Honda Siap Kembangkan Bisnis Kendaraan Otonom di Jepang

  • Honda MaaS
  • Honda MaaS
  • Honda MaaS

JAKARTA, Carvaganza – Industri otomotif yang terus tumbuh di seluruh dunia mendorong beberapa pabrikan untuk menghasilkan produk terbaiknya. Tak terkecuali Honda yang baru saja mengumumkan akan memulai program pengujian kendaraan otonomnya pada September 2021. Diadakannya program tersebut sebagai salah satu langkah Honda untuk menuju bisnis layanan mobilitas kendaraan otonom di Jepang. Dalam program ini, Honda berkolaborasi dengan beberapa perusahaan lain seperti Cruise dan General Motors. 

Honda menggelar program pengujian layanan mobilitas kendaraan otonom ini di dua tempat yakni kota Utsunomiya dan kota Haga, Prefektur Tochigi, Jepang. Pada rangkaian awal, Honda menyiapkan pengujian secara menyeluruh dengan membuat peta di area tersebut dengan definisi tinggi menggunakan kendaraan khusus untuk pemetaan. Setelah peta tersebut selesai, kendaraan otonom, Cruise AV akan memulai perjalanan dan dikendarai di jalan umum pada 2022 mendatang. 

Cruise AV sendiri merupakan kendaraan otonom yang dikembangkan oleh General Motor yang ditujukan untuk keperluan khusus pemetaan. Nantinya Honda akan melakukan pengembangan dan pengujian kendaraan otonomnya yang disesuaikan dengan lingkungan lalu lintas serta undang-undang peraturan di Jepang. Karena kendaraan pada umumnya kendaraan otonom wajib mengikuti aturan lalu lintas dan diikuti oleh penumpang di dalam kendaraan. 

Honda MaaS

Selain itu, proses pengembangan dan pengujian kendaraan otonom ini akan dilakukan oleh Honda, Cruise dan General Motor di fasilitas Honda di Tochigi, Jepang. Ketiganya dikenal sebagai raksasa otomotif yang menghadirkan kendaraan-kendaraan berteknologi tinggi di setiap masanya. 

Baca Juga: BMW 750iL E38 Milik Tupac Dijual Rp 28,5 Miliar, Berminat Beli?

Honda juga berkomitmen untuk meluncurkan bisnis kendaraan otonom (MaaS) di Jepang dengan menggunakan Cruise Origin. Kendaraan tersebut nantinya akan dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan bisnis layanan kendaraan otonom di Jepang. Honda Mobility Solution CO., Ltd., yang merupakan anak perusahaan Honda untuk bisnis Mass akan ditunjuk sebagai operator bisnis tersebut di Jepang. 

Dengan adanya program ini, Honda juga akan berusaha untuk menciptakan nilai baru untuk mobilitas dan kehidupan sehari-hari masyarakat di masa depan. Diharapkan dengan adanya layanan kendaraan otonom ini akan menjadi satu hal menarik bagi konsumen dan memberikan kemudahan-kemudahan bagi pengguna kendaraan otonom.

Honda MaaS

“Kolaborasi dengan Cruise ini akan memungkinkan terciptanya nilai baru untuk mobilitas dan kehidupan sehari-hari masyarakat, yang kami perjuangkan di bawah Visi 2030 Honda untuk melayani orang-orang di seluruh dunia dengan kegembiraan mengembangkan potensi hidup mereka. Melalui kolaborasi aktif dengan mitra yang memiliki minat dan aspirasi yang sama, Honda akan terus mempercepat realisasi bisnis kendaraan otonom MaaS kami di Jepang,” kata Takahiro Hachigo, President & Representative Director, Honda Motor Co, Ltd.
ALVANDO NOYA / WH

Baca Juga: Hyundai Semakin Dekati Konsumen, Buka City Store di Pondok Indah Mall 3

Mobil Honda Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature