Akio Toyoda Terpilih Sebagai World Car Person Of The Year 2021

JAKARTA, Carvaganza – Akio Toyoda, CEO Toyota Motor Company didaulat menjadi World Car Person Of The Year 2021. Dirinya ditaruh di puncak paling atas sebagai orang yang paling sukses di industri otomotif dengan segala strategi dan pencapaiannya. Ketika berbicara tentang Akio Toyoda yang akan pertama terlintas adalah bukan hanya seorang pebisnis otomotif tetapi juga seorang pecinta otomotif sejati atau bahkan pembalap kawakan.

Kepiawaiannya membuat 93 jurnalis internasional memberikan penghargaan tersebut pada Toyoda. Acara tersebut merupakan bagian dari World Car Award yang diadakan setiap tahunnya dan didedikasikan untuk pencapaian-pencapaian tertinggi pada pelaku bisnis otomotif baik brand, produk hingga pada orang di balik kesuksesannya tersebut.

Toyoda masuk dalam nominasi ini bersama dengan tokoh-tokoh otomotif lain dari berbagai merk di dunia di antaranya adalah Pratap Bose, Vice President Tata Motors, Euisun Chung sebagai Chairman Hyundai Group, Mazda Programme Manager dan lain-lain. Tapi Toyoda sukses membawa Toyota menjadi sebuah perusahaan yang dikenal sukses berkat individunya yang lain daripada yang lain.

Dia telah memenangkan hati para pecinta otomotif dan menunjukkan hasrat yang kuat pada motorsport. Bahkan ia juga beberapa kali mengumumkan bahwa Toyota tidak boleh dikenal karena membuat mobil yang membosankan. Hal tersebut terlihat pada produk-produk Toyota yang diracik langsung oleh Toyoda, mulai dari Lexus LF hingga Toyota Yaris GR yang terakhir dirilis.

AKIO TOYODA

Para jurnalis dan panitia World Car Award menilai tak sekedar melihat informasi yang beredar di berbagai literatur. Ia dikenal karena sifat karismatik. Toyoda telah mendedikasikan bertahun-tahun usianya untuk membawa merek Toyota ke tempatnya sekarang. Dia berhasil membuat Toyota tetap untung di tengah pandemi COVID-19, sehingga melindungi pekerjaan pekerja di seluruh dunia.

Menurut para juri, bimbingannya memungkinkan perusahaan untuk tetap tenang selama masa-masa sulit dan dapat membangun industri yang terhubung dengan teknologi mulai dari otonom hingga elektrifikasi yang solid. Toyoda juga memulai pembangunan Woven City, prototipe kehidupan nyata Toyota tentang kota masa depan. Ini semua dicapai dengan menghabiskan berjam-jam di belakang kemudi sebagai seorang test driver terlatih.

Setelah menerima penghargaan ini, Toyoda malah mendedikasikannya untuk seluruh karyawannya di dunia. Ia bahkan mengatakan bahwa pencapaiannya ini merupakan upaya dari seluruh karyawannya di dunia dan mengganggap dirinya sebagai CEO yang beruntung dan bersyukur.

"Atas nama 360.000 anggota tim Toyota di seluruh dunia, terima kasih atas kehormatan yang luar biasa ini! Namun, jika Anda tidak keberatan, saya ingin mengubah penghargaan ini dari car person of the year menjadi car people of the year,” kata Akio Toyoda. ALVANDO NOYA / RS

Artikel yang direkomendasikan untuk anda