Pulih Cedera, Sean Gelael akan Kembali Balap F2 di Bahrain

RUAUDIN, Carvaganza.com – Kabar baik untuk para penggemar dan pendukung Sean Gelael. Setelah menjalani masa rehabilitasi akibat cederanya, Sean diumumkan akan siap untuk kembali balapan sebelum musim 2020 berakhir. Pembalap Indonesia di Formula 2 itu akan kembali ke kokpitnya pada seri F2 di Bahrain.

Dua seri terakhir dipastikan menjadi momentum comeback Sean di F2, setelah pulih dari cedera yang dialaminya pada seri Spanyol. Cedera tulang belakang akibat sebuah insiden memaksanya absen dan pulang ke Indonesia untuk pemulihan. Sudah enam pekan Sean absen balapan, melewatkan seri Belgia, Monza, Mugello, dan Rusia.

Selama masa pemulihannya, Sean yang tahun ini membalap bersama tim DAMS digantikan sementara oleh Juri Vips, pembalap Estonia. Pembalap junior didikan Red Bull itu bahkan sempat berhasil meraih finish podium pada seri Mugello saat Sprint Race.

Cedera tulang belakang dialami Sean di Barcelona, yang menurut laporan akibat mobilnya sempat melayang karena melindas kerb besar. Insiden yang tidak tertangkap kamera itu terjadi di sektor terakhir Sirkuit Barcelona. Cedera terjadi akibat mobil mendarat keras di aspal, yang kemudian membuat aplikasi kerb di luar tikungan menjadi perhatian.

Atas kejadian itu, Sean langsung dilarikan oleh petugas medis lintasan ke Hospital General de Granollers, untuk pemeriksaan. Setelah pemeriksaan dan scan MRI, diketahui bahwa Sean mengalami retak [ada tulang belakang. Membutuhkan waktu penyembuhan yang cukup lama, akhirnya Sean memutuskan untuk kembali ke Indonesia selama masa rehabilitasi.

Kembali balap di Bahrain menjadi saat yang tepat, mengingat seri tersebut baru akan digelar pada akhir bulan November. Sehingga, setelah enam pekan istirahat, masih ada waktu sekitar dua bulan untuk Sean mempersiapkan dirinya jelang Bahrain. Akan digelar dua seri beruntun di Bahrain, yang sekaligus menjadi penutup musim. Mengikuti F1, balapan di Bahrain akan menggunakan dua layout Sirkuit Sakhir yang berbeda.

Di klasemen sementara, Sean saat ini berada di posisi ke-20 dengan total raihan 3 poin. Finish terbaik musim ini didapat dari seri Austria, lewat finish ketujuh saat Sprint Race. Sementara DAMS saat ini menduduki posisi kedelapan di klasemen tim, dengan total koleksi 99,5 poin. Kemenangan pernah diraih DAMS musim ini, pada seri Inggris, melalui Dan Ticktum, rekan setim Sean.

Momen comeback di seri double header Bahrain bisa menjadi kesempatan bagi Sean memperbaiki posisinya di klasemen akhir musim. Apalagi jarak waktu dua bulan masih cukup Panjang untuk persiapan diri, khususnya fisik setelah masa cedera.

Sumber: Motorsportweek

WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda