Supercar Lexus LC 500 Jadi Mobil Patroli Polisi Jepang

TOCHIGI, carvaganza.com -  Untuk mengejar penjahat, tak cukup dengan mobil sedan atau SUV yang tenaganya hanya 250 hp. Dibutuhkan mobil-mobil berkecepatan tinggi agar para penjahat tidak bisa melarikan diri. Meski memang di dunia nyata penjahat jarang yang memakai mobil kecepatan tinggi seperti supercar.

Tapi kan pelanggar hukum bukan hanya penjahat dan rampok. Para pengguna jalan raya pemilik supercar juga bisa melanggar hukum, terutama hukum lalu lintas. Makanya jajaran kepolisian di dunia butuh mobil performa tinggi. Misalnya seperti yang dilakukan oleh polisi Uni Emirat Arab (UEA) maupun Arab Saudi.

Satuan kepolisian Jepang juga tidak ketinggalan. Setelah tahun lalu memasukkan Nissan GT-R dalam armada cepatnya, Kepolisian Prefektur Tochigi mendaftarkan supercar Lexus LC 500 dalam barisan mobil patrol anti kejahatan.

Supercar Lexus itu ternyata bukan dibeli, melainkan sumbangan dari seorang pengusaha besar setempat, Kazo Nakamura. Ia  seorang bisnismen di bidang farmasi yang juga menghadiahkan GT-R kepada Kepolisian Tochigi.

Nakamura seperti dikutip media cetak The Mainichi mengatakan, sumbangan supercar itu diharapkan bisa dipakai untuk mencegah kecelakaan lalu-lintas. Acara penyerahan Lexus LC 500 itu dihadiri oleh para pejabat setempat, sekaligus diadakan parade mobil patroli yang dipimpin langsung oleh supercar Lexus dan GT-R.

Baca juga: Lexus LC 500 Convertible, Cantik dengan Warna-Warna Menarik


Spesifikasi Lexus LC 500


LC 500 tersebut merupakan mobil Lexus pertama yang menjadi mobil patrol kepolisian di Jepang. LC 500 akan tergabung dalam Mobile Traffic Unit Kepolisian Tochigi dan akan dilibatkan dalam serangkaian patrol. Sekaligus bisa menjalankan tugas-tugas CSR dan promosi kepolisian setempat.

Lantas seberapa hebatkah LC 500 sebagai supercar? Kendaraan ini masuk kategori grand tourer dengan mesin V8 5.0 liter. Pertama kali dirilis di Detroit Motor Show 2016, untuk menggantikan SC. LC sendiri merupakan singkatan dari Luxury Coupe yang didesain oleh departemen desain di Calty Design Research di Newport Beach, California, Amerika Serikat.

Mesin bensin konvensionalnya melontarkan tenaga 471 hp dan torsi puncak 540 Nm. Dikombinasikan dengan transmisi otomatis 10 percepatan. Pabrikan mengklaim LC 500 memiliki kemampuan sprint 0 – 100 km/jam dalam waktu 4,5 detik.

Kendaraan ini dibuat di pabrik Toyota di Motomachi, sama dengan tempat diproduksinya LFA. Demi kepentingan memproduksi LC, pabrikan mengonfigurasi ulang fasilitasnya termasuk dengan pengecatan warna putih. Kalangan engineer yang dipekerjakan untuk menghasilkan LC, kebanyakan adalah master ‘Takumi’ yang juga membuat LFA. Misalnya ekpertise di bidang komponen serat karbon, material dan finishing kulit serta pengecatan.

Selain mesin konvensional, pabrikan Lexus juga membuat versi hybrid dengan mesin 3.5 liter, Lexus LC 500h. Menghasilkan total tenaga 354 hp. Kalau motor listriknya sendiri menghasilkan tenaga 177 hp.

sumber: www.thedrive.com

EKA ZULKARNAIN

 

Artikel yang direkomendasikan untuk anda