Volkswagen Tiguan 1.4L TSI Tumbuh Besar

Volkswagen Tiguan 1.4L TSI Tumbuh Besar
KUALA LUMPUR, 2 Maret 2017 -- Volkswagen memperkenalkan Volkswagen Tiguan di Malaysia. Muncul pertama kali di IAA Frankfurt 2015 lalu generasi kedua Tiguan ini mengalami perubahan besar.

Menggunakan platform modular MQB Volkswagen, seperti yang juga digunakan VW Golf Mk7, VW Tiguan tumbuh besar dibandingkan generasi sebelumnya. Tiguan baru ini 60 mm lebih panjang, 30 mm lebih lebar dan jarak roda 77 mm lebih panjang. Selain itu VW Tiguan baru ini 33 mm lebih rendah dibanding model sebelumnya.

Penampilannya kini lebih ‘tajam’ berkat garis desain baru yang dirancang insinyur VW. Tambahan dimensi ini membuat bagasi kini bertambah besar 145 liter menjadi 615 liter. Bahkan luas ruang bagasi bisa mencapai 1,655 liter jika tempat duduk belakang dilipat.

Meski ada penambahan dimensi, namun tak ada pengaruh pada berat SUV ini. Bahkan VW mengklaim Tiguan baru lebih ringan 50 kg berkat penggunaan berbagai teknologi baru.



VW Tiguan ditawarkan dengan mesin TSI 1.4 liter dengan tenaga 150 PS pada 6,000 rpm dan torsi maksimal 250 Nm sejak 1,500 rpm hingga 3,500 rpm. Tenaga ini dialirkan lewat transmisi otomatis DSG dual clutch enam kecepatan. Menurut klaim VW, mobil ini mengkonsumsi bahan bakar 6.7 liter/100 km.

Berbagai fitur baru disematkan seperto velg 17 inci milik “Montana” dan roof rails berwarna hitam. Standar kit termasuk Park Distance Control (PDC, depan dan belakang), auto lights dan wipers serta LED di lampu belakang.

Di bagian dalam, Tiguan mendapat balutan fabric “Rhombus”, Composition Media head unit dengan layar touchscreen berukuran delapan inci – yang kemampuan Bluetooth, SD card, USB, AUX-in, delapan speaker – serta paddle shifter pada kemudi.



Varian Comfortline menerima rim ‘Montana’ 17-inci, penderia parkir hadapan dan belakang, upholsteri fabrik ‘Rhombus’, rel bumbung berwarna hitam dan paparan pelbagai informasi berwarna.

Urusan keamanan tak perlu risau. VW tiguan adalah SUV dengan Best in Class Cars pada 2016 versi Euro NCAP. Di kategori Small Off-Roader mobil ini dianggap yang terbaik karena dilengkapi enam airbags (front, front side dan curtain), lalu ada Driver Alert System, ESC, ABS dengan brake assist, multi-collision brakes dan Isofix.

Di pasar Malaysia, Tiguan dipasarkan secara CKD dengan harga RM149,000 untuk varian Comfortline, dan varian tertinggi Highline dibanderol RM169,000.

RAJU FEBRIAN

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya