Beranda Updates Mobil yang Terendam Banjir Tak Dicover Asuransi, Kecuali…

Mobil yang Terendam Banjir Tak Dicover Asuransi, Kecuali…

Foto: thedriven.io

JAKARTA, 2 Januari 2020 – Dalam dua hari terakhir ini kota Jakarta dan sekitarnya dilanda banjir gara-gara curah hujan yang tinggi. Bukan hanya di Jakarta, bahkan di beberapa kota lainnya di luar Jakarta. Nah, dalam kondisi seperti ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para pemilik kendaraan.

Para pemilik mobil yang mobilnya sudah diasuransikan, jangan gegabah memperlakukan kendaraannya pada saat dilanda banjir atau akan menghadapi banjir. Kalau Anda nekat menerjang banjir dan tiba-tiba di tengah banjir yang dalam mobil Anda mogok, mesinnya mati, kendaraan Anda bisa amsyiong. Anda juga bisa merugi.

Pasalnya, kendaraan Anda yang kena banjir belum tentu di-cover oleh asuransi. Kalaupun diasuransikan, apakah klausul coverage-nya juga termasuk bencana banjir?

Iwan Pranoto, Senior VP Communication and Service Management Asuransi Astra – Gardo Oto kepada Carvaganza mengatakan bahwa kendaraan yang terendam oleh banjir tidak dicover oleh asuransi standar. Untuk mendapatkan cover asuransi untuk banjir, pastikan bahwa memang kendaraan mendapatkan perluasan jaminan untuk banjir dan bencana alam seperti topan, angin badai, tsunami dan lain-lain.

Menurut Iwan, polis standar asuransi tidak menjamin kerugian, kerusakan dan/atau biaya atas kendaraan bermotor dan/atau tanggung jawab hukum yang diakibatkan oleh kerusuhan, pemogokan, tawuran, huru-hara, pengambil-alihan kekuasaan dan lain-lain. Juga tidak menjamin kerugian, kerusakan yang diakibatkan oleh gempa bumi, letusan gunung berapi, angin topan, badai, tsunami, hujan es, banjir, genangan air, tanah longsor atau gejala geologi atau meteorologi lainnya.

Perusahaan asuransi bisa memberikan jaminan kerusakan dan kerugian yang diakibatkan oleh banjir jika memang ada perluasan jaminan untuk banjir dan bencana alam. “Kalau tidak ada, tidak di-cover,” ujar Iwan. “Kalau standarnya memang tidak di-cover.”

“Nah biaya untuk perluasan jaminan itu berbeda dengan yang asuransi standar. Biayanya memang lebih tinggi,” ujarnya.

Bagi pemilik kendaraan yang terendam banjir dan sudah ada coverage-nya, sebaiknya pemilik kendaraan jangan mengotak-atik sendiri kendaraannya. Dikhawatirkan kerusakan kendaraan tersebut semakin parah. Sebaiknya telepon saja perusahaan asuransi untuk diklaim dan minta mobil towing untuk ‘menggendong’ mobil ke bengkel.

“Kalau asuransinya pakai Garda Oto, tinggal telepon saja ke nomor 1500112. Gratis biaya towing,” katanya. Namun, tambahnya, karena banjir di Jakarta besar dan banyak mobil yang menjadi korban, konsumen diharapkan bersabar menunggu.

Iwan Pranoto menyarankan kepada para pemilik mobil agar jangan nekat melewati genangan banjir jika kondisinya tidak memungkinkan. “Jangan dipaksakan. Sebaiknya putar balik atau kalau tidak bisa berputar balik, tunggu sampai kondisi aman dan menunggu update selanjutnya. Jangan diterjang karena pada saat terjadi genangan air, kita umumnya tidak tahu medan yang bakal kita lalui,” tutup dia.

EKA ZULKARNAIN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Jaman Berubah, Batu Sabak Pun Jadi Penghias Kabin Bentley

JAKARTA, carvaganza.com -  Membeli mobil super mewah itu sama saja dengan membeli selera. Pembeli tak cukup dengan hanya disodori pilihan yang disediakan oleh pabrikan....
video

VIDEO: Hyundai Elantra N Kegep Digeber Di Nurburgring

NURBURGRING, carvaganza.com -  The old Nurburgring adalah salah satu sirkuit paling ‘sadis’ dalam sejarah motorsport dunia. Panjangnya lebih dari 20 km dengan ragam perubahan...

Sebelum Hummer EV Ada, Lebih Seabad Lalu GMC Produksi Truk Listrik

DETROIT, carvaganza.com – Udah tau kan General Motors Truck Company (GMC) kemarin ini merilis Hummer bermesin listrik? Pabrikan sudah mengonfirmasi bahwa kendaraan tersebut bakal...

Sosok Hypercar Misterius Bugatti Di Tes di Sirkuit

MOLSHEIM, Carvaganza.com – Selama lebih dari satu dekade terakhir, Bugatti dikenal sebagai pabrikan yang menetapkan rekor kecepatan tertinggi untuk sebuah mobil. Tampaknya, Bugatti tidak...

Toyota Jadi Brand Otomotif Paling Kesohor Di Dunia, Di atas BMW dan Mercedes

CALIFORNIA, carvaganza.com -  Kita sudah bercokol cukup lama di dunia otomotif, tapi tahu kah apa brand mobil paling terkenal di dunia? Artinya, nama brand...