Rekor LaFerrari di Red Bull Ring Kalah Oleh Mobil Sport Bermesin 2.5 Liter

BAC Mono R

SPIELBERG, Carvaganza – Red Bull Ring, sirkuit balap kelas dunia yang berada di Austria selama ini rekor tercepat untuk mobil produksi dipegang oleh Ferrari LaFerrari. Tapi sekarang rekor tersebut sudah resmi dipatahkan oleh sebuah sportscar yang bahkan kapasitas mesinnya tidak sampai separuh dari kapasitas mesin LaFerrari. Mobil itu adalah BAC Mono R.

Ya, BAC Mono R telah mencetak rekor tercepat baru untuk mobil produksi yang mengelilingi Red Bull Ring. Rekor baru ini dicetak oleh Mono R dengan mengitari satu lap Red Bull Ring selama 1:32,96 menit. Rekor lap ini juga dicetak dengan kecepatan rata-ratanya ytiu 196 km/jam. Lalu sejauh apa rekor ini melampaui rekor lama milik hypercar asal Maranello sebelumnya.

Rekor baru milik Mono R lebih cepat nyaris 6 detik atau tepatnya 5,9 detik dari rekor milik LaFerrari. BAC menunjuk pembalap asal Inggris, Adam Christodoulou sebagai joki Mono R yang adalah mobil terkencang di line up BAC saat ini. Sementara rekor LaFerrari kala itu tercipta berkat kepiawaian Hubert Haupt asal Jerman di balik kemudinya.

BAC Mono R

“Ada acara lagi, ada rekor lap lagi dari Mono R,” ujar co-founder dan design director BAC, Ian Briggs. “Kami sangat senang untuk berada di puncak catatan waktu di sebuah sirkuit yang luar biasa dan ikonik ini.”

Baca Juga: Mercedes-AMG GT Segera Stop Produksi Akhir Tahun Ini?

Sebagai model terkencang, BAC Mono R adalah sebuah mobil yang dirancang dengan spesialisasi kegiata track day. Bentuknya mengadopsi konsep desain mobil balap single seater, namun dengan roda yang tertutup untuk menjadikannya mobil jalan raya legal. Single seater bertampang futuristis ini punya bobot kosong hanya 555 kg, serta dilengkapi mesin empat silinder 2.5 liter naturally-aspirated.

Performa mesin tanpa induksi itu memiliki kombinasi tenaga (hanya) 343 hp yang disalurkan ke roda belakang via transmisi sequential 6-percepatan dengan paddle shifter. Mobil yang hanya diproduksi terbatas 30 unit ini digeber di Red Bull Ring memakai ban Pirelli P Zero Trofeo R, yang juga road legal. Bandingkan dengan LaFerrari yang bermesin V12 dengan kapasitas 6.3 liter, serta elektrifikasi Hy-KERS yang menghasilkan total tenaga hingga 950 hp. Namun LaFerrari punya bobot sampai 1,5 ton.

LaFerrari

Bobot yang ringan dan rigiditas chassis yang mendekati mobil balap single seater membuat Mono R berhasil unggul dari LaFerrari sebagai salah satu “Holy Trinity” hypercar selain McLaren P1 dan Porsche 918 Spyder. Sementara LaFerrari sendiri bukan mobil yang dikembangkan sepenuhnya untuk menjadi pencetak rekor tercepat di sirkuit.

“Saat tahap awal pengembangan mobil ini, kami mengatakan bahwa tidak ada rekor yang aman di seluruh dunia dan itu tentunya terbukti. R adalah mesin yang luar biasa dan kami tidak sabar menunggu raksasa berikutnya tumbang. Terima kasih khususnya kepada mitra ban kami Pirelli atas jamuan yang luar biasa di Austria dan memberi kami kesempatan untuk mencetak rekor,” tambah Briggs.
WAHYU HARIANTONO

Baca Juga: Sadis! BMW M3 Terbaru Jadi Armada Patroli Polisi Kerajaan Malaysia

Sumber: Carscoops

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya