Pembalap MotoGP Ini Pemilik Pertama BMW M4 Terbaru di Dunia

SPIELBERG, Carvaganza.com – BMW M4 baru akan meluncur dalam generasi baru pertengahan bulan September mendatang. Namun meski belum diluncurkan, satu orang beruntung sudah dipastikan menjadi pemilik M4 terbaru. Pemenang seri MotoGP Styria 2020, Miguel Oliveir, adalah orang istimewa tersebut.

Bisa dibilang, Oliveira menjadi orang pertama di dunia yang resmi memiliki BMW M4 generasi kedua. Karena BMW memang menyediakan satu unit M4 terbaru sebagai hadiah untuk pemenang balapan di Austria tersebut. Mengingat BMW tampil sebagai sponsor utama balapan bertajuk BMW M Grand Prix of Styria, balap kedua berturut-turut MotoGP di Austria musim ini.

Ini juga menjadi pertama kalinya BMW tampil sebagai sponsor utama sebuah seri MotoGP, sejak menjalin kemitraan selama dua puluh tahun. Dan pertama kalinya juga BMW memberikan hadiah unit mobil untuk pemenang balapan di MotoGP, bukan peraih gelar juara.

https://www.facebook.com/MotoGP/posts/10159263763620769

Seakan sudah menjadi tradisi untuk BMW M memperkenalkan mobil barunya di sela agenda seri MotoGP. Akhir pekan lalu, M4 juga diperkenalkan mendampingi versi mobil balapnya, yaitu M4 GT3. Keduanya diungkap masih dengan diselimuti kamuflase di sekujur body luarnya. Desain grille dengan ukuran sangat besar tentunya paling menarik perhatian dari M4.

Balapan sendiri dimenangkan oleh Oliveira dengan cara yang dramatis. Dirinya bahkan tidak diprediksi berpeluang merebut kemenangan, hingga lap terakhir. Pembalap tim Tech 3 KTM itu berhasil memanfaatkan celah dari persaingan Jack Miller dan Pol Espargaro di tikungan terakhir.

Saat Miller berusaha merebut posisi terdepan dari Espargaro di tikungan terakhir sebelum finish, keduanya melebar. Di situlah Oliveira melihat dan tidak sia-siakan peluang emas untuk masuk dan menggapai kemenangna perdananya.



Tidak hanya yang pertama bagi Oliveira, kemenangan ini juga menjadi yang pertama di MotoGP untuk pembalap berasal dari Portugal. Kemenangan ini sekaligus mematahkan dominasi kemenangan Ducati di Red Bull Ring, sejak menggelar seri MotoGP mulai 2016 lalu.

Bicara soal M4 sendiri, mobil ini akan Kembali berbagi basis dengan M3 terbaru. M4 akan berupa coupe, sementara M3 menjadi sedan empat pintu. Kabarnya akan ada langsung dua varian M4 saat diluncurkan, yaitu M4 dan M4 Competition. Untuk versi standar, M4 diklaim akan bertenaga 473 hp, sementara varian M4 Competition lebih kuat dengan 503 hp, dari mesin enam silinder 3,0 liter turbo.

BMW M dan MotoGP telah bekerja sama sejak tahun 1999, menjadi penyedia official cars mulai dari safety car sampai medical car. Era awal safety car BMW di MotoGP ditandai oleh M3 E46 dan Z8. Yang terbaru, safety car kini diwakili oleh M8 setahun terakhir. Sportsbike dari BMW Motorrad juga kerap hadir sebagai pendukung operasional para official di sirkuit.

Sumber: MotoGP

WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda