Robert Kubica Resmi Gabung Alfa Romeo F1 Jadi Cadangan Raikkonen

HINWILL, Carvaganza.com – Robert Kubica telah meninggalkan tim Williams sejak akhir musim 2019, namun akan tetap berada di paddock F1 untuk 2020. Alfa Romeo Racing resmi megnontrak Kubica untuk bergabung sebagai pembalap cadangan.

Bergabung ke Alfa Romeo, Kubica artinya akan disiapkan untuk menggantikan Kimi Raikkonen atau Antonio Giovinazzi seandainya secara mendadak tidak dapat ikut balapan pada musim ini. Posisi Kubica di Williams digantikan oleh Nicholas Latifi, runner up Formula 2 2019.

Dengan bergabung ke Alfa Romeo, artinya Kubica kembali ke tim lama yang mengantarkan debutnya di F1, yaitu Sauber. Meski berganti nama, tim Alfa Romeo masih diisi oleh orang-orang yang sebagian besar di Sauber sebelumnya.

https://twitter.com/R_Kubica/status/1212785675902341121

Pembalap F1 pertama dan satu-satunya dari Polandia itu, memilih ke Alfa Romeo setelah sebelumnya sempat ditawarkan Haas dan Racing Point untuk peran pembalap simulator. Posisi sebagai pembalap cadangan ternyata lebih menarik bagi Kubica.

“Saya sangat senang akan memulai tahap baru dalam karir saya dengan bergabung Alfa Romeo Racing ORLEN. Tim ini punya tempat spesial di hati saya dan saya senang bisa melihat wajah-wajah yang masih ada sejak saya bergabung di Hinwill,” kata Kubica.

“Waktu dan kondisinya tentu berbeda, tapi saya yakin bahwa saya akan bisa punya tekad dan keinginan yang sama untuk sukses.”



Kembali ke tim yang bermarkas di Hinwill, Swiss itu, Kubica juga membawa sponsornya, ORLEN. Perusahaan minyak Polandia itu langsung masuk menjadi salah satu sponsor utama tim mulai 2020.

Saat bersama Sauber, Kubica tampil cukup gemilang antara mjusim 2006-2009. Selain meraih beberapa podium bersama Nick Heidfeld rekan setimnya, Kubica berhasil satu kali meraih kemenangan pada seri Grand Prix Kanada 2008.

WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda