Beranda EDITOR'S PICKS KOMPARASI: Apakah Avanza Lebih Unggul dari Xpander dan Ertiga?

KOMPARASI: Apakah Avanza Lebih Unggul dari Xpander dan Ertiga?

JAKARTA, 18 Januari 2019 – Kehadiran Toyota New Avanza dan New Veloz menjadi perbincangan hangat dunia otomotif dalam beberapa pekan terakhir. Kehadiran Avanza, dan kembarannya Daihatsu Grand Xenia, menjadikan persaingan segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) menjadi semakin panas.

Sejak kehadirannya tahun 2003, Avanza memang menjadi fenomena sendiri. Mobil ini selalu menjadi model dengan penjualan terbanyak dari semua model yang dijual di Indonesia. Namun pada 2017, Avanza mendapat lawan baru yaitu Mitsubishi Xpander. LMPV Mitsubishi ini ternyata mampu merebut hati konsumen Tanah Air. Bahkan dalam beberapa kali, Xpander mampu menjadi model terlaris dalam data penjualan bulanan Gaikindo.

Kini dengan kehadiran model terbaru Avanza dan Xenia, peta persaingan segmen ini tentunya akan ada pergolakan baru. Jangan lupa, selain Avanza dan Xpander, di segmen ini juga ada Xenia, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, Nissan Grand Livina, dan pendatang baru lainnya Wuling Confero S.

Nah, berikut Carvaganza akan membahas persaingan antara Avanza, Xpander, dan Ertiga dari beberapa sisi. Apa saja?

PERSAINGAN HARGA

Keputusan Toyota untuk tidak menaikkan harga Avanza bisa jadi strategi jitu. Pasalnya, model termurah Avanza kini memiliki harga jual paling rendah dibandingkan Suzuki dan Mitsubishi. Toyota Avanza termasuk Veloz ditawarkan 12 varian dengan harga mulai Rp 188,6 juta sampai Rp 239,4 juta.

Sedangkan Suzuki hanya menawarkan 7 varian yang harganya sedikit lebih mahal mulai dari Rp 196 juta hingga Rp 241,5 juta. Mitsubishi menawarkan 8 varian mulai dari Rp 204,1 juta hingga Rp 258,9 juta. Memang Mitsubishi memiliki harga jual yang lebih mahal daripada keduanya, lantas apa saja perbedaan ketiganya?

TAMPILAN EKSTERIOR

Secara tampilan, ketiganya sama-sama mengadopsi model modern dan terlihat lebih mewah. Hanya saja, Toyota Avanza belum menggunakan Daytime Running Light (DRL) sepeti Mitsubishi Xpander dan Suzuki Ertiga. Meskipun ketiganya sudah menggunakan LED pada bohlam lampu utamanya.

Kemudian, untuk spion sudah mengadopsi retrack dan pengaturan elektrik. Hal ini tentunya memudahkan pengemudi untuk mengatur posisi spion yang nyaman dan tidak mengganggu pandangan.

Mitsubishi Xpander juga memiliki ruang kabin lebih panjang dan lebar jika dibandingkan Suzuki Ertiga maupun Toyota Avanza. Ruang kabin lega, tentu membuat posisi duduk di baris ketiga tentu lebih lega. Bahkan ruang kargo juga menjadi tambah luas pastinya.

KENYAMANAN INTERIOR

Kabin lega memang identik untuk mobil Low MPV ini. Hal ini dikuasai oleh Mitsubishi Xpander yang punya kabin lebih lega dari ketiganya. Kenyamanan juga menjadi tolak ukur ketiganya. Secara subjektif, Carvaganza lebih mendapat kenyamanan saat duduk di baris kedua Xpander meskipun Ertiga juga lebih baik daripada Avanza yang lebih kaku dan keras.

Layout daskbor Avanza tidak banyak diubah oleh Toyota. Tapi ia tampil lebih modern mengikuti Honda Mobilio yang kini menggunakan head unit layar sentuh dan pengaturan AC secara digital. Sedangkan Xpander dan Ertiga masih analog model putar. Lebih mewah bukan?

Untuk membuat nyaman penumpang, pada tipe tertinggi yaitu Veloz 1.5 A/T sudah dibekali layar tv di plafon tengah untuk baris kedua dan ketiga. Meskipun bagi Carvaganza terlihat seperti ala-ala modifikasi tapi bolehlah karena Xpander dan Ertiga belum ada layar TV. Tapi ketiganya sudah dibekali dengan power outlet dan usb port untuk men-charge gadget tentunya.

Toyota Avanza masih mempertahankan penggerak roda belakang dibandingkan keduanya yang menggunakan penggerak roda depan. Tapi jika generasi Avanza sebelumnya terbilang limbung, kali ini klaim Toyota mobil ini akan lebih stabil.

PERFORMA MESIN

Mitsubishi Xpander memiliki mesin yang lebih unggul daripada keduanya. Kapasitas mesin ketiganya sama yakni 1.5 liter, hanya saja tenaga milik Xpander lebih besar dari Ertiga dan Avanza. Carvaganza menyakini bahwa sebenarnya Avanza dihadirkan lebih tepat untuk mobil keluarga yang berjalan santai.

Ketiganya juga ditawarkan dengan dua pilihan transmisi yaitu manual 5-kecepatan dan otomatis 4-kecepatan.

FITUR-FITUR

Bagi sebuah mobil Low MPV berbagai fitur juga menjadi perhatian para pembuat mobil. Avanza Veloz harus mengakui kalah dari Ertiga dan Xpander. Bagi mobil yang sudah 15 tahun kehadirannya di Indonesia ini hanya mengubah sektor suspensi menjadi lebih rigid dengan gardan yang lebih besar untuk membuatnya stabil.

Sedangkan Suzuki Ertiga sudah disematkan tombol untuk fitur ESP (Electronic Stability Program) yang juga ada pada Mitsubishi Xpander dikenal dengan ASC (Active Stability Control).

Ada juga fitur HSA (Hill Start Assist) yang disematkan pada Mitsubishi Xpander dan Suzuki Ertiga. Pada Suzuki fitur ini diberi nama HHC (Hill Hold Control). Tujuannya untuk mengaktifkan rem otomatis demi menahan bobot mobil tidak mundur saat sedang menanjak.

Tapi mungkin ini salah satu alasan Toyota tidak menyematkan fitur tersebut. Karena keduanya menggunakan penggerak roda depan, sehingga fitur tersebut dapat membantu meringankan roda penggerak. Sedangkan, Avanza dapat mendorong mobil leluasa karena ia menggunakan penggerak roda belakang.

Setelah mengamati beberapa keunggulan dan kekurangan yang ada pada ketiga mobil Low MPV tersebut, rasanya Carvaganza dapat membantu Anda untuk menentukan pilihan terbaik dalam memilih mobil keluarga yang sesuai kebutuhan Anda.

SPESIFIKASI MITSUBISHI XPANDER

Layout kendaraan: MPV, mesin depan, 5 pintu, 7 penumpang, FWD
Mesin: 4A91 MIVEC DOHC 15 valve 1.5L/ 105 hp @6000 rpm/ 141 Nm @ 4000 rpm.
Transmisi: A/T 4-kecepatan
PxLxT: 4475 x 1750 x 1700 mm
Wheelbase: 2775 mm
Groundclearance: 205 mm
Kapasitas tangki BBM: 45 liter
Rekomendasi BBM: Ron 92

SPESIFIKASI AVANZA VELOZ 1.5 A/T

Layout kendaraan: Low MPV, mesin depan, 5 pintu,5 penumpang, RWD
Mesin: 1.5L IL 4-cyclinder Dual VVT-i / 102Hp @6000rpm / 136Nm @4200rpm
Transmisi: Otomatis 4-kecepatan
P x L x T: 4190 x 1660 x 1695 mm
Wheelbase: 2655 mm
Ground clearance: 205 mm
Kapasitas Tangki: 45 liter
Rekomendasi BBM: Ron 92

SPESIFIKASI SUZUKI ALL NEW ERTIGA A/T

Layout kendaraan: Low MPV, mesin depan, 5 pintu,5 penumpang, FWD
Mesin: K15B DOHC VVT 1.5L / 103Hp @6000rpm / 138Nm @4400rpm
Transmisi: Otomatis 4-kecepatan
P x L x T: 4395 x 1735 x 1690 mm
Wheelbase: 2740 mm
Groundclearance: 180 mm
Kapasitas Tangki: 45 liter
Rekomendasi BBM: Ron 92

Nah dari beberapa perbandingan tersebut, bagaimana pendapat Anda? Yang mana pilihan Anda? Silahkan tulis penilaian dan pendapat Anda di kolom komentar di bawah.

VALDO PRAHARA

Video Terbaru Youtube Carvaganza



Last Updates

Potensi Masalah Side Foot Step, Mitsubishi Perbaiki 1.747 Triton di Indonesia

JAKARTA, 18 Oktober 2019 -- PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengumumkan program Field Fix Campaign (Kampanye Perbaikan)...

Fitur Parfum SUV Peugeot Tegaskan Karakter Personal Pemiliknya

JAKARTA, 18 Oktober 2019 – Peugeot punya cara unik memanjakan penggunanya. Pabrikan mobil asal Prancis itu melengkapi kendaraan terbarunya dengan...

Toyota Tampilkan Versi Produksi BEV di Tokyo Motor Show 2019

TOKYO, 18 Oktober 2019 – Toyota akan tampil dengan teknologi terbarunya di ajang 46th Tokyo Motor Show 2019. Pabrikan raksasa...

GALERI FOTO: Mahindra Scorpio Pikup, Mobil 4×4 Termurah

BOGOR, 17 Oktober 2019 - Menyusul Tata Motors, Mahindra kini resmi hadir di Indonesia sebagai pabrikan asal India untuk meramaikan segmen pasar kendaraan niaga....

10 Program Unggulan Siap Ramaikan IIMS Surabaya 2019

SURABAYA, 17 Oktober 2019 – Pameran otomotif di penghujung tahun akan digelar yaitu Indonesia International Motor Show (IIMS) Surabaya 2019 pada...