Beranda New Cars VIDEO: Porsche Rebut Lagi Rekor Nurburgring dari Lamborghini

VIDEO: Porsche Rebut Lagi Rekor Nurburgring dari Lamborghini

NURBURG, 6 November 2018 – Perebutan takhta gelar mobil tercepat di Nurburgring Nordschleife kembali menunjukkan pergantian, yang kini telah direbut kembali oleh Porsche 911 GT2 RS. Porsche telah membalas kekalahannya baru-baru ini dari Lamborghini.

Di sirkuit legendaris Jerman itu, 911 GT2 RS memperbaharui rekornya dengan mencatat laptime 6 menit 40,30 detik untuk merebut kembali gelar mobil produksi terkencang dari Lamborghini Aventador SVJ. Rekor baru ini dicatat Porsche dengan selisih 4,67 detik lebih cepat.

Porsche berhasil meraih hasil ini berkat sejumlah modifikasi yang dilakukan pada varian terkencang 911 versi jalan raya tersebut. Untuk itu, Porsche menggandeng Manthey-Racing untuk memodifikasi 911 GT2 RS agar lebih sesuai dengan karakter sirkuit Nurbugring.

Ditekankan bahwa modifikasi yang diterapkan terfokus pada kesesuaian untuk mengemudi di jalan raya setiap saat. Bahkan mesin 3.8 liter bertenaga 700 hp tidak tersentuh sama sekali untuk diubah performanya.

Manthey-Racing yang adalah tuning house khusus balap di Amerika Serikat dan turun di World Endurance Championship dengan 911 RSR, hanya mengganti jok balap pada GT2 RS penakluk rekor ini. Modifikasi ini disebut sesuai dengan anjuran keselamatan Nurburgring dan tidak member keuntungan bobot.

Untuk rekor ini, Porsche kembali mengandalkan Lars Kern di balik kemudi, yang sebelumnya juga menjadi pencetak rekor GT2 RS tahun lalu dengan laptime 6:47.25 menit. Sebelum dilewati Aventador SVJ, Porsche lebih dulu mengalahkan rekor waktu milik Huracan LP640-4 Performante.

Pencapaian ini sekaligus dibuktikan Porsche dengan menyertai video proses 911 GT2 RS menjadi yang tercepat kembali di sikruit sepanjang 20 kilometer lebih itu.

WAHYU HARIANTONO