Toyota Produksi Lebih 2 Juta Mobil di AS

DETROIT, 11 Januari 2016 – Toyota mencatat prestasi apik di pasar Amerika Serikat. Sepanjang 2015, pabrikan asal Jepang itu berhasil melampaui angka produksi 2 juta unit. Tahun lalu Toyota memproduksi 2.035.028 kendaraan dan 1.933.702 mesin yang diproduksi di Amerika Utara.

Prestasi ini didukung harga bahan bakar yang rendah, ekonomi yang mulai membaik dan permintaan yang tinggi untuk Corolla, Camry, RAV4 dan Tacoma.

Pabrik-pabrik Toyota di seluruh Amerika Utara mencatat angka yang signifikan. Di Kentucky menjadi pabrik Lexus sementara di Texas sudah memulai produksi all-new Tacoma di San Antonio.

Di Indiana, sudah memproduksi 4 juta kendaraan, di Alabama dibangun 4 juta unit mesin, Mississippi meluncurkan 500 ribu Corolla, di Meksiko, pabrik di Baja California sibuk memenuhi tingginya permintaan Tacoma. Mazda juga meluncur produksi Scion iA dan Yaris di Salamanca, Guanajuato.

Tahun ini menjadi tahun penting bagi Toyota. Pabrik Cambridge dan Kentucky merayakan ulang tahunnya yang ke-30, Indiana dan West Virginia mulai memasuki usia 20, Alabama 15 tahun, dan Mississippi yang paling baru dibangun sudah berusia 5 tahun.

Amerika Utara merupakan pasar penting bagi Toyota. Mereka memproduksi tidak kurang dari 14 model di sini, termasuk Avalon, Camry, Corolla, Highlander, RAV4, Scion iA, Sequoia, Sienna, Tacoma, Tundra, Lexus RX350 dan ES350, Venza serta Yaris .

Jim Lentz, CEO Toyota Amerika Utara mengatakan membaiknya ekonomi menjadi salah satu poin penting. Selain Toyota, beberapa pabrikan lain juga mencatat rekor. Ford Motor Company misalnya, mencatat penjualan tahunan terbaik dalam sembilan tahun terakhir. Ford juga mencetak rekor penjualan di Cina setelah menjual tidak kurang dari 1.115.124 unit kendaraan pada tahun 2015.

RAJU FEBRIAN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda