Beranda Updates Suzuki XL7 Segera Diluncurkan, Ini Calon Rivalnya

Suzuki XL7 Segera Diluncurkan, Ini Calon Rivalnya

JAKARTA, Carvaganza.com – Nama Suzuki XL7 menjadi perbincangan hangat beberapa pekan terakhir. Model ini rencananya akan diperkenalkan resmi PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pada Sabtu, 15 Februari 2020 besok. Kehadiran XL7 menjadi sangat penting bagi Suzuki. Tak hanya soal brand image tapi juga penetrasi ke pasar. Suzuki akhirnya memiliki senjata untuk bermain segmen mobil tujuh penumpang ber-cladding.

Segmen ini sebenarnya tidak juga sepi. Banyak pemain yang bertarung di sini. Nah, kita coba lihat siapa saja rivalnya.

SUV tujuh penumpang berbasis MPV, itulah data dan fakta dari XL7. Ia merupakan Ertiga dengan segala penyesuaian estetis agar terlihat tangguh. Suzuki menyebut mobil ini adalah SUV. Mereka tak rela bila XL7 disebut sebagai MPV. Mereka membawa ubahan total agar aura SUV jelas terpancarkan. Suka atau tidak, upaya mereka lebih dari sekadar memasang cladding hitam, dan itu telah selesai dieksekusi.

Memang secara desain keseluruhan sama sekali tidak mencirikan basis LMPV berlambang S. Fasad depan berpostur tegap dilengkapi segala elemen menyudut. Intimidatif jika melihat persis dari depan. Belum lagi lampu kotak membesar, tegas menggariskan sensasi kokoh sebuah Sport Utility Vehicle. Eksekusi cladding sudah pasti terlaksana agar meneriakkan suara SUV.

Kendati dilengkapi permainan plastik hitam di samping, ada aura MPV terasa. Garis kaca dengan lanjutan imaji floating di belakang mirip Ertiga. Lantaran memiliki permukaan besar sehingga tidak membuat bayangan ground clearance tinggi. Meski bocoran menunjukkan jika jarak terendahnya ke tanah cukup bisa diandalkan. Lantas bila berkaca pada rancangan penampilan, identitas mirip Xpander Cross. Akan tetapi sah-sah saja jika menyangkal ia berbentuk SUV ala-ala, soal desain semua tergantung persepsi dan selera.

Honda BR-V

Mesin

Entah mesin apa yang bakal dipakai sebab spesifikasi India dan Indonesia terkadang dibedakan. Namun kala melihat data spesifikasi sana, boleh jadi pemacu daya XL6 diadopsi XL7. Pasalnya, di negara asal menggunakan K15, merupakan unit serupa Ertiga. Nah, kalau begini jalan ceritanya, tentu XL7 bukanlah sejenis binatang pelari unggul.

Catatan output daya 105 PS berikut kekuatan memuntir 138 Nm bukan apa-apa bila dibanding senjata Honda. BR-V menjadi pemain paling atletis dengan kesanggupan menghasilkan tenaga sampai 120 PS. Torsinya juga paling besar, 145 Nm. Dengan begitu, kekuatan jantung XL7 hanya sanggup bersanding dengan Terios dan Xpander Cross. Petarung Daihatsu menorehkan angka 104 PS/136 Nm, sementara Mitsubishi 105 PS/141 Nm. Seimbang.

Mitsubishi Xpander Cross

Fitur

Lalu bagaimana soal fitur? Jelas kompetitor tawarkan keunggulan masing-masing namun setidaknya ada standar yang perlu dipenuhi. Misal dari sisi keselamatan, peranti kontrol stabilitas elektronik wajib tersedia. Perangkat ini membuat manuver lebih aman dengan meminimalisir selip. Ada juga Hill Start Assist pembantu kendali di tanjakan yang dituntut untuk siap menyokong pengemudi. Apakah XL7 punya semua itu? Bocoran memang sudah banyak beredar, tapi soal detail lebih baik menunggu pernyataan resmi Suzuki.

Terakhir soal harga. Dari bocoran yang beredar di dunia maya, harga Suzuki XL7 tertinggi berada di angka Rp 267 juta. Kendati banderol itu belum resmi, setidaknya bisa jadi acuan perbandingan. Kalau benar itu harganya, XL7 punya daya saing kuat. Pasalnya, harga ini lebih murah dari rata-rata kompetitor, melihat label harga varian tertinggi. Cuma Daihatsu Terios yang harganya bersaing ketat dengan XL7. Lagi, kita nantikan saja semua informasi kala peluncuran resmi akhir pekan ini.

Baca Juga: Catat, Suzuki XL7 Berbasis Ertiga Meluncur 15 Februari 2020
Baca juga: Mengamati Suasana Ring Tinju Suzuki XL7, Siapa Saja Rivalnya?

AHMAD KARIM | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Gaikindo Gaungkan Keselamatan Berkendara di Ajang GIICOMVEC 2020

JAKARTA, Carvaganza.com – Topik keselamatan menjadi fokus yang diserukan GAIKINDO. Tak hanya di kendaraan penumpang, tema ini juga digaungkan lewat penyelenggaraan GAIKINDO Indonesia International...

Turnamen Bulutangkis Daihatsu Astec Open 2020 Diawali dari Medan

MEDAN, Carvaganza.com – Daihatsu kembali menggandeng Alan & Susy Technology (ASTEC) menyelenggarakan turnamen bulutangkis yaitu Daihatsu Astec Open 2020. Kompetisi ini yang dibuka di...

Toyota Bantu 20 Atlet Muda Potensial Lewat Program SATRIA

JAKARTA, Carvaganza.com – Toyota mengumumkan 20 nama atlet muda potensial Indonesia yang tersaring dalam program athlete scouting bertajuk SATRIA (Satukan Bakat Negeri Kita). Mereka akan mendapat...

Astra Auto Fest 2020 Catat 3.500 SPK dan Transaksi Rp 700 Miliar

JAKARTA, Carvaganza.com – Gelaran Astra Auto Fest 2020 yang berlangsung 19 – 23 Februari di Astra Biz Center BSD City lalu berakhir manis. Penyelenggara...

Perkuat Brand, Wuling Motors Sponsori Tim Sepak Bola Bali United

DENPASAR, Carvaganza.com – Pabrikan otomotif Wuling Motors resmi menjadi salah satu sponsor utama tim sepak bola Bali United. Kolaborasi itu, menargetkan perluasan merek dan...