McLaren F1 Punya Mr. Bean Kecelakaan Dua Kali, Tapi Waktu Dijual Malah Untung Banyak!

JAKARTA, Carvaganza – Anda pasti kenal Mr. Bean dong? Tokoh kocak dari planet lain yang jatuh ke Bumi. Di serial komedinya, Mr. Bean boleh saja mengendarai Mini Cooper jadul yang imut. Tetapi di dunia nyata, pemeran Mr. Bean, Rowan Atkinson adalah kolektor supercar yang kencang dan mewah. Salah satu mobil spesial yang pernah ia miliki, McLaren F1.

McLaren F1 diproduksi terbatas sejak 1992 sampai 1998. Hanya segelintir orang kaya saja yang bisa memilikinya. Beberapa pemiliknya diantaranya adalah Jay Leno, Elon Musk, Ralph Lauren, juara dunia Formula 1, Lewis Hamilton dan tentu saja Mr. Bean alias Rowan Atkinson.

Rowan Atkinson terdaftar dalam keanggotaan klub eksklusif pemilik McLaren F1 sejak 1997. Di tahun itu, harga McLaren F1 sekitar US$ 880 ribu atau sekitar Rp 13 miliar. Tentu saja supercar mewah ekslusif nan langka ini semakin hari harganya bukan semakin murah, justru semakin mahal.

Rowan Atkinson McLaren F1

Alasannya sederhana, McLaren F1 hanya dibuat sebanyak 106 unit saja. Setiap McLaren F1 dibuat oleh produsen supercar asal Inggris itu dengan tingkat perhatian terhadap detail yang tiada tara. Bayangkan, semua komponen mobilnya dibuat menggunakan material terbaik yang ada di dunia. Mulai dari carbon fiber, alumunium hingga emas.

Tentu saja performanya juga bak jet darat. McLaren F1 dibekali mesin 6,1 liter V12 yang bisa diajak berpacu dengan kecepatan maksimal 371,7 km/jam. Tenaga sebesar 635 hp dilahirkan oleh mesin berlapis emas. Lapisan emas bukan untuk gaya-gayaan. Tapi membantu untuk mengurangi panas dengan sempurna.

Performanya didukung lagi banyaknya peranti dari mobil balap Formula 1. Tak salah kalau mobil ini menjadi tolak ukur supercar modern bahkan hingga era modern saat ini. Tak salah juga kalau mobil ini pernah mencatat Guinness World Record sebagai mobil produksi masal tercepat di dunia pada 1993 dengan kecepatan puncak 386,4 km/jam.

Menariknya lagi, McLaren F1 punya konfigurasi kursi 3-penumpang. Posisi pengemudi tepat berada di tengah kendaraan layaknya kokpit mobil balap Formula 1. Jangan tanya kesengangan yang dapat dirasakan pengemudinya di depan kemudi. Sudah pasti mendapat tempat yang istimewa di hati para pemiliknya.

Dua Kali Kecelakaan

Rowan Atkinson McLaren F1

Makanya, sangking keasyikan mengemudikan mobil ini, Rowan Atkinson sampai dua kali kecelakaan saat mengendarai McLaren F1 miliknya. Pertama, aktor ini menabrak mobil di depannya tahun 1999. Mengingat kap mesinnya juga dilapisi emas, sudah pasti biaya perbaikannya pasti bikin nangis. Tapi kecelakaan pertamanya bersama McLaren F1 ini tidak ada apa-apanya dengan kecelakaan yang ia alami pada 2011.

Komedian Inggris ini menabrak pohon dan pembatas jalan hingga mobilnya terjerembab di parit. Kendati McLaren F1 miliknya sampai dijilat si jago merah, untungnya Rowan Atkinson selamat dan hanya mengalami cedera ringan, bahunya bergeser. Terbakar dan bodi mobil rusak parah, Atkinson memungut McLaren F1 miliknya dari lokasi kejdian. Menurut CNBC, biaya perbaikan yang ia habiskan mencapai US$ 1 juta atau jauh lebih mahal dari harga mobil itu saat ia membeli mobil itu 14 tahun sebelumnya.

Paska dua insiden yang dialami McLaren F1 miliknya, Atkinson memutuskan untuk menjual kembali mobil sport kesayangannya itu pada 2015. McLaren F1 langka bekas Mr. Bean terjual seharga US$ 12,2 juta atau sekitar Rp 178 miliar. Padahal dulu ia membelinya dengan harga di bawah US$ 1 juta. Walau sudah keluar uang US$ 1 juta untuk biaya perbaikan, Mr. Bean bisa tersenyum lebar karena masih mendapat keuntungan yang tak sedikit.

Selain memiliki McLaren F1, pemeran tokoh mata-mata Inggris di film Johnny English ini juga memiliki banyak koleksi mobil sport ikonik lainnya seperti BMW 328 tahun 1939, Aston Martin V8 Vantage tahun 1977, Ford Falcon Sprint tahun 1964 hingga Rolls-Royce Phantom Drophead tahun 2011. RIZKI SATRIA

Artikel yang direkomendasikan untuk anda