Beranda Updates Sah! Speedtail Jadi Mobil Produksi Tercepat dari McLaren

Sah! Speedtail Jadi Mobil Produksi Tercepat dari McLaren

WOKING, 26 Desember 2019 – Angka 400 km/jam akhirnya sukses ditembus oleh McLaren melalui hypercar terbarunya yang akan dipasarkan tahun depan, yaitu Speedtail. Angka tersebut menjadi rekor baru yang pertama kali berhasil dicapai oleh McLaren.

Speedtail yang saat ini masih dalam tahap pengembangan setahun penuh ini, berhasil menembus kecepatan puncak 403 km/jam. Rekor ini sah menjadikan Speedtail sebagai mobil tercepat yang pernah diproduksi McLaren.

Pengujian top speed dilakukan McLaren bertempat di landasan udara Kenedy Space Center, Florida, Amerika Serikat. Selain tercepat, Speedtail juga diciptakan sebagai mobil berteknologi paling canggih dari pabrikan Inggris ini.

Faktor yang berperan besar dalam pencapaian ini adalah bentuk body Speedtail yang dirancang sangat efisien mengalirkan udara di kecepatan tinggi. Dimensi sepanjang 5,2 meter yang tidak umum untuk mobil sejenisnya bertujuan menghasilkan hambatan udara (drag) seminim mungkin, serta mengurangi gejala turbulensi.

Seperti P1 hypercar pendahulunya, Speedtail mengadopsi powertrain hybrid yang gabungkan mesin V8 4.0 liter turbo dengan motor listrik. Dengan total tenaga 1.050 hp dan torsi 1.150 Nm, hanya 13 detik dibutuhkan untuk mencapai 300 km/jam, sebelum menembus 430 km/jam.

“Speedtail adalah mobil yang benar-benar luar biasa yang melambangkan semangat perintis McLaren dan dengan sempurna menggambarkan tekad kami untuk terus menetapkan tolok ukur baru untuk performa supercar dan hypercar,” ujar CEO McLaren Automotive, Mike Flewitt.

Yang berbeda pada Speedtail dari roadcar McLaren lainnya adalah konfigurasi tiga kursi di dalam kokpit, dengan kursi pengemudi di tengah seperti McLaren F1. Baterainya juga diklaim dapat mengisi ulang dengan sendirinya (self-charging), sehingga tidak memerlukan soket plug-in.

Hanya 106 unit Speedtail akan diproduksi oleh McLaren, yang saat ini sudah dalam tahap produksi dan akan mulai dikirim ke konsumen pada Februari 2020.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto