Beranda Updates Pakai Jubah Spesial, BMW i8 Tandai Unit Produksi Terakhir

Pakai Jubah Spesial, BMW i8 Tandai Unit Produksi Terakhir

LEIPZIG, Carvaganza.com – Tahun ini menjadi tahun perpisahan bagi salah satu mobil ikonik BMW di era modern ini, yaitu i8. Karena pada tanggal 16 Juni 2020, BMW resmi menghentikan produksi dari i8. Dihentikannya sportscar plug-in hybrid ini bahkan ditandai dengan dibuatnya i8 edisi khusus.

BMW resmi menyudahi produksi i8 yang dirakit di pabrik Leipzig, Jerman, setelah diproduksi sejak tahun 2014 lalu. Untuk momen spesial ini, unit terakhir atau final dari i8 diproduksi dengan pulas waran Portimao Blue. Warna ini tidak pernah tersedia untuk i8 varian manapun sebelumnya, dan yang dihadirkan eksklusif melalui i8 Roadster.

Dengan begitu, i8 Roadster ini menjadi i8 berwaran spesial, yang selama ini tersedia hanya pada opsi Individual. Selama masa produksinya, i8 hadir dalam dua pilihan varian, yaitu i8 Coupe dan i8 Roadster.

Rencana awalnya, BMW akan menyudahi produksi i8 pada bulan April 2020. Namun karena situasi pandemi COVID-19 yang berlangsung beberapa bulan terakhir, rencana tersebut terpaksa tertunda. Produksi i8 akhirnya benar-benar berakhir di bulan Juni 2020.

Sejak mulai diproduksi pada tahun 2014 lalu, sudah sebanyak 20.500 unit i8 diproduksi oleh BMW, yang menandakan awal era elektrifikasi dari pabrikan Jerman ini. Konon kabarnya menurut BMW Blog, sebanyak 18 unit produksi terakhir i8 dibangun dengan sentuhan khusus, atas masukan anggota BMW i8 Club.

Lahir dari konsep BMW Vision EfficientDynamics, i8 hadir sebagai sportscar dengan desain dramatis dan futuristis. Mengedepankan efisiensi konsumsi energi, BMW menggabungkan mesin ekonomis 1,5 liter turbo dengan motor listrik. Kombinasi kedua powertrain ini menghasilkan total tenaga 369 hp dan torsi 570 Nm.

Kemampuan akselerasi 0-100 km/jam dari i8 bisa dicapai dalam 4,2 detik. Meski tampilannya eksotis, namun kemampuan i8 memang harus diakui masih kalah dibandingkan seri performa BMW, seperti M3 dan M4. Namun i8 dirancang justru bukan melulu untuk mengendepankan performa dan kecepatan.

Salah satu keunggulan BMW yang ditonjolkan lewat i8 adalah konstruksi chassis yang terbuat dari material serat karbon reinforced. Selain ringan, material ini juga memiliki kekuatan yang bisa menyamai baja dan alumunium. Elektrifikasi pada i8 pun akhirnya diadopsi pada varian iPerformance pada seri konvensional seperti Seri 3, 5, 7, sampai X3, X5, dan X7.

Disuntik matinya i8 bukan menjadi akhir, melainkan awal dari penerapan elektrifikasi dari BMW yang akan lebih maju lagi. BMW bahkan sudah mengisyaratkan penerus i8, melalui konsep Vision M Next tahun lalu. Konsep ini akan menjadi supercar listrik BMW, dengan performa yang jauh ditingkatkan.

Sumber: Motor Authority, BMW Blog

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

F1: Bottas Ambisius Ingin Jegal Hamilton di GP Rusia 2020

SOCHI, Carvaganza.com - Di Formula 1 saat ini, Valtteri Bottas menjadi satu-satunya penantang realistis Lewis Hamilton untuk merebut kejuaraan dunia. Saat ini F1 2020...

Toyota dan Mitsubishi: Kita Wait and See Keputusan Pajak Nol Persen

JAKARTA, Carvaganza.com -  Rencana mengnolkan pajak untuk penjualan kendaraan baru menjadi sangat menarik. Diskusi di ruang-ruang publik pun terbangun, karena kalau itu terealisasi publik...

Asuransi Astra Salurkan Donasi Beasiswa Rp 300 Juta untuk SLB B Sana Dharma

JAKARTA, Carvaganza -- Pandemi Covid-19 berdampak ke banyak sektor, termasuk dunia pendidikan. Seperti yang dialami SLB B Sana Dharma di Cilandak Barat, Jakarta. Guna...

Beda dari Versi Global, Honda Jazz di Indonesia akan Berwujud City Hatchback?

JAKARTA, Carvaganza.com – Sudah hampir setahun Honda Jazz/Fit generasi terbaru debut sejak Tokyo Motor Show 2019. Sampai saat ini juga, belum ada titik cerah...

Hyundai i30 N Facelift: Lebih Hot, Kencang, dan Canggih

SEOUL, Carvaganza.com – Resmi sudah Hyundai i30 N versi baru diluncurkan sebagai hot hatchback performa tinggi, untuk melawan para rival dari Jepang dan Eropa....