Dealer Bocorkan Sosok McLaren Sabre Sebelum Rilis

WOKING, Carvaganza.com – Tahun depan McLaren Automotive sudah menjadwalkan akan meluncurkan satu model terbatas bernama Sabre. Model tersebut akan menjadi produk spesial dengan unit produksi terbatas. Namun sebelum waktu peluncurannya, wujud utuh Sabre justru sudah bocor dan tersebar luas. Bocornya bahkan dilakukan oleh perwakilan salah satu dealer resminya.

Sabre akan menjadi produk terbaru Garapan divisi MSO yang merupakan singkatan dari McLaren Special Operations. Diklaim akan menjadi salah satu model produksi paling kencang dan hardcore yang pernah dibuat. Namun entah disengaja atau tidak, beberapa foto resmi dibocorkan oleh salah satu dealer McLaren di Amerika Serikat, tepatnya di Beverly Hills.

Foto yang beredar menunjukkan wujud ekstrem Sabre sebagai sebuah road car, dengan aerodinamika yang sangat menonjol. Sepintas, kita bisa lihat berbagai elemen desain yang berbasis McLaren Senna, namun dengan ubahan signifikan. Tentunya McLaren ingin membuat Sabre memiliki tingkat downforce lebih ekstrem agar bisa lebih maksimal digeber kencang di trek.

Menurut Autocar, aerodinamika Sabre diklaim telah mencapai “batasan baru”, melalui penerapan shark fin di atas kap mesinnya. Elemen desain dan perangkat aero ini diadopsi dari mobil balap LMP1 dan F1, yang membentang dari atap sampai ke sayap belakang. Ekstremnya aerodinamika Sabre lebih mirip dari Senna GTR, bisa dilihat dari endplate sayap belakang.

Namun yang berbeda signifikan, endplate sayap belakang tampak lebih rapat menyatu dengan fender roda belakang. Bagian ini melebar dibandingkan Senna, yang kemungkinan untuk mengakomodasi velg belakang yang lebih lebar juga. Fender belakang senada dengan fender depan, yang tampak menjadi lapisan body tambahan dari konstruksi body utama.

Basis body mobil ini bisa terlihat dari bagian moncong depan yang pipih, yang dirancang meminimalisir hambatan udara. Splitter depan memiliki beberapa sekat, yang akan mengalirkan udara ke sejumlah bagian berbeda dari body. Ada ventilasi juga terpasang pada kap depan, namun tidak sebesar Senna. Intake udara samping lebih tersembunyi  dan tidak terekspos dengan dimensi besar seperti Senna.

Untuk menciptakan kesan longtail, bagian body belakang dipahat pipih dan memanjang, seakan menggabungkan elemen desain Senna dan Speedtail. Bentuk diffuser juga lebih menonjol, bahkan lebih ekstrem dibandingkan Senna. Dengan buritan yang meruncing itu, klaimnya Sabre akan sanggup menembus top speed 350 km/jam.

Di balik punggung pengemudi, akan terpasang basis mesin V8 4,0 liter twin-turbo andalan McLaren, yang dipakai pada 720S, Senna dan Speedtail. Mesin ini akan ditingkatkan performanya untuk menghasilkan tenaga sampai 835 hp, yang mana 35 hp lebih dibandingkan Senna. Sementara torsinya akan di angka 799 Nm.

Sebelum sampai ke tangan konsumen nanti, Sabre kabarnya akan bisa diatur dan disertai sesi tes di trek agar konsumen bisa mengatur karakter performa sesuai preferensinya. Sementara soal harga, tidak diumumkan pasti berapa per unitnya. Setidaknya sampai saat ini sudah beberapa unit Sabre yang siap dikirim ke garasi konsumen. Hanya 14 unit Sabre diprpduksi oleh McLaren dan eksklusif untuk pasar Amerika Serikat.

Sumber: Autocar



WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda