Ferrari Berencana Luncurkan Mobil Listrik Pertama Empat Tahun lagi

MARANELLO, Carvaganza – Mobil Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) pertama Ferrari adalah SF90 Stradale. Sistem plug-in pada supercar itu di-combine dengan jantung pacu V8 turbocharge yang sangat powerful. Berhasil dengan SF90 Stradale, Ferrari sudah mengonfirmasi bahwa pabrikan  bakal memproduksi mobil listrik pertama dalam waktu empat tahun ke depan.

Dalam setahun terakhir ini, memang sedang terjadi gonjang-ganjing di Ferrari. Kabarnya, pabrikan bakal memanage ulang jumlah karyawan demi menyelamatkan anggaran balap di F1. Kuda Jingkrak bakal mengalih-fungsikan karyawan di tim balap ke pabrik. Selain itu agar bisa mendapatkan insentif pajak dari pemerintah, pihaknya akan memproduksi kendaraan plug-in hybrid sehingga bisa meninggikan pendapatan perusahaan.

Road map pengembangan mobil hybrid an teknologi elektrik pabrikan Kuda Jingkrak tak terlepas dari pengaruh kehadiran mesin hybrid di F1. Maranello mengakui efek F1 tersebut sehingga bisa mempermudah journey mereka. Chairman dan interim CEO Ferrari John Elkann sudah membenarkan bahwa Ferrari akan memperkenalkan mobil listrik pada 2025 mendatang. Elkann menegaskan bahwa pabrikan Ferrari memang tidak terburu-buru untuk mengejar teknologi mobil listrik, namun pihaknya terus berproses untuk mengembangkan teknologi tersebut.

Chairman Ferrari, John Elkann
Chairman Ferrari John Elkann

Ferrari memang telah menjadikan F1 sebagai laboratorium pengembangan mobil elektrifikasi. Meskipun antara mobil F1 dengan mobil jalan raya berbeda organ tubuh, sebagai pabrikan supercar justru F1 sejalan dengan platform manufaktur yang melahirkan ragam mobil supercar. Misalnya kesamaan dalam hal pengembangan teknologi teknologi Kinetic Energy Recovery System (KERS) pada F1 yang juga diterapkan pada mobil jalan raya.

“Memasuki tahun 2021, kami terus mengejar ambisi kami dan tengah merencanakan produk kami yang baru. Dalam beberapa bulan ke depan kami akan meluncurkan tiga model baru,” ujar Elkann pada Annual General Meeting Ferrari beberapa waktu lalu.

Ia selanjutnya mengatakan, “Kami terus menjalankan strategi elektrifikasi kami dengan komitmen yang tinggi. Kesempatan kami bisa menginterpretasikan sekaligus mengaplikasi teknologi ini baik di motorsport maupun road car menjadi kesempatan yang berharga bagi kami untuk memperlihatkan keunikan dan passion yang dimiliki oleh Ferrari untuk menyongsong generasi baru.”

logo Ferrari

Elkan mengimbuhkan bahwa keterlibatan Ferrari di mobil elektrifikasi sudah dimulai dengan melahirkan SF90 Stradale menjadi mobil plug-in hybrid dengan teknologi terdepan dan menyuguhkan driving experience paripurna.

“Kami juga merasa gembira bahwa kami berencana memperkenalkan mobil listrik pertama Ferrari pada tahun 2025 mendatang. Kendaraan tersebut akan menjadi mobil yang diimpikan oleh engineers dan desainer di Maranello yang akan menjadi landmark bagi sejarah kami. Jadi kami menantikan kesemptan untuk mempercepat perubahan dengan membuka jalan selebar-lebarnya demi mendorong kemampuan dan passion kami sampai ke titik yang baru,” tambahnya menutup pembicaraan. (EKA ZULKARNAIN)

Sumber: thedrive.com

 

Artikel yang direkomendasikan untuk anda