Beranda Updates WRC: Toyota Tanpa Saingan Menangi Reli Swedia 2019

WRC: Toyota Tanpa Saingan Menangi Reli Swedia 2019

TORSBY, 18 Februari 2019 – Seri kedua World Rally Championship (WRC) 2019 sukses dikuasai oleh tim Toyota Gazoo Racing yang meraih kemenangan seri Swedia melalui Ott Tanak. Saat menyelesaikan reli, akhir pekan kemarin, Tanak praktis tidak ada pesaing melalui seluruh 19 stages.

Pereli asal Estonia itu merebut kemenangan pertamanya musim ini dengan menciptakan jarak 53,7 detik, di depan pesaing terdekatnya Esapekka Lappi yang menggeber Citroen. Nyaris tidak ada kesalahan sama sekali dilakukan oleh Tanak sepanjang reli yang digelar di atas salju itu.

Memasuki hari terakhir, Minggu (17/2/2019), Tanak sudah berhasil menabung keunggulan hingga 48,8 detik di depan para pesaingnya. Tidak ingin santai, Tanak tampil maksimal sambil memenangkan Power Stage dengan unggul 3,5 detik di depan Thierry Neuville (Hyundai).

Neuville sendiri baru tampil menyerang dan kencang di hari terakhir, namun tidak cukup untuk membawanya menantang Tanak dan Lappi, hingga akhirnya harus puas finish di posisi ketiga dengan jarak 56,7 detik.

Lappi sempat terancam oleh Neuville posisinya saat kehilangan waktu di awal hari Minggu, sebelum akhirnya memperbaiki waktu dan kembali unggul mengamankan posisi runner-up.

Juara dunia bertahan Sebastien Ogier tidak berdaya pada seri Swedia 2019 ini, menyusul insiden menabrak tumpukan salju yang mengakibatkan kerusakan mobil. Begitu juga Sebastien Loeb yang harus puas mengakhiri reli di posisi keenam.

Berkat kemenangannya, Tanak kini mengambil alih puncak klasemen dengan koleksi 47 poin, diikuti oleh Neuville yang berjarak hanya 7 poin. Sementara Ogier yang menangkan seri pembuka di Monte Carlo lalu di posisi ketiga dengan raihan 31 poin.

Sementara di klasemen manufaktur, Toyota juga memimpin dengan total 58 poin dan hanya unggul 1 poin dari Hyundai di posisi kedua. Citroen dan M-Sport Ford menyusul kemudian dengan masing-masing 47 dan 30 poin.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto