Beranda New Cars SF90 Stradale Lahir, Supercar Plug-In Hybrid Pertama Ferrari

SF90 Stradale Lahir, Supercar Plug-In Hybrid Pertama Ferrari

MARANELLO, 30 Mei 2019Ferrari mengawali era barunya di industri otomotif dunia dengan untuk pertama kalinya meluncurkan supercar plug-in hybrid pertamanya. Meluncur menyusul F8 Tributo, Ferrari SF90 Stradale lahir membawa spesialisasi dari jalan raya dan sirkuit.

Nama yang sama diambil dari mobil balap F1 Ferrari tahun ini, SF90H, karena sekaligus merayakan 90 tahun usia Scuderia Ferrari di ajang balap. Riset dan pengembangan teknologi hybrid Ferrari di F1 diterjemahkan pada SF90 Stradale.

Mesin jenis baru V8 4.0 liter turbo bertenaga 769 hp dan torsi 800 Nm digabungkan dengan sistem hybrid, menggunakan tiga unit motor listrik. Satu motor listrik terpasang di antara mesin dan transmisi, sementara dua unit lainnya berada di roda depan.

Motor listrik tersebut ditenagai baterai lithium-ion 7,9 kWh yang menghasilkan total output 217 hp, sehingga dengan kombinasi mesin V8 tenaga yang dihasilkan mencapai 986 hp atau 1.000 ps. Dengan sistem all-wheel drive, SF90 Stradale bisa melesat 0-100 km/jam dalam 2,5 detik, sebelum menyentuh top speed 340 km/jam.

Tidak seperti LaFerrari yang bersistem mild-hybrid, SF90 Stradale bisa melaju hanya dengan tenaga listrik yang menggerakkan roda depan sejauh 25 km. Ferrari juga berhasil menjawab tantangan ‘bobot’ mobil hybrid, membuat mobil ini berbobot hanya 1.570 kg.

Ferrari menerapkan metode multi-material pada body dan chassis, yang tidak hanya membuat mobil ini ringan tetapi juga punya kekakuan lentur 20% lebih baik dan kekakuan torsi 40% lebih baik dari platform sebelumnya.

Tampilan SF90 Stradale dari luar seperti menggabungkan elemen desain dari LaFerrari dan F8 Tributo, yang disebut sebagai evolusi radikal desain sportscar dalam 20 tahun terakhir. Bagian depan mengadopsi S-Duct seperti F8 dan 488 Pista, sementara di belakang terdapat diffuser besar, knalpot ganda dan lampu rem agak mengotak.

Sementara untuk interior, Ferrari menunjukkan evolusi desain dengan teknologi full digital futuristik pada panel intrumen dan berbagai tombol fungsi di dashboard dan setir. Tidak banyak tersisa tombol fisik pada dashboard SF90 Stradale, salah satunya pada tombol Manettino.

Performa SF90 Stradale didukung dengan sejumlah fitur seperti electronic Side Slip Control (eSSC), serta traction control yang optimalkan mesin dan motor listrik. Pilihan mode berkendara Qualify akan memberikan potensi maksimal dari performa mesin dan motor listrik di atas sirkuit.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza