiliki lini model performa tinggi dengan mesin turbo beberapa masa lalu, sebelum beralih ke teknologi yang lebih efisien belakangan ini. Namun tidak lama lagi, Mazda akan kembali punya model turbo kencang. Mazda3 Turbo kabarnya akan segera meluncur resmi pada awal bulan Juli 2020.

Hal tersebut ditandai oleh Mazda USA dengan mengunggah teaser di media sosial, dengan tema “Prepare For Launch”. Menurut Car and Driver, peluncuran Mazda3 Turbo akan berlangsung pada 8 Juli 2020. Mobil ini sejauh ini ditujukan untuk pasar Amerika Serikat.

Diyakini sebagai peluncuran sebuah versi kencang karena dalam cuitan balasan dituliskan, “Power comes for those who wait.” Ya, hatchback kencang Mazda mungkin cukup diantisipasi karena dalam sejarahnya, AS kebagian model performa Mazdaspeed3. Pun sudah banyak desas-desus kedatangan Mazda3 bermesin turbo untuk menambah varian model 2021. Dilaporkan pertama kali oleh Jalopnik bahwa Mazda3 Hatchback Turbo eksis dalam data jaringan diler di AS.

Konon Mazda3 hatchback bakal mengadopsi mesin milik CX-9 atau Mazda6. Mesin dimaksud yaitu unit empat silinder 2,5 liter turbo yang sanggup mengail tenaga 250 hp dibarengi torsi puncak 420 Nm. Kalau benar menyiapkan figur sebesar ini, tentu Mazda3 akan semakin menyenangkan. Bagaimana tidak, tingkatan ini berada di kelas Volkswagen Golf GTI, apalagi di AS tersedia opsi penggerak FWD dan AWD.

Akankah ia menjadi penerus Mazdaspeed3? Secara di AS pernah beredar hot-hatch Mazda3 namun harus berakhir pada 2014. Tidak main-main, ia memiliki potensi tenaga sebesar 263 hp. Torsi juga berlimpah, gelontorkan seluruh kekuatan memuntir 379,6 Nm ke roda depan. Kehebatan ini dibungkus komponen gaya bernuansa agresif kekanakan seperti hood scoop dan spoiler. Disudahi wajah nyengir, bak dipenuhi gejolak emosi remaja.

Namun tampaknya Mazda3 Turbo tidak berjalan ke arah itu. Meski tidak ada bocoran foto atau sketsa desain, setidaknya dijelaskan sendiri oleh penamaan trim. Melansir Hagerty, dipastikan tidak ada model Mazdaspeed untuk 2021 dan sang hatchback turbo direkatkan identitas trim Premium Plus. Juga hanya tersedia dalam varian bertransmisi otomatis. Terdengar dewasa bukan? Selaras dengan arahan desain Kodo terkini yang seakan menjunjung tinggi konsep elegan dan premium.

Mazda USA dikabarkan turut menyiapkan edisi spesial “100th Anniversary”. Ialah Mazda3 Hatchback Turbo dengan baju Snowflake White Pearl dan interior merah. Sektor mekanikal dibangun dari basis turbo bertransmisi otomatis, disokong kemampuan penggerak empat roda.

Belum selesai sampai disitu karena dirumorkan model 2,0 liter datang mengisi kasta terendah Mazda3. Bukan hal baru bagi kita mendengar unit 2,0 liter di Mazda3 karena itulah pemacu yang beredar di Tanah Air. Namun beda cerita di AS karena hingga saat ini seluruh varian menggendong mesin 2,5 liter Naturally Aspirated (NA).

Sumber: Hagerty, Caranddriver, Jalopnik

AHMAD KARIM | WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto