Beranda EDITOR'S PICKS Hyundai Tucson N Line 2019, High-Performance Version

Hyundai Tucson N Line 2019, High-Performance Version

MUNGKIN ada yang bertanya-tanya apa sih Hyundai N Line? Terutama setelah pabrikan Korea Selatan ini meluncurkan Hyundai i30 N Line pada awal 2018. Setelah itu menyusul i30 Fastback N Line. Dan sekarang lahir Hyundai Tucson N Line.

Tucson adalah SUV pertama Hyundai yang mendapat penambahan N yang memang dari tampang memiliki perbedaan dengan Hyundai Tucson versi standar. Penambahan huruf N untuk Tucson ini mengartikan bahwa mobil ini adalah Tucson yang sudah mendapatkan paket  high-performance.

Basis pengembangan Hyundai N Line ini berdasarkan pengalaman pabrikan yang bermarkas di Seoul ini di ajang Kejuaraan Dunia Reli WRC. Pengalaman yang ditimba oleh tim reli Hyundai Motorsport yang berlokasi di Alzenau, Jerman, tersebut lalu diaplikasikan ke dalam road car dengan memberikan sentuhan pertamanya pada Hyundai i30 N Line.

Lantas kenapa Hyundai merilis Tucson versi N? Ya apalagi kalau bukan karena pasar dan sebagai pabrikan mobil, Seoul membutuhkan platform kampanye untuk memperkokoh keseriusan pabrikan dalam mengembangkan inovasi teknologi otomotif. Pabrikan mengakui bahwa permintaan terhadap i30 N Line  di pasar Eropa begitu tinggi, makanya mereka mengekspansi model ke Tucson agar memiliki tampang dan feeling N.

Sebetulnya kehadiran N Line mirip dengan BMW mengeluarkan M Series atau Mercedes-Benz merilis versi AMG. “Dengan lahirnya New Tucson N Line, Hyundai memberikan kendaraan yang memiliki feeling pengendaraan sporty kepada konsumen yang menginginkan SUV yang nyaman dan fungsional,” ujar Andreas-Christoph Hofmann, Vice President Marketing and Product Hyundai Motor Europe. “Tucson adalah model kami yang paling laris di Eropa dan diposisikan tepat di jantung brand kami, jadi kami benar-benar merasa gembira bisa memperkenalkan karakter N Line di segmen ini kepada konsumen kami.”

Tucson yang yang ditawarkan dengan spesifikasi N Line memiliki tampang yang lebih agresif. Kesan ini didapatkan karena pabrikan melakukan penyempurnaan di sejumlah bagian eksterior yaitu pada bagian pinggir grille depan diberi aksen hitam dan bumper depan didesain baru yang dikembangkan khusus untuk N Line.

Kesan dark side diperoleh juga dari pemakaian velg 19 inci berwarna hitam, kaca spion hitam dan spoiler belakang hitam. Pola Daytime Running Light (DRL) LED untuk N Line juga dibuat unik, sedangkan handle pintu dibuat warnanya sama dengan warna bodi mobil.

Yang perlu diingat adalah penyempurnaan yang dilakukan pada Tucson N Line pun bukan sekadar penyempurnaan paket kosmetik, melainkan sudah cukup signifikan. Karena merambah juga pada penyempurnaan pengemudian dan setingan suspensi untuk mempertinggi sensasi berkendara. Per suspensi depan dibuat lebih kaku delapan persen dan di bagian belakang 5 persen, sedangkan pada pengemudian dilakukan penyesuaian software agar feeling pengemudian terasa lebih langsung dan kuat.

Pada bagian dalam mobil, khusus untuk N Line sudah memakai jok sport berbahan kulit-suede dengan logo N. Kesan sporty juga bertambah kuat lagi berkat jahitan berwarna merah pada jok dan setir. Pedal gas dan rem terbuat dari alloy dan tuas transmisi dilapisi kulit dengan aksen N dan garis merah memanjang. Hyundai Tucson N Line ini didesain, diuji dan dibuat di Eropa dan dijual di seluruh wilayah Eropa dengan sembilan pilihan warna.

Technical Centre Hyundai di Russelsheim, Jerman, tidak menambahkan tenaga lagi untuk tiga pilihan mesin yang disediakan untuk mobil. Tiga pilihan mesin itu adalah mesin diesel 2.0 liter bertenaga 182 hp yang dibantu oleh sistem mild hybrid 48V dan mesin bensin 1.6 liter bertenaga 174 hp. Pilihan ketiga adalah mesin diesel 1.6 liter bertenaga 134 hp yang dikombinasikan dengan sistem mild hybrid 48V. Ketiganya dikombinasikan dengan transmisi otomatis dual-clutch 7-kecepatan dan manual enam kecepatan yang mengalirkan tenaga ke sistem penggerak 2WD dan 4WD.

Soal detail spesifikasi belum dipublikasikan, begitu juga dengan harga untuk versi N Line. Hyundai Tucson N Line ini akan mulai dijual di Eropa pada bulan Mei 2019, dan setelah itu baru di Amerika Serikat. Hmm, di Indonesia kapan ya masuknya.

Spesifikasi Hyundai Tucson N Line 2019

Layout kendaraan: SUV, mesin depan, 4 pintu, 5 penumpang, 2WD & $WD
Mesin: Diesel 2.0L/182 hp + mild hybrid 48V; Diesel 1.6L/ 134 hp + mild hybrid 48V; Bensin 1.6L/174 hp
Transmisi: AT 7-kecepatan dual clutch; MT 6-kecepatan.
Dimensi PxLxT: 4480 x 1850 x 1650 mm
Wheelbase: 2670 mm
Ground clearance: 162 mm
Curb weight: 1583 – 1634 kg
Kapasitas tangki BBM: 62 liter
Rekomendasi BBM: RON 92

EKA ZULKARNAIN

Video Terbaru Youtube Carvaganza