Beranda Features TWTW: Mansfield Bar, Spirit Carries On

TWTW: Mansfield Bar, Spirit Carries On

KAMIS itu, 51 tahun lalu, jam menunjukkan lebih dari 2.30 pagi. Matahari masih jauh dari terbit dan jalanan pun gelap. Sebuah Buick Electra lansiran 1966 melesat di Highway 90, Louisiana, Amerika Serikat. Di balik kemudi terdapat Ron Harrison, seorang mahasiswa yang berusaha mencari uang tambahan dengan bekerja di Gus Stevens Supper Club.

Malam itu Ron mengantar pulang Jayne Mansfield – aktris, penyanyi, Playboy playmate, sekaligus simbol seks Hollywood di era 1950 sampai ‘60-an – yang baru saja tampil di club tempatnya bekerja. Di dalam sedan tersebut juga terdapat pengacara Jayne (Samuel S. Brody) dan tiga anaknya (Miklos, Zoltan dan Mariska Hargitay) yang duduk di belakang.

Ron tak melihat truk yang berhenti di jalurnya. Pandangannya tertutup asap insektisida tebal dari kendaraan pemerintah daerah setempat untuk membasmi nyamuk di rawa-rawa. Dalam kecepatan lebih dari 120 km/jam, sedan tersebut menabrak belakang truk. Bagian depan mobil masuk ke bawah truk, membuat sebagian atapnya mengelupas dan membunuh semua orang dewasa yang duduk di kursi baris depan.

Untungnya, ketiga anak-anak yang berada di belakang selamat dari kecelakaan tersebut. Salah satunya adalah Mariska Hargitay, aktris pemeran Olivia Benson di film seri Law & Order: Special Victims Unit.

Banyak rumor yang beredar mengenai kematian Jayne. Salah satunya adalah kabar yang mengatakan bahwa kecelakaan tersebut mengakibatkan kepalanya terpenggal. Kenyataannya, meski kondisinya memilukan, kepala Jayne tetap menyatu dengan lehernya tapi ubun-ubunnya terkelupas.

Saat itu Jayne baru berusia 34 tahun. Tragedi tersebut menghentikan kariernya. Meski tak setenar Marilyn Monroe, ia sempat dianugerahi Theater World Award dan Golden Globe Award. Dan kematiannya yang tragis memicu pihak regulator untuk mewajibkan truk memasang palang di bagian bawah belakang kendaraan.

Tujuannya untuk menahan mobil lain yang lebih rendah meluncur ke kolong truk seperti yang dialami Jayne. Tak hanya itu, palang yang menyelamatkan banyak nyawa tersebut kemudian dinamai “Mansfield Bar” untuk mengenangnya.

MIRAH PERTIWI