Tak Menjanjikan, Honda Takkan Pasarkan Freed Baru di Indonesia

TOKYO, 26 Oktober 2019 – Honda memperkenalkan Honda Freed di ajang The 46th Tokyo Motor Show 2019 yang dibuka Rabu (23/10/2019) kemarin. Mobil tersebut tampil dengan banyak penyegaran di sektor eksterior dan interior. Sayangnya, PT Honda Prospect Motor sebagai pemenang merek Honda di Indonesia mengatakan takkan membawa mobil ini ke Tanah Air.

HPM sebenarnya pernah memasarkan Honda Freed pada tahun 2009. Penjualannya sempat mencapai belasan ribu setiap tahun. Puncaknya, Honda menjual 19.811 unit Freed pada tahun 2012.
Namun perjalanan mobil dengan bentuk desain kotak ini terhenti sejak tahun 2015. Saat ini, Freed tampil dengan wajah baru yang lebih segar.

President Director PT HPM, Takehiro Watanabe mengatakan Freed memang memiliki desain yang bagus dan juga fitur-fitur kekinian. Meski demikian penjualan Freed hanya tinggi di pasar domestik Jepang tidak di negara lain.

“Kami tidak memiliki rencana untuk membawa (kembali) model ini ke Indonesia, meski kami tahu pasar MPV sangat tinggi dan potensial di Indonesia. Freed lama membuktikan dengan penjualan yang baik,” kata Watanabe di Tokyo, Jepang.

Di segmen MPV, HPM mengandalkan penjualannya pada Honda Mobilio dan Honda Odyssey. Sebelumnya Honda Freed bersaing dengan Toyota Sienta, yang belakangan juga mengalami penurunan penjualan.

Secara desain mobil ini memang bagus, disukai konsumen di Jepang, tidak di negara lain. "Karena menurut pertimbangan kami tren segmen MPV (yang dihuni Freed) mengalami penurunan, itu salah satu alasan Honda Freed tak dijual di Indonesia," ujar Watanabe.

RAJU FEBRIAN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda