Gagal Pakai GR Yaris, Toyota Rilis Livery Baru untuk WRC 2021

TOKYO, Carvaganza – Toyota Gazoo Racing (TGR) menunjukkan diri sebagai tim motorsport paling siap untuk menghadapi musim kompetisi baru. Menyusul diperkenalkannya Toyota GR010 Hybrid untuk ajang endurance, Toyota juga merilis versi baru Yaris WRC untuk musim 2021. Namun untuk edisi baru ini, Toyota hanya mengganti livery pada Yaris WRC, bukannya mobil generasi baru.

Seperti namanya, Yaris WRC 2021 adalah mobil kompetisi untuk berjuang di World Rally Championship (WRC). Mobil ini meneruskan perjuangan dari generasi yang telah dipakai sejak debut tahun 2017, setahun lebih lama dari seharusnya. Toyota urung menggunakan GR Yaris menjadi mobil reli barunya, karena terganjal regulasi yang tidak memungkinkan.

Awalnya, Toyota menghadirkan dan mengembangkan GR Yaris untuk menjadi mobil reli terbaru yang akan dipakai tahun ini. GR Yaris sengaja diproduksi dalam jumlah dan spesifikasi tertentu, demi memnuhi homologasi dari FIA untuk WRC. Namun proyek Yaris WRC generasi baru batal dilanjutkan. Alasannya selain karena prioritas finansial akibat pandemi COVID-19 sepanjang 2020, adalah regulasi WRC yang akan beralih ke hybrid mulai 2022.

Toyota Yaris WRC 2021

Toyota Gazoo Racing akhirnya memutuskan mengandalkan lagi Yaris versi lama yang terbukti sudah sukses menghasilkan sejumla prestasi. Sejak kembali sebaagi tim pabrikan pada tahun 2017, Toyota telah memenangkan 17 kemenangan seri, 322 kemenangan stage atau etape. Dari semuanya itu, Toyota memenangkan gelar juara dunia pabrikan pada 2019, serta gelar pereli dan co-driver untuk 2019 dan 2020.

Soal livery, Toyota mengadopsi desain yang unik pada Yaris WRC edisi 2021 ini. Langsung terlihat bedanya arah desain livery untuk tahun ini dibandingkan sebelumnya. Toyota mengadopsi gaya asimetris untuk permainan warna dan garis yng menghiasi body hatchback ini. Warna dasar putih dipertahankan, dengan aksen merah dan hitam yang kuat.

Sejumlah logo perusahaan yang menjadi sponsor dan pemasok WRC muncul lebih terlihat, seperti DMG MORI, Denso, dan Panasonic. Sementara logo Pirelli kini hadir menyusul bergantinya pemasok ban WRC dari Michelin. Livery baru ini juga diungkap saat Toyota meramaikan Tokyo Auto Salon 2020, yang digelar via online karena terdampak pandemi.

Toyota Yaris WRC 2021

Debut kompetisi livery baru Yaris WRC ini akan berlangsung pada seri Reli Monte Carlo 2021, tanggal 21 – 24 Januari mendatang. Duet pereli Sebastien Ogier dan navigator Julien Ingrassia akan berusaha mempertahankan gelar juaranya musim ini.

Selain Ogier dan Ingrassia, line up TGR juga mengandalkan duet Elfyn Evans dan Scott Martin, juga Kalle Rovanpera dan Jonne Halttunen, lalu Takamoto Katsuta dan Dan Barritt. Di lintasan, Yaris WRC siap kembali menghadapi perlawanan dari Hyundai i20 N WRC dan Ford Fiesta WRC.

Sumber: WRC, Carscoops

WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda