Beranda New Cars Spesifikasi Dan Galeri Foto Rolls-Royce Cullinan

Spesifikasi Dan Galeri Foto Rolls-Royce Cullinan

GOODWOOD, 11 Mei 2018 – SUV pertama Rolls-Royce, Cullinan, telah diluncurkan pada hari ini, Kamis siang (10/5) di markas Rolls-Royce di Goodwood, Inggris. Peluncuran tersebut dilakukan secara online dan dapat ditonton oleh penduduk di seluruh dunia, sedangkan di Indonesia dapat disaksikan pada pukul 18.00 WIB atau pukul 12.00 siang waktu UK.

Kendaraan ini sudah dipersiapkan selama bertahun-tahun dan spyshot-nya sudah diperlihatkan kepada publik sejak tiga tahun lalu. Body Cullinan dibangun dengan chassis monokok spaceframe aluminium generasi terbaru seperti yang dipakai oleh Rolls-Royce Phantom VIII, yang kemarin baru diluncurkan di Indonesia. Dengan struktur seperti itu, body mobil menjadi lebih kaku namun ringan yang memang sangat dibutuhkan di medan-medan berat, namun tetap memberikan kenyamanan berkendara.

“Salah satu kelebihan dari spaceframe alumunium alias Architecture of Luxury bagi Cullinan adalah tim menjadi lebih mudah ketika membentuk bagian velg dan membentuk siluet pada atap sehingga Cullinan tetap memberikan ciri khas Rolls-Royce,” ujar Gilles Taylor, Director of Design Rolls-Royce Motor Cars. “Hal tersebut juga membuat Cullinan memiliki postur commanding layaknya seorang ksatria, untuk merepresentasikan kekuatan dan tenaga mobil tersebut. ”

Bagian depan mobil seharga 400 ribu dollar AS ini memberikan ciri khas kuat Rolls-Royce lewat bentuk grille yang khas yang terbuat dari baja stainless yang dipoles dengan tangan. Pada bagian atas grille terdapat Spirit of Ecstasy dan disamping grille terdapat lampu utama yang bentuknya mirip dengan Phantom VIII.

Bentuk Cullinan juga menjadi standout berkat garis-garis vertikal yang dibentuk dari pilar A sampai ke ujung kap mesin, turun ke grille sampai pelat baja di bawah grille. Garis desain itu membuat postur Cullinan yang tinggi 1.836 mm terlihat lebih jangkung dan merepresentasikan karakter dominan. Kesan kokoh juga terlihat dari pemakaian velg besar  7 palang berdiameter 22 inci.

Cullinan dilengkapi dengan mesin V12 twin-turbo 6.75 liter yang menghasilkan tenaga 562 hp dan torsi maksimal 850 Nm yang disalurkan ke seluruh roda dan mengaplikasi sistem suspensi udara yang bisa turun naik secara otomatis sesuai dengan kondisi jalan. Air suspension akan melakukan jutaan kalkulasi setiap detik berdasarkan reaksi body mobil, akselerasi, input setir dan kamera. Mesin bensinnya didesain untuk meminum bahan bakar RON 95 ke atas.

Untuk pertama kalinya Rolls-Royce memiliki opening tailgate yang disebut ‘The Clasp’ dan itu ditemukan di Cullinan. Bagian belakang Cullinan memakai format yang disebut ‘D-Back’ format dimana terdapat dua konfigurasi kursi belakang yakni Lounge Seat atau Individual Seats dan Clasp bisa dibuka secara otomatis ke dalam dua bagian dengan dengan menekan tombol saja. Anda bisa melihatnya di video pada tulisan ini.

Bagasi yang disediakan pun lega di mana kursi belakang bisa dilipat keduanya secara elektronik. Bagasinya dibuat betul-betul fleksibel di mana terdapat rak parcel dan lantai area kargo bisa dinaik dan diturunkan secara elektrik.

Sebagai SUV ultra premium tentunya Cullinan dilengkapi dengan fitur-fitur teknologi canggih di antaranya adalah Night Vision and Vision Assist  termasuk daytime and night-time Wildlife & Pedestrian warning; Alertness Assistant; a 4-Camera system with Panoramic View, all-round visibility and helicopter view; Active Cruise Control; Collision Warning; Cross-Traffic Warning, Lane Departure and Lane Change Warning; an industry leading 7×3 High-Resolution Head-Up Display, WiFi hotspot, sistem Navigation dan sistem Entertainment.

Spesifikasi Rolls-Royce Cullinan

Layout kendaraan: SUV, mesin depan, 5 penumpang, 5 pintu, AWD
Mesin: Bensin V12  48 valve 6.75L/ 562 hp @ 5000 rpm/850 Nm @ 1600 rpm
Transmisi: Belum diumumkan
0 – 100 km: 6,7 detik
Top speed: 250 km/jam
Konsumsi BBM: 6,6 km/liter
PxLxT: 5341 x 2164 x 1835 mm
Wheelbase: 3295 mm
Unladen weight: 2660 kg
Kapasitas tangki BBM: Belum ada
Rekomendasi: RON 95

EKA ZULKARNAIN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Hypercar Elektrik, Pininfarina Battista Tawarkan Isi Baterai Gratis Selama Lima Tahun

Geneva Motor Show 2019 menjadi saksi lahirnya hypercar elektrik berwujud cantik, Pininfarina Battista. Diklaim sebagai mobil paling bertenaga yang pernah didesain dan diciptakan di...

Rutin Ganti Pelumas Mobil Lubricants, Menangkan Ratusan Hadiah Langsung

TANGERANG, Carvaganza -- Perawatan mesin secara rutin dan berkala menjadi salah satu cara untuk menjaga mesin kendaraan Anda tetap awet dan prima. Perhatikan beberapa...

Bugatti Bolide, Hypercar Ekstrem 1.824 Hp yang Siap Pecahkan Rekor

MOLSHEIM, Carvaganza.com - Sosok hypercar misterius yang baru-baru ini Bugatti tes di Paul Ricard, Perancis akhirnya resmi diungkap ke publik. Adalah Bugatti Bolide, nama...

Brabus Garap Monster Berbasis Mercedes 4 Pintu, Hanya Ada 10 Unit

BOTTROP, Carvaganza.com – Mercedes-AMG saat ini sudah memiliki sebuah super-saloon berperforma kencang lewat AMG GT 4-Door. Varian terkencang saat ini hadir lewat Mercedes-AMG GT...

Disambut Antusiasme Tinggi, Nissan Mulai Serahkan Kicks e-Power ke Konsumen

JAKARTA, Carvaganza.com – Kehadiran Nissan Kicks e-Power telah menjadi sensasi bagi pasar otomotif di Indonesia, lewat teknologi inovatifnya dalam hal elektrifikasi. Apalagi, Kicks menjadi...