SPYSHOT: Ferrari Portofino Versi Facelift Mulai Berkeliaran

MARANELLO, Carvaganza.com – Beberapa model baru tampaknya sedang disiapkan oleh Ferrari untuk meluncur dalam beberapa waktu / tahun ke depan. Satu calon model baru tertangkap kamera sedang diuji di jalan. Dari sosoknya, sepertinya Ferrari Portofino akan mendapatkan penyegaran dalam waktu dekat.

Sejauh ini, Portofino sudah beredar selama tiga tahun, sejak debut oada Frankfurt Motor Show 2017 lalu. Sepertinya sekarang sudah memasuki masa penyegaran untuk model convertible GT dari Ferrari tersebut. Portofino hadir sebagai pengganti model California T, sebagai Sport GT bermesin depan dengan performa yang agak santai.

Dilansir Carscoops, sosok Portofino terlihat sedang dites yang dibalut dengan kamuflase di seluruh body. Sepintas dari apa yang terlihat, tidak terjadi perubahan besar dilakukan Ferrari untuk salah satu model termurahnya di line up saat ini.



Perubahan cenderung bersifat evolusioner dan tidak menyeluruh untuk Portofino. Bisa dilihat revisi minimalis dari bentuk bumper depan yang memiliki intake lebih sporty. Begitu juga dengan di bagian belakang, bumper sedikit diubah dengan bentuk diffuser yang lebih agresif. Nyaris tidak terlihat, bentuk pintu bagasi juga berubah menjadi lebih streamline dan terintegrasi dengan body belakang keseluruhan.

Sepertinya pebaruan Ferrari untuk Portofino lebih terfokus pada penampilan dan efisiensi aerodinamika yang lebih tinggi. Mungkin Ferrari ingin membuatnya lebih bersahabat dengan standar emisi Euro, dengan efek konsumsi bahan bakar lebih baik berkat efisiensi aero. Sejauh ini, hanya ubahan eksterior yang tampak dari rangkaian spyshot calon Portofino facelift.

Atap unit prototipe Portofino yang tidak terbuka menutup informasi soal apakah ada penyegaran juga untuk interiornya. Namun prediksi sejauh ini, akan ada pembaruan untuk desain lingkar setir, sistem infotainment dan meter cluster. Jika benar, kemungkinan Portofino akan mengadopsi desain dari model terbaru Ferrari, antara F8, Roma, atau bahkan SF90 Stradale.



Yang jelas, sektor dapur pacu akan masih mengandalkan unit V8 3,9 liter twin-turbo. Mesin peraih berbagai penghargaan bergengsi ini memiliki paduan tenaga 592 hp dan torsi 760 Nm. Begitu juga dengan transmisi otomatis dual-clutch 7-speed yang menyalurkan output mesin ke roda belakang. Performa Portofino saat ini dapat melakukan akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 3,5 detik, sebelum menyentuh top speed 320 km/jam.

Prediksi lebih lanjut, versi facelift akan mendapatkan tambahan tenaga pada mesin, menjadi 612 hp. Angka tersebut akan menyamai output yang dihasilkan oleh Roma, yang berbasis sama. Kemudian, transmisi juga disebut akan diperbarui, menggunakan versi 8-speed yang diambil dari SF90 Stradale. Tentu, performa Portofino akan semakin kencang, serta lebih hemat BBM di saat yang bersamaan.

Prediksi kami, Portofino versi facelift akan diluncurkan oleh Ferrari setidaknya pada awal tahun 2021. Selain Portofino, Ferrari sebelumnya juga terlihat menguji model yang diyakini adalah versi hardcore dari 812 Superfast. Dan jangan lupa, Ferrari sudah dalam masa persiapan untuk melahirkan model SUV pertamanya, Purosangue.

Sumber: Carscoops



WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda