Beranda New Cars Calon Hypercar Baru Porsche akan Pakai Mesin F1

Calon Hypercar Baru Porsche akan Pakai Mesin F1

STUTTGART, 28 November 2019 – Porsche dan Formula 1 sudah menjadi entitas yang seakan tidak bisa disatukan di era modern ini, namun bukan berarti Porsche sudah melupakan Formula 1 sama sekali. Untuk calon hypercar terbarunya, Porsche justru akan memanfaatkan teknologi dari F1.

Model penerus 918 Spyder disebut akan mengadopsi mesin F1 yang pernah Porsche ciptakan. Dilansir oleh Autocar, opsi ini dipilih Porsche dengan alternative lain yaitu menggunakan powertrain full electric.

Saat ini dewan direksi pabrikan Jerman tersebut sedang dihadapi dilema apakah membuat hypercar dengan tenaga listrik penuh, atau kembali berteknologi hybrid seperti 918. Tampaknya Porsche condong ke opsi kedua saat ini.

Opsi powertrain listrik disebut belum bisa atau siap untuk digunakan sesuai jadwal peluncuran hypercar ini, menurut studi internal mereka. Padahal, performa powertrain listrik yang dihasilkan akan melampaui yang sanggup diberikan mobil balap Formula E mereka.

Nah, untuk powertrain hybrid ini, Porsche ingin menggunakan mesin F1 yang pernah dikembangkan sebelum akhirnya proyek tersebut dibatalkan. Porsche akan memanfaatkan basis mesin V6 turbo dengan dukungan elektrifikasi, seperti F1 saat ini.

Fritz Enzinger, pimpinan divisi motorsport Porsche mengungkap bahwa saat ini ada sekitar 40 tim engineer ditugaskan untuk mengembangkan mesin tersebut. Mereka adalah engineer yang berasal dari tim balap LMP1 Porsche, yang sudah mundur dari WEC sejak akhir 2017.

Bedanya, Enzinger akan membuat mesin F1 tersebut lebih tahan lama untuk road car dengan tanpa menggunakan MGU-H (motor generator unit – heat) yang mahal dan rumit.

“Pada akhir 2017, kami menerima sebuah pesanan untuk mengembangkan lebih lanjut sebuah mesin enam silinder yang sangat efisien, meskipun mundur dari LMP1 – tidak hanya di atas kertas tapi juga seutuhnya,” kata Enzinger, sekaligus mengatakan mesin dimaksud sudah jadi dan sedang diuji.

Belum ada informasi kapan mobil ini akan hadir, yang juga memanfaatkan teknologi dari Rimac. Dengan mesin spek F1, hypercar baru Porsche akan menjadi rival langsung untuk Mercedes-AMG One yang juga menggunakan mesin V6 dari F1.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Menimbang Toyota Rush TRD Vs Xpander Cross Vs Suzuki XL7, Pilih Mana?

JAKARTA, carvaganza.com – Di tengah-tengah pandemi seperti ini, harus pintar-pintar memilih mobil. Pasalnya ruang kita untuk memilih sangat terbatas. Ada PSBB atau mungkin kita...

Kia Sportage 2022 Meluncur April Depan, Menyediakan 3 Pilihan Mesin

SEOUL, Carvaganza.com -  Beberapa waktu lalu, Hyundai Tucson 2022 sudah dirilis kepada publik. Secara tampilan mengalami perubahan besar dibandingkan pendahulunya, terutama terlihat pada desain...

Sebelum Produksi, Hyundai Elantra N Lahir Sebagai Mobil Balap

NUBURGRING, Carvaganza.com – Hyundai Motorsport akan semakin perkuat barisannya di ajang balap dunia, dengan telah dirilisnya Hyundai Elantra N TCR. Mobil dengan spesifikasi TCR...

Honda Kenalkan Konsep SUV Listrik di Auto China 2020

BEIJING, Carvaganza.com - Honda mulai tunjukkan strategi dalam dunia elektrifikasi. Sebuah konsep SUV listrik bernama e:Concept, tampil di Beijing International Automotive Exhibition (Auto China)...

Ferrari Omologata, Modifikasi 812 Bernuansa GT Klasik dan Sci-Fi

MARANELLO, Carvaganza.com – Model grand torurer V12 Ferrari bisa dibilang sangat populer di kalangan para fanatiknya di dunia. Apalagi, seperti 812 Superfast saat ini...