Begini Tips Merawat Mesin Mobil Diesel Toyota

Bengkel Auto2000

JAKARTA, Carvaganza – Jangan suka meremehkan perawatan kendaraan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan melakukan perawatan rutin, kendaraan yang dipakai akan selalu prima dan terjaga.

KEY TAKEAWAYS

  • Gunakan bahan bakar mesin diesel sesuai dengan yang direkomendasikan pabrikan

    Tujuannya adalah agar kesehatan mesin selalu terjaga agar mesin dapat menyalurkan tenaga terbaiknya di setiap putaran.
  • Apa fungsi water sedimenter pada mesin diesel?

    Berfungsi untuk menangkap kandungan air pada saluran bahan bakar, agar tidak ikut mengalir ke dalam mesin supaya tidak mengganggu kinerja mesin dan mencegah risiko berkarat.
  • Tak terkecuali pada kendaraan dengan mesin diesel. Mulai April 2022, semua mobil baru Toyota bermesin diesel yang dipasarkan di Indonesia telah memenuhi standar emisi EURO4. Semakin tinggi standar EURO maka semakin kecil kandungan gas buangnya. Mesin diesel Toyota di Indonesia sudah dilengkapi dengan teknologi canggih seperti turbo variable, common-rail dan intercooler.

    Auto2000 selaku dealer resmi Toyota di Indonesia, membagikan sejumlah tips yang harus diperhatikan agar mobil diesel Toyota selalu prima.

    Bengkel Auto2000

    1. Gunakan Bahan Bakar yang Sesuai

    Menggunakan bahan bakar yang tepat akan berdampak positif pada kesehatan mesin kendaraan. Gunakan bahan bakar yang kadar cetannya sesuai dengan kebutuhan mesin agar dapat menyalurkan tenaga terbaiknya.

    Gunakan BBM sesuai dengan yang direkomendasikan di buku manual Toyota atau konsultasikan dengan service advisor di bengkel resmi. Pasalnya, jika menggunakan bahan bakar yang tidak tepat akan berefek negatif pada mobil. Kandungan sulfur yang tinggi membuat sistem distribusi bahan bakar terganggu, performa mesin turun dan mengurangi usia pakai mesin.

    2. Cek Filter Solar

    Filter bahan bakar diesel atau filter solar yang bagus akan bekerja secara optimal menyaring kotoran tidak masuk ke dalam sistem injeksi bahan bakar. Jadi, harus diperhatikan filter solar bekerja dengan maksimal.

    Untuk mengetahuinya, terdapat lampu peringatan di panel instrumen mobil yang menyala jika kondisi filter diesel kendaraan sudah kotor. Jangan ditunda dan segera ganti dengan filter solar yang baru.

    3. Bersihkan Filter Udara

    Filter udara bertugas menyaring udara yang masuk ke dalam ruang bakar. Udara yang bersih sanggup membuat performa mesin terjaga dan penggunaan bahan bakar lebih efisien. Selain tentunya mereduksi timbulnya kerak di komponen bergerak dan mengurangi risiko sistem injeksi solar tersumbat kotoran.

    4. Perhatikan Water Sedimenter

    Water sedimenter berfungsi untuk menangkap kandungan air pada saluran bahan bakar, agar tidak ikut mengalir ke dalam mesin supaya tidak mengganggu kinerja mesin dan mencegah risiko berkarat. Segera kuras water sedimenter ketika lampu indikator water sedimenter di panel instrumen menyala karena air sudah penuh.

    Baca juga:  Auto2000 Digiroom Tawarkan Promo Imlek Menarik Untuk Avanza dan Veloz

    Bengkel Auto2000

     

     

    5. Panaskan Mesin Sebelum Jalan dan Tunggu Sejenak Sebelum Mematikan

    Mesin diesel modern, tidak perlu dipanaskan lama-lama. Tapi bukan berarti, Anda menyalakan mobil langsung jalan. Sebaiknya nyalakan mesin sekitar 1 menit untuk memastikan pelumas sudah bergerak merata agar melumas komponen mesin sebelum mobil jalan.

    Biarkan mesin tetap menyala atau idle selama 1 menit sebelum matikan mesin, untuk sejenak mendinginkan komponen mesin yang bekerja pada kondisi ekstrem, terutama turbo.

    7. Periksa dan Ganti Oli Mesin

    Pastikan oli mesin tidak berkurang, pastikan takaran oli mesin dengan dipstick. Ganti oli mesin diesel setiap 6 bulan, sehingga kondisi oli selalu terjaga. Pastikan menggunakan oli mesin diesel TMO agar sesuai spesifikasi mobil Toyota yang beredar di Indonesia.

    8. Servis Berkala

    Poi ke-8 ini sangat penting. Anda harus menservis kendaraan diesel secara berkala agar komponen-komponen penting pada mesin dan kendaraan bisa diperiksa dan diganti jika ada masalah.

    Bisa langsung membawa mobil Anda ke bengkel Auto2000 atau pesan THS – Auto2000 Home Service. Dealer resmi Toyota ini juga menyediakan promo spesial seperti Promo Auto Sehat Serba Hemat dengan opsi diskon jasa dan spare part untuk penggantian kopling, shock absorber, ban, aki, dan oli. Paket SPONTAN (Siaga Kupon Perawatan) khusus AutoFamily yang memiliki mobil Toyota dengan jarak tempuh lebih dari 50.000 km atau sudah tidak memiliki kuota free servis berkala. (EKA ZULKARNAIN)

    Baca juga: 4 Tips Sebelum Servis Kendaraan Terdampak Banjir di Auto2000

    Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

    Mobil Toyota Pilihan

    • Upcoming

    Updates

    Artikel lainnya

    New cars

    Artikel lainnya

    Drives

    Artikel lainnya

    Review

    Artikel lainnya

    Video

    Artikel lainnya

    Hot Topics

    Artikel lainnya

    Interview

    Artikel lainnya

    Modification

    Artikel lainnya

    Features

    Artikel lainnya

    Community

    Artikel lainnya

    Gear Up

    Artikel lainnya

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Review
    • Artikel Feature