Beranda Updates Asuransi Astra Tetap Buka dan Terima Layanan di Masa PSBB

Asuransi Astra Tetap Buka dan Terima Layanan di Masa PSBB

JAKARTA, Carvaganza.com – Wabah virus corona (COVID-19) membuat pemerintah akhirnya melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa wilayah. Kondisi ini tentunya membuat mobilitas masyarakat terbatasi. Sekolah dan perkantoran banyak yang harus menutup aktivitasnya. Tapi tidak dengan perusahaan asuransi, seperti Asuransi Astra yang tetap membuka layanan. Pelanggan bisa melakukan pendaftaran, klaim atau perpanjangan polis.

L. Iwan Pranoto, SVP Communication, Event & Service Management Asuransi Astra mengatakan asuransi merupakan industri yang dikecualikan tetap boleh beroperasi di masa PSBB. “Asuransi tetap buka,” kata Iwan dalam Ngobrol Virtual Dulu dengan Forum Wartawan Otomotif Indonesia (FORWOT), Kamis (23/4/2020) malam.

Wabah corona dan diikuti pelaksanaan PSBB, kata Iwan, adalah bencana nasional non-alam. Tapi karena asuransi asuk apda pengecualian. “Kita masih beroperasi di kantor cabang. Call center juga bisa dihubungi 24 jam. Klaim tetap bisa dilakukan. Layanan juga berjalan,” kata dia.

Saat ini Asuransi Astra dengan produknya Garda Oto yang menggarap otomotif, mempunyai 28 cabang. Semuanya tetap buka. Ada juga 23 Garda Center yang berada di pusat perbelanjaan, tapi tak semuanya buka. Lantaran banyak mal yang mengikuti aturan pemerintah untuk menutup kegiatan.

Pelanggan sendiri bisa mendatangi kantor, yang telah memberlakukan standar pemeriksaan ketat; mulai dari pengecekan suhu tubuh, penyediaan cairan pembersih, mewajibkan penggunaan masker, dan pembatasan jumlah pengunjung di dalam ruangan.

Baca juga: Klaim Asuransi Kendaraan Anda Ditolak? Ini Beberapa Penyebabnya

Layanan Digital

Namun Iwan menghibau ada baik menggunakan layanan digital yang sudah disiapkan Astra. Konsumen bisa mengunjungi asuransiastra.com, menggunakan aplikasi Garda Mobile Otocare yang bisa diunduh dari Google play store dan App store, atau menelpon ke Garda Akses selama 24 jam di nomor 1500112

Banyak layanan bisa diakses lewatnya. Ini juga memberikan kenyamanan dan rasa aman, karena tak perlu keluar rumah. Menghindari bahaya terpapar virus corona. Fasilitas untuk kebutuhan darurat juga tetap bisa dimanfaatkan. Emergency Roadside Assistance (ERA) yang dilengkapi tiga jenis armada: mobil derek, gendong dan motor bisa dihubungi dengan mudah dan kapan saja.

Khusus untuk klaim, tak perlu merasa takut akan ditolak akibat PSBB. Iwan Pranoto mengatakan pihaknya tetap menerima, tentunya dengan syarat yang berlaku. “PSBB itu kan banyak komanya. Maksudnya, orang harus jalan karena alasan tertentu. Selama dia tidak melanggar lalu lintas atau kondisi di luar polis, tetap bisa klaim,” jelasnya.

Baca juga: Asuransi Tetap Buka dan Terima Layanan di Masa PSBB

Klaim Dulu

Namun, perlu diketahui prosesnya tidak seperti biasa. Survei tetap bisa dilakukan di kantor, tapi dengan adanya PSBB akan sedikit menyulitkan pergerakan pelanggan. Bisa jadi pihak Asuransi Astra mendatangi lokasi pemilik polis, tapi lagi-lagi adanya regulasi membuatnya tak mudah.

Kalau pun klaim berhasil, proses mentok di masa perbaikan. Soalnya, PSBB menyebabkan fasilitas perbaikan harus menghentikan kegiatan. Berarti pengerjaan harus tertunda. Ditambah pasokan dari Agen Pemegang Merek (APM) kendaraan yang terkendala, akibat banyak yang menyetop aktivitas sementara.

“Lapor saja dulu tidak apa-apa. Tapi mohon maaf perbaikannya nanti, menunggu bengkel buka. Karena mereka kan harus mengikuti aturan pemerintah juga, jadi tidak bisa buka. PSBB kan sampai 22 Mei, ditambah libur lebaran. Kalau klaim sekarang harus nunggu sampai setelah lebaran berarti,” jelasnya.

MUHAMMAD HAFID | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

video

VIDEO: Road Test Review Lengkap Suzuki XL7

JAKARTA, Carvaganza.com – Tahun 2020 menjadi momen bagi Suzuki melebarkan sayapnya ke segmen SUV, lewat Suzuki XL7. Berbasis All-New Ertiga terbaru, XL7 melahirkan kembali...

Toyota Corolla Cross Mengaspal Besok, Harga di Bawah Rp 500 Juta?

JAKARTA, Carvaganza – Toyota dipastikan meluncurkan secara resmi Toyota Corolla Cross, Kamis (6/8/2020) besok. Jelang kemunculannya ramalan banderol banyak bermunculan. Terutama di jejaring sosial,...

Mau Jalanan Bebas Macet, Hilangkan Kebiasaan Tailgating!

MASSACHUSSETTS, Carvaganza.com - Perilaku menguntit mobil di depan dengan jarak dekat acap kali ditemui di lalu lintas Indonesia. Isitilahnya tailgating, kebiasaan buruk yang tanpa...

Di Imola, F1 akan Gelar Grand Prix Format Lebih Singkat

IMOLA, Carvaganza.com – Tahun ini, sudah dipastikan Sirkuit Imola akan menggelar lagi balapan Formula 1, setelah absen lama sejak 2006. Pada balapan ini, F1...

Diluncurkan Besok, 5 Hal Yang Perlu Diketahui Dari Toyota Corolla Cross

JAKARTA, Carvaganza.com – Besok pada hari Kamis, 6 Agustus, Toyota Corolla Cross bakal diluncurkan secara resmi ke pasar nasional, setelah sekitar sebulan lalu dirilis...