Beranda Updates Musim 2020, Hanya Vettel Pembalap F1 dari Jerman

Musim 2020, Hanya Vettel Pembalap F1 dari Jerman

Foto: www.thestar.com

HEPPENHEIM, Carvaganza.com – Musim balap Formula 1 tahun 2020 akan menjadi catatan tersendiri untuk Jerman, sebagai salah satu penyedia pembalap dan pabrikan terpopuler selama ini. Karena untuk tahun ini, hanya akan ada satu pembalap Jerman berlaga di F1.

Pembalap tersebut adalah Sebastian Vettel, yang untuk pertama kali dalam karirnya akan mewakili negaranya seorang diri. Hal ini tentu sangat berbeda bila dibandingkan dengan satu dekade lalu, di mana pembalap Jerman mengisi 1/3 grid saat itu.

Di antara 20 pembalap di grid F1 tahun ini, pembalap Ferrari tersebut untuk tidak memiliki rekan senegara. Hal ini menyusul mundurnya Nico Hulkenberg dari tim Renault, setelah gagal mendapatkan tim baru yang dianggapnya lebih kompetitif.

Sebagai perbandingan, pada tahun 2010 Vettel memiliki rekan senegara dari Jerman yaitu Hulkenberg, Nico Rosberg, Adrian Sutil, Nick Heidfeld, Timo Glock, serta juara dunia tujuh kali Michael Schumacher. Awal dekade tersebut bisa dibilang masa ‘panen’ pembalap F1 dari Jerman.

Tampaknya kesuksesan Mercedes-Benz mendominasi kejuaraan sejak tahun 2014 belum bisa membawa bibit pembalap Jerman baru ke F1. Hal tersebut bertolak belakang dengan Perancis dan Kanada yang pernah lama tidak memiliki pembalap F1, kini masing-masing diwakili oleh dua pembalap.

Perancis kini memiliki Romain Grosjean di tim Haas dan Pierre Gasly di tim Alpha Tauri (nama baru Toro Rosso). Selain pembalap, Perancis juga punya Renault sebagai perwakilan pabrikan yang meramaikan F1.

Sementara Kanada, kini diwakili oleh Lance Stroll di tim Racing Point dan Nicholas Latifi yang akan lakoni debut F1 bersama tim Williams. Sebelum Stroll hadir tahun 2017, Kanada cukup lama tidak memiliki pembalap F1, terutama setelah mantan juara dunia Jacques Villeneuve hengkang pertengahan 2006.

Minimnya pembalap Jerman bahkan berdampak pada susunan kalender balap musim 2020, yang kembali tidak menyertai seri Jerman. Tahun lalu, Jerman masih menggelar balap di Hockenheim, yang dimenangkan oleh Max Verstappen.

Belum berhasilnya kembali Vettel meraih gelar juara dunia turut memberi andil pada berkurangnya ekspos Jerman di F1. Padahal, kombinasi Vettel dan Ferrari sangat diharapkan bisa mengulangi kesuksesan Schumacher di awal 2.000-an lalu.

Sebelum Schumacher, Jerman tidak punya banyak pembalap kompetitif di F1, bahkan menjadi pembalap Jerman pertama yang memenangkan grand prix sejak Jochen Mass. Seiring kesuksesannya di Ferrari, sejumlah pembalap Jerman beriringan masuk ke F1, termasuk adiknya Ralf Schumacher.

Selain prestasi, berkurangnya peserta asal Jerman di F1 juga karena sejumlah pabrikan Jerman memilih beralih ke Formula E. tercatat Mercedes, BMW, Audi dan Porsche telah mengukuhkan namanya di ajang balap berorientasi pada lingkungan tersebut.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Toyota Jadi Brand Otomotif Paling Kesohor Di Dunia, Di atas BMW dan Mercedes

CALIFORNIA, carvaganza.com -  Kita sudah bercokol cukup lama di dunia otomotif, tapi tahu kah apa brand mobil paling terkenal di dunia? Artinya, nama brand...

SPYSHOT: Susul Taycan, Porsche Macan Versi Listrik Mulai Diuji

STUTTGART, Carvaganza.com – Suksesnya Taycan sebagai pionir mobil full electric dari Porsche mendorong mereka semakin seriusi segmen baru ini. Salah satu strateginya adalah dengan...

Mengenal Fitur Keamanan Advanced Grip Control Peugeot 3008 dan 5008 SUV

JAKARTA, Carvaganza -- Musim hujan telah tiba. Memasuki musim penghujan, berarti menghadapi berbagai macam kondisi jalan yang sangat berbeda. Berbagai macam kondisi jalan di...
video

VIDEO: First Impressions Toyota Fortuner Facelift Versi Indonesia

JAKARTA, Carvaganza.com – Di tahun 2020 ini, akhirnya pasar Indonesia juga kebagian versi facelift dari Toyota Fortuner, yang resmi meluncur pada bulan Oktober. New...

MG Motor Indonesia Gandeng 2 Mitra Pembiayaan Baru, Makin Pede Jualan

JAKARTA, Carvaganza -- MG Motor Indonesia terus bergerak memperkuat posisinya di Indonesia. Setelah mengumumkan penunjukan Donald Rachmat sebagai General Director MG MOtor Indonesia sejak...