Beranda Updates Dalam 23 Tahun Penjualan Toyota Hybrid Tembus 15 Juta Unit

Dalam 23 Tahun Penjualan Toyota Hybrid Tembus 15 Juta Unit

JAKARTA, Carvaganza.com – Sebagai pionir kendaraan elektrifikasi sebuah catatan apik dibuat Toyota. Pabrikan raksasa asal Jepang itu telah menjual lebih dari 15 juta mobil hybrid secara global. Raihan ini dibuat sejak model hybrid produksi massal diperkanlakn pertama kali Prius pada 1997. Kedepannya, mereka merencanakan untuk terus menyelami dunia elektrifikasi ini.

Pemasaran Toyota Hybrid sudah mendunia serta diterima dengan baik, salah satunya di Eropa. Melansir Toyota Blog UK, penjualan telah mencapai 2,8 juta unit di Eropa. Di Britania Raya sendiri – diklaim sebagai pasar yang kuat untuk hybrid –, sebanyak 66,1 persen volume penjualan merupakan model bertenaga campuran. Sebagai informasi, akumulasi penjualan sampai Maret 2020 menorehkan angka 356.630 unit.

Uniknya, Prius tidak menjadi primadona. Toyota Yaris hybrid justru tengah menikmati posisi puncak, berhasil menyusul dalam segi jumlah penjualan. Dikabarkan posisi ini akan semakin kuat seiring kedatangan All-New Yaris, dilengkapi hybrid electric system generasi keempat. Ia menawarkan kapabilitas berkendara elektris niremisi lebih baik ketimbang model sebelum.

Toyota memang tak main-main dalam urusan ini. Mereka punya total 44 model dunia, termasuk Lexus. Masih banyak lagi opsi bila melihat belahan dunia lain. Di AS, terdapat berbagai spesies selain Prius, seperti Camry, Avalon, Rav4, dan Highlander.

Belum lagi bila melihat line-up Lexus, mulai dari ES, LS, UX, NX, RX, dan LC, ditawarkan dalam versi jantung inkonvensional. Tingginya penikmat SUV membuat RAV4 menjadi seri hibrida terlaris.

Baca juga: Ini Ragam Keuntungan Membeli Mobil Toyota Hybrid

Jumlah permintaan terus menerus meningkat. Pada 2013 mereka berhasil menembus 5 juta unit. Hanya lima tahun kemudian, 2017, sanggup melewati 10 juta. Barulah pada 2020 ini milestone 15 juta diraih. Eksistensi mesin ini pun memberikan keuntungan bagi Toyota. Usaha dari 1997 bukan tanpa hasil. Seiring penjualan bertambah, total emisi line-up semakin tertekan sehingga tidak perlu takut sanksi emisi, khususnya di Eropa.

Toyota belum akan berhenti. Mereka punya rencana lebih besar jangka panjang. Dikabarkan ada 40 model elektris anyar atau penyegaran, menanti lima tahun mendatang. Termasuk 10 mobil niremisi, entah itu bertenaga baterai, Plug-in Hybrid, atau Hydrogen Fuel Cell.

Baca juga: Toyota Prius Plug-in Hybrid Resmi Dijual, Harga Rp 884 Juta

Elektrifikasi di Indonesia

Bagaimana degan Indonesia? Istilah hybrid sepertinya mulai beradaptasi di telinga karena sedan sekelas Corolla Altis mendapatkan varian bermesin campur. Meluncur di bulan September 2019 lalu, ia bermain sendirian di segmen sedan kompak yang memiliki opsi mesin non-konvensional. Memang belum menjamur di sini, namun minimal Toyota mengenalkan teknologi ini secara perlahan. Jajaran hybrid lainnya adalah New C-HR Hybrid, All New Camry Hybrid, dan Alphard Hybrid.

Mobil ramah lingkungan ini juga diboyong lewat brand Lexus. Untuk mengenalinya gampang karena ada imbuhan ‘h’, meliputi SUV kompak UX 250h, sedan premium ES 300h, sampai si flagship cantik LS 500h. Semua itu dipasarkan Lexus di sini.

Baca juga: Makin Serius, Toyota Produksi Mobil Elektrik Hybrid di Indonesia Tahun 2022

Sejak pertama kali diperkenalkan hingga Desember 2019 lalu penjualan seluruh model elektrifikasi Toyota hampir 2.500 unit. Total penjualan HEV Toyota Brand (Toyota & Lexus) sepanjang 2019 mencapai 647 unit. Toyota C-HR HEV yang diluncurkan pada April 2019 lalu menjadi kontributor terbesar penjualan HEV Toyota dengan kontribusi sebesar 42,4% dan diikuti oleh Camry HEV dengan kontribusi 29,4%.

Toyota bahkan menetapkan rencana akan memproduksi sendiri mobil elektrifikasi pada 2022 mendatang. Marketing Director PT. Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy mengatakan, “Kami optimis kendaraan HEV akan semakin diterima masyarakat luas.”

Baca Juga: Toyota Hybrid Tembus Penjualan 15 juta Unit, Masih Banyak Model Anyar Menanti

AHMAD KARIM | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Perbandingan Angka Performa Mercedes-AMG GLE 63 VS Maserati Levante Trofeo

JAKARTA, carvaganza.com -  Dulu kecepatan boleh saja didominasi oleh supercars atau performance car. Namun jaman telah berubah. Penguasa kecepatan sekarang bukan lagi muscle atau...

Bulan Oktober, Ada Karimun Wagon R Edisi Khusus akan Dirilis Suzuki

JAKARTA, Carvaganza.com - Menjadi peluncuran pamungkas tahun ini, Suzuki Indonesia siap lansir Karimun Wagon R Limited Edition. Jenis hatchback LCGC diramal berubah minor di...

Honda Civic Type R Berjaya Balap 24 Jam di Nurbrugring

NURBURG, Carvaganza.com – Akhir pekan lalu digelar ajang balap ketahanan Nurburgring 24 Hour di Jerman. Berbagai kelas balap turing disatukan dalam satu rangkaian seri...

Supercar BAC Mono Bakal Dijual TDA Luxury Toys, Harga Hampir Rp 3 Miliar

JAKARTA, Carvaganza -- Pandemi COVID-19 boleh jadi masih mewabah di Tanah Air. Namun industri otomotif terus bergerak. Seperti halnya TDA Luxury Toys yang akan...

Eksklusif dengan Atap Terbuka, MINI Cabrio Sidewalk Edition Meluncur

JAKARTA, Carvaganza.com – Tidak bosannya MINI Indonesia merilis rangkaian model edisi terbatas sepanjang tahun ini. Di penghujung bulan September 2020, MINI kembali merilis model...